Penyebab Perut Buncit Berdasarkan Pola Makan yang Buruk

Perut buncit, jika mendengar kata tersebut, mungkin banyak orang akan tersenyum geli karena memang saat ini semakin banyak saja orang yang memiliki perut buncit. Perut buncit merupakan keadaan yang dialami banyak orang baik pria maupun wanita. Tidak hanya menjangkit orang yang kelebihan berat badan, namun juga orang yang bertubuh ideal kecuali bagian perutnya. Masalah ini memang sepele namun banyak dirisaukan banyak orang terutama wanita karena menyebabkan rasa kurang percaya atau minder. Berbagai cara dilakukan untuk mengatasi masalah ini mulai dari rutin olahraga, diet hingga sedot lemak. Banyak faktor penyebab perut buncit pada seseorang. Tetapi faktor yang paling utama adalah pola makan yang buruk.

Mengonsumsi makanan berlemak tinggi secara berlebihan menjadi penyebab perut buncit yang pertama karena hampir setiap hari seseorang pasti makan makanan yang berlemak. Makanan tersebut memang masih digemari berbagai kalangan karena rasanya yang nikmat dan lezat, Akan tetapi dibalik itu semua, dampak perut buncit senantiasa menghantui. Hampir semua makanan yang disajikan baik di rumah, kantin, warung atau restoran pasti mengandung lemak yang tinggi. Ditambah lagi makanan berlemak tersebut dikonsumsi berlebihan mulai dari pagi, siang, sore dan malam. Akhirnya perut buncit tak terelakkan lagi dan ironisnya kebanyakan orang tidak mempedulikan hal tersebut dan terus melanjutkan konsumsi makanan berlemak. Selain itu, beberapa makanan dibawah ini juga menjadi faktor pemicu perut buncit dan menjadi tanda bahwa pola makan yang Anda lakukan selama ini tidak sehat.

Makanan-Makanan Penyebab Perut Buncit

penyebab perut buncit

  1. Makanan Pedas

Makanan pedas memang sangat digemari oleh banyak kalangan terutama wanita karena rasa pedasnya membuat ketagihan dan tentu saja menambah nafsu makan. Tapi tahukah Anda bahwa mengonsumsi makanan pedas secara berlebihan dapat menjadi penyebab perut buncit? Makanan pedas membuat pelepasan asam lambung lebih tinggi karena adanya iritasi di dalam lambung akibat zat-zat dari rasa pedas. Jika sudah ada iritasi pada lambung, proses pembengkakan perut akan terjadi dan muncul istilah perut buncit. Beberapa bumbu-bumbu pedas yang biasa digunakan pada makanan adalah lada, bubuk cabai, bawang merah bawang putih, cengkeh, pala dan lain sejenisnya.

  1. Makanan Berkadar Garam Tinggi

Selain pedas, makanan yang mengandung garam yang banyak juga menjadi penyebab perut buncit. Mungkin banyak orang yang tidak percaya atau tidak tahu mengenai hal ini karena garam telah menjadi bumbu utama dalam setiap masakan. Tanpa adanya garam tentu rasa makanan akan hambar dan tidak enak. Garam mengandung senyawa natrium yang sifat dasarnya adalah menarik air atau cairan sehingga ketika kadar garam lebih tinggi air yang masuk ke dalam tubuh akan diserap oleh garam yang menyebabkan kekurangan cairan pada tubuh. Selain itu, hal ini juga berdampak pada obesitas, badan letih lesu, dan sebagainya. Hal ini sudah dibuktikan benar dengan adanya metode diet mayo yang banyak diikuti oleh berbagai kalangan. Metode diet ini mengutamakan konsumsi makanan yang sehat tanpa adanya garam sedikitpun.

  1. Makanan Berkarbohidrat Tinggi

Penyebab perut buncit yang selanjutnya adalah mengonsumsi makanan yang mengandung banyak karbohidrat. Karbohidrat memang sangat penting untuk memberikan energi pada tubuh tetapi jika mengonsumsinya dalam jumlah yang tinggi dan banyak, ini akan menyebabkan perut membuncit lama kelamaan. Hal ini bisa terjadi karena kandungan glikogen dari karbohidrat yang berlebihan akan disimpan di dalam tubuh dan setiap gram glikogen tersebut setara dengan 3 gram air. Tidak heran jika ini menjadi salah satu penyebab perut buncit yang harus anda ketahui dan waspadai.