Penyebab Sariawan dan Cara Mengatasinya

Sariawan, walaupun kecil namun ternyata cukup mengganggu. Sariawan atau stomatitis adalah pembengkakan/peradangan pada lapisan mukosa mulut. Bagaimana tidak mengganggu? Karena saat sariawan menyerang, komunikasi kita pun menjadi tidak lancar. Gangguan ini akan menimbulkan rasa perih ketika makan, minum, atau membuka mulut ketika berbicara. Penyebab sariawan biasanya adalah kekurangan vitamin C dan biasanya sering muncul di bibir ataupun lidah.

Walaupun memang bukan merupakan penyakit yang serius, namun jika tidak segera ditangani tentunya dapat menghambat aktivitas Anda sehari-hari. Gejala terkena sariawan adalah rasa nyeri yang levelnya akan semakin bertambah ketika tersentuh makanan pedas ataupun minuman panas/dingin. Tentunya kita juga harus mengetahui hal-hal terkaitpenyebab sariawan agar kita terhindar dari penyakit mengganggu ini.

Penyebab Sariawan yang Perlu Dihindari

penyebab sariawan

Berikut ini adalah beberapa hal umum yang dapat menyebabkan terjadinya sariawan, diantaranya adalah:

  • Bagian mulut ada yang tergigit

Hal inilah yang sering menjadi factor penyebab munculnya sariawan, yaitu mulut tergigit ketika kita makan ataupun berbicara. Gigitan tersebut akan menimbulkan luka yang dapat menyebabkan terjadinya sariawan.

  • Infeksi bakteri atau virus

Selain mulut tergigit, hal lain yang sering menjadi penyebab sariawan adalah adanya infeksi dari bakteri ataupun virus. Hal tersebut terjadi karena kurangnya menjaga kebersihan mulut.

  • Penggunaan pasta gigi ataupun obat kumur yang tidak cocok

Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, banyak produk pasta gigi ataupun obat kumur mengandung Sodium Lauryl Sulphate (SLS) yang menghasilkan banyak busa. Ternyata, penggunaan SLS dapat mengakibatkan rongga mulut menjadi kering sehingga rentan terhadap iritasi, yang akhirnya dapat meningkatkan risiko terjadinya sariawan.

  • Sensitivitas

Sariawan juga bisa muncul karena mulut penderita sensitif terhadap hal-hal tertentu seperti pasta gigi, pilstik, obat kumur, atau bahan kimia lainnya.

  • Faktor Genetik

Sering kali terjadikasus bahwa orang tua yang sering mengalami sariawan terkadang akan menurunkepada anaknya.

  • Kurangnya nutrisi

Sariawan juga dapat terjadi karena kurangnya asupan nutrisi yang masuk ke dalam tubuh, diantaranya adalah zat besi, vitamin C, dan juga vitamin B12.

  • Kebersihan mulut yang kurang terjaga

Berbagai penyebab sariawan dapat diatasi jika Anda selalu menjaga kebersihan mulut. Sebenarnya hal ini sangat mudah. Anda cukup gosok gigi setidaknya dua kali sehari, terutama sebelum tidur dan control ke dokter gigi minimal 6 bulan sekali.

Selain itu, untuk menghindari penyebab sariawan karena gigitan, maka sebaiknya Anda berhati-hati dan tidak terburu-buru saat makan. Menguyah makanan dengan tenang dan tidak terlalu cepat tenyata juga sangat baik untuk kesehatan organ pencernaan. Namun, jika sariawan sudah telanjur menyerang, maka beberapa hal berikut dapat dilakukan untuk mengatasinya

  1. Menggunakan garam atau baking soda. Campurkan garam dan baking soda secukupnya kemudian oleskan pada sariawan. Walaupun terasa perih, namun cara alami ini cukup ampuh untuk mengatasi gangguan mulut tersebut.
  2. Mengonsumsi cukup vitamin dan nutrisi. Sariawan seringkali disebabkan karena kurangnya asupan vitamin C dalam tubuh. Maka dari itu, konsumsilah makanan yang mengandung vitamin C seperti buah dan sayuran agar sariawan tidak mudah menyerang.
  3. Minum yoghurt. Dengan mengonsumsi yoghurt secara teratur, maka bakteri dalam mulut dan usus dapat berkurang sehingga sariawan dapat berangsur-angsur menghilang.
  4. Menggunakan bahan alami lainnya seperti madu, air kelapa, pisang, atau daun jambu biji, yang secara alami dapat mengatasi radang pada sariawan.

Itulah informasi terkait dengan penyebab sariawan dan cara mengatasinya untuk meringankan rasa nyeri yang mengganggu. Baca juga artikel sebelumnya tentang Cara Mengobati Sariawan Dengan Sederhana dan Tepat. Semoga dapat membantu anda.