Penyebab Bau Mulut dan Cara Mengatasinya

Bau mulut biasanya akan membuat kita membatasi kegiatan harian karena merasa kurang percaya diri dan takut mengganggu orang lain. Ada beberapa hal yang menjadi penyebab bau mulut. Banyak orang mencari tahu cara menghilangkan bau mulut namun tidak mengerti apa saja yang menjadi penyebab masalah ini. Ibarat kita mengerjakan tugas tapi tidak tahu tugas apa yang akan dikerjakan.

penyebab-bau-mulut

Penyebab Bau Mulut

Sebelum mengulas terkait cara mengatasi masalah bau mulut ini, kali ini akan dibahas terlebih dahulu apa saja yang menjadi penyebabnya. Berikut ulasannya singkatnya.

  1. Kebersihan mulut dan gigi yang kurang terjaga

Mulut serta gigi yang tidak terjaga kebersihannya merupakan penyebab dari timbulnya masalah bau mulut yang mengganggu. Ketika selesai makan atau meminum sesuatu, maka sisa-sisa makanan atau minuman akan menempel. Pada akhirnya akan memicu bakteri tumbuh dan berkembang dengan pesat dalam mulut. Saat sisa makanan menjadi wadah bakteri untuk berkumpul, maka di saat yang sama itulah hidrogen sulfida menguap dan menjadi penyebab bau mulut yang paling sering dialami oleh banyak orang.

  1. Sering mengonsumsi makanan yang menyebabkan bau mulut

Mungkin sudah menjadi rahasia umum jika bawang merupakan makanan yang sering menjadi penyebab bau mulut. Namun, ternyata bukan hanya bawang saja, melainkan makanan lainnya yang mengandung susu. Kandungan yang ada pada susu biasanya akan menyisakan bau yang menyerupai sulfur. Bukan hanya itu,sering mengonsumsi makanan yang mengandung protein dan karbohidrat tinggi juga bisa menjadi salah satu penyebab bau tidak sedap pada mulut. Hal ini dikarenakan bakteri menyukai segala sesuatu yang memiliki kadar gula tinggi, bukan hanya makanan yang manis saja.

  1. Kurang konsumsi air putih

Ketika tubuh kekurangan air atau cairan, maka produksi saliva atau air liur juga semakin berkurang. Kondisi tersebut memicu bakteri yang ada pada mulut dan gigi untuk semakin berkembang dan akhirnya menjadi penyebab bau mulut. Perlu diketahui, salah satu fungsi air liur adalah menjaga sel-sel yang ada pada mulut agar tetap hidup. Jika air liur ini berkurang, tentu saja sel-sel pada mulut akan mati dan inilah yang menjadi penyebab bau busuk pada rongga mulut.

  1. Kecanduan rokok dan minuman beralkohol

Zat-zat yang terkandung pada rokok merupakan salah satu dari penyebab bau mulut yang cukup mengganggu. Selain membahayakan organ tubuh seperti paru-paru, jantung, hati dan ginjal, kandungan yang ada di dalam rokok akan terakumulasi dan menimbulkan bau mulut. Disamping itu, tubuh yang sudah terkontaminasi dengan minuman beralkohol juga akan lebih rentan mengalami masalah pencernaan dan akhirnya akan berimbas pada mulut yang menjadi bau.

Cara Mengatasinya Penyebab Bau Mulut

Sebenarnya penyebab bau mulut bisa diatasi dengan mudah. Cara pertama yang perlu dilakukan adalah membersihkan rongga mulut dengan menggosok gigi dengan baik dan benar serta menggunakan flossing untuk menghilangkan sisa-sisa makanan yang menempel. Setelah itu, jangan terlalu banyak mengonsumsi makanan yang dapat menyebabkan bau tidak sedap seperti bawang, jengkol dan petai. Kemudian hilangkanlah kebiasaan merokok, menghindari minuman beralkohol, bercafein dan bersoda. Beberapa cara yang disebutkan tadi merupakan langkah termudah yang bisa dilakukan agar terhindar dari masalah bau mulut yang mengganggu. Demikian ulasan mengenai penyebab bau mulut dan cara mengatasinya. Hal ini dapat anda aplikasikan sesegera mungkin dalam kehidupan sehari-hari.