Penyebab Sakit Pinggang yang Sering Disepelekan

Pernahkah Anda merasakan nyeri di bagian pinggang? Jika ya, maka Anda perlu mengetahui apa saja penyebab sakit pinggang ini. Meskipun terdengar sepele, penyakit tersebut cukup menyusahkan, terutama bagi mereka yang bekerja dengan melibatkan fisik. Sakit pinggang ini bisa menjangkiti siapa saja entah wanita, pria, tua maupun muda. Terkadang bukan hanya pada bagian belakang, rasa sakit ini juga bisa dirasakan di daerah samping kanan atau kiri pinggang.

Penyebab Sakit Pinggang yang Jarang Diketahui

penyebab sakit pinggang

Sebenarnya ada beberapa penyebab yang menimbulkan rasa sakit pada pinggang. Umumnya gejala sakit pinggang disebabkan karena keseleo atau cidera otot. Keadaan ini bisa disebabkan oleh banyak faktor, salah satunya adalah menahan suatu beban, mengangkat barang, jarangolahraga dan lain sebagainya. Namun, kali ini akan kita membahas terkait apa saja penyebab sakit pinggang agar bisa terhindar dari rasa nyeri pada pinggang. Berikut ini adalah beberapa penyebab masalah sakit pinggang yang perlu Anda ketahui dengan baik.

  1. Menggunakan sepatu high heels

Jika Anda seorang wanita yang sering menggunakan sepatu high heels dan merasa sakit di daerah pinggang, maka sepatu Anda tersebut yang seringnya menjadi penyebab utama. Hal ini dikarenakan sepatu dengan ukuran tumit tinggi umumnya akan membuat tubuh berjalan dengan pinggang yang melengkung ke arah depan. Keadaan inilah yang akan membuat pinggang menjadi sering terasa sakit dan nyeri. Bukan hanya menjadi penyebab sakit pinggang, menggunakan sepatu dengan hak yang tinggi juga bisa menjadi salah satu penyebab adanya penyakit osteoarthritis atau peradangan sendi di bagian lutut.

Saat menggunakan sepatu dengan hak yang tinggi, tubuh yang harusnya ditopang oleh kedua telapak kaki hanya akan ditopang oleh bagian depan telapak kaki. Hal ini jelas sangat berpengaruh pada kondisi keseimbangan tubuh ketika berjalan. Bukan hanya menjadi penyebab sakit pinggang, sepatu high heels dengan ujung jari yang sempit juga menyebabkan masalah di jaringan syaraf-syaraf kaki.

  1. Mengangkat barang dengan tidak benar

Ketika mengangkat barang, otomatis tubuh menjadi tumpuan yang harus bekerja lebih keras. Nah, inilah yang seringnya menjadi penyebab sakit pinggang. Ada cara yang bisa dilakukan untuk meminimalisir sakit pada pinggang yang disebabkan karena mengangkat barang, salah satunya adalah menggunakan kursi. Yang dimaksud menggunakan kursi adalah ketika akan mengangkat barang ke daerah yang lebih tinggi dari tubuh, Anda bisa menggunakan kursi agar tubuh dengan barang yang diangkat menjadi sejajar sehingga tidak akan menyiksa daerah pinggang dan punggung. Sedangkan saat akan mengambil barang yang berada di bawah tubuh, maka Anda bisa jongkok dan menyejajarkan tubuh dengan barang tersebut supaya pinggang tidak bekerja terlalu keras saat akan mengangkat barang tersebut. Cara mengangkat dan menaruh barang ini tidak boleh dianggap sepele mengingat penonjolan discus di daerah pinggang disebabkan karena cara mengangkat dan menaruh barang berat yang tidak benar.

  1. Tidur dengan alas dan posisi yang salah

Posisi yang salah serta alas yang tidak nyaman tentunya akan mempengaruhi keadaan tulang pinggang dan juga punggung. Banyak masyarakat yang menyepelekan posisi tidur, padahal hanya karena posisi yang salah, saat bangun dari tempat tidur nantinya pinggang akan terasa nyeri dan akibatnya aktivitas sehari-hari yang harusnya dijalani dengan baik menjadi terganggu. Untuk menghindari penyebab sakit pinggang, cobalah untuk tidur dengan posisi yang paling baik yaitu menghadap ke arah samping sebelah kanan tubuh serta menggunakan alas yang empuk dan nyaman.