10 Manfaat Ubi Jalar Untuk kesehatan Tubuh

Ubi jalar adalah salah satu jenis umbi-umbian yang sedap apalagi jika direbus. Dibalik rasanya yang sedap, ubi jalar menyimpan banyak kandungan vitamin dan mineral yang baik untuk tubuh. Ingin tahu apa saja manfaat ubi jalar?

manfaat-ubi-jalar-untuk-tubuh

ubi jalar

Beragam manfaat ubi jalar bagi kesehatan

  1. Menjaga Kesehatan Mata

Jika Anda memperhatikan warna mencolok atau terang pada suatu buah atau sayuran, itu artinya terdapat kandungan penting yang tinggi pada buah atau sayuran tersebut. Warna kuning pada daging buah ubi jalar sendiri menunjukkan bahwa terdapat kandungan vitamin A tinggi yang berupa beta-karoten. Vitamin A yang terdapat pada ubi jalar bahkan dapat memenuhi hingga 1,033 persen asupan gizi harian yang Anda butuhkan!

  1. Menjaga Kesehatan Gigi dan Gusi

Selain vitamin A, masih ada lagi kandungan vitamin yang tak kalah penting pada ubi jalar, yaitu vitamin C. Vitamin C yang dimiliki ubi jalar sendiri dapat memenuhi 70 persen AKG atau asupan gizi harian Anda. Vitamin C yang ada pada ubi jalar dapat berperan sebagai pencegah gusi berdarah serta gigi longgar.

  1. Menguatkan Tulang

Manfaat ubi jalar berikutnya adalah menguatkan tulang. Ubi jalar ternyata juga memiliki kandungan mineral yang baik, salah satunya yang dapat membantu Anda memerangi berbagai penyakit tulang dan sendi. Ubi jalar memiliki kandungan mangan yang dapat memenuhi hingga 44 persen AKG Anda. Mangan sendiri adalah salah satu jenis mineral yang mampu menjaga kesehatan dan kekuatan tulang serta sendi Anda. Jadi, jika ingin mencegah osteoporosis, makanlah ubi jalar dari sekarang!

  1. Mengatur Kadar Kolesterol

Ubi jalar juga berfungsi untuk mengatur kadar kolesterol dalam tubuh Anda. Hal ini dikarenakan ubi jalar memiliki kandungan serat atau fiber yang dapat memenuhi AKG Anda hingga 33 persen. Fiber sendiri merupakan sebuah jenis karbohidrat yang sudah terbukti dapat sekaligus menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Jadi, bagi Anda yang memiliki kadar kolesterol tinggi, bisa mencoba ubi jalar sebagai terapi.

  1. Menjaga Kesehatan Jantung

Manfaat ubi jalar yang berikutnya adalah dapat menjaga kesehatan jantung. Kenapa? Karena ubi jalar mempunyai vitamin B6 sebagai salah satu kandungannya. Vitamin B6 yang dimiliki ubi jalar sendiri dapat memenuhi hingga 27 persen AKG. Vitamin B6 sendiri berfungsi untuk mencegah penumpukan homosistein di dalam darah. Jika tingkat homosistein dalam darah tinggi, hal tersebut dapat memicu peningkatan resiko penyakit jantung serta stroke.

  1. Mengatur Tekanan Darah

Selain mengatur kadar kolesterol, ubi jalar juga dapat mengatur tekanan darah. Hal ini didapatkan dari kandungan potassium pada ubi jalar yang dapat memenuhi AKG untuk potassium hingga 22 persen. Manfaat yang satu ini cocok untuk Anda yang menderita hipertensi atau tekanan darah tinggi.

  1. Melawan Stress

Ternyata ubi jalar dapat mengatasi rasa stress yang Anda alami, lho! Kandungan vitamin B berupa asam pantotenat yang dimiliki ubi jalar dapat membantu produksi hormon stress, sehingga tubuh tidak kekurangan hormon tersebut yang digunakan saat tubuh merasa stress.

  1. Mencegah Keriput

Selain untuk kesehatan, manfaat ubi jalar juga berguna untuk kecantikan Anda. Salah satunya adalah untuk mencegah keriput atau penuaan. Hal ini didapat dari kandungan vitamin E yang dimiliki ubi jalar. Vitamin E sendiri dapat berperan sebagai penutrisi kulit untuk mencegah penuaan atau oksidasi pada kulit.

  1. Menstabilkan Kadar Gula dalam Darah

Magnesium yang dimiliki oleh ubi jalar dapat membantu Anda untuk mengontrol kadar gula dalam darah. Hal ini sesuai dengan sebuah penelitian yang menunjukkan bahwa orang yang mengonsumsi diet tinggi magnesium, persentasenya sangat jarang yang terkena diabetes tipe 2.

  1. Menghasilkan Energi

Zat besi pada ubi jalar dapat memberikan dorongan energi pada tubuh Anda, sehingga tubuh tidak merasa lemas atau lelah. Hal ini dikarenakan zat besi dapat meningkatkan distribusi oksigen pada seluruh tubuh Anda.

Sangat banyak kan manfaat ubi jalar baik untuk kesehatan maupun kecantikan? Oh iya, jika Anda ingin menyantap ubi rebus, ingat untuk tidak merebusnya terlalu lama agar vitamin dan mineralnya tidak menguap, ya!