Manfaat Temulawak dan Efek Sampingnya untuk Manusia

Temulawak sering kita jumpai dalam bentuk bubuk sebagai bahan dasar jamu. Kelihatannya sepele, namun tanpa kita sadari tanaman ini memiliki beragam manfaat temulawak. Dari jaman dahulu, nenek moyang kita sudah menggunakan temulawak sebagai bahan obat tradisional. Temulawak mengandung beberapa zat yang diperlukan tubuh, yang terkandung dalam akar/rimpangnya.

manfaat-temulawak

Temulawak

Khasiat dan Manfaat Temulawak untuk Kesehatan Tubuh

Berikut adalah khasiat temulawak bagi kesehatan tubuh serta manfaat temulawak untuk kecantikan:

  1. Kesehatan liver

Temulawak mengandung zat yang bernama Katagoga. Katagoga berfungsi untuk menjaga hati agar selalu melaksanakan fungsinya sebagai penetral racun dan penghasil empedu dengan baik. Katagoga juga dapat merangsang hati untuk mengeluarkan empedu.

  1. Menurunkan kolesterol

Kurkuminoid dalam temulawak berfungsi untuk melarutkan lemak-lemak jahat dalam darah agar tidak menggumpal dan menyumbat pembuluh darah, sehingga peredaran darah tetap lancar. Pembuluh darah yang lancar dapat mengurangi resiko terkena penyakit stroke.

  1. Mengatasi maag

Penyakit maag dapat diatasi dengan air rebusan dari satu rimpang temulawak kupas yang diminum setiap hari sampai maag mereda. Manfaat Temulawak ini dapat membantu lambung untuk mengurangi cairan lambung yang diproduksi oleh lambung.

  1. Menyehatkan pencernaan

Temulawak selain digunakan untuk menambah nafsu makan, juga dipercaya dapat menjaga kesehatan pencernaan. Dengan mengonsumsi setiap hari, maka penyakit seperti masuk angin, sakit tenggorokan, dapat diatasi dengan manfaat temulawak.

  1. Kesehatan kulit

Selain untuk organ dalam, temulawak juga bermanfaat untuk kulit manusia, terutama untuk kecantikan. Bagi wanita yang ingin kulit wajahnya lebih halus, dapat menggunakan masker yang dibuat dari parutan temulawak dan digunakan di sore atau malam hari.

  1. Mengurangi flek wajah

Flek wajah juga dapat diatasi oleh temulawak. Minyak atsiri dalam temulawak dapat membantu kulit untuk meregenerasi sehingga kulit mati akan cepat terlepas. Hasilnya, kulit menjadi lebih cerah dan noda hitam tersamarkan.

  1. Mengobati jerawat

Jerawat pun dapat diatasi oleh temulawak, caranya adalah mengoleskan hasil parutan temulawak ke daerah jerawat kemudian diamkan sampai mengering. Jerawat akan menghilang dengan sendirinya.

  1. Menjaga kesehatan jantung

Temulawak yang mampu menghilangkan lemak darah seperti yang dijelaskan sebelumnya tentu akan meringankan kerja jantung, sehingga jantung menjadi lebih sehat.

Efek Samping Temulawak yang Harus Diperhatikan

Begitu banyak khasiat yang didapatkan dari temulawak. Namun, setiap ada hal yang baik, tentu ada hal buruknya juga. Berikut beberapa efek samping temulawak yang penting untuk diketahui:

  1. Jangan mengonsumsi temulawak lebih dari 18 minggu

Mengonsumsi temulawak setiap hari boleh saja, tapi jangan terlalu lama. Seseorang dapat merasa mual apabila mengonsumsi temulawak terlalu banyak, karena mengganggu fungsi lambung. Apabila gangguan lambung sudah terasa, lebih baik cepat menghubungi dokter.

  1. Penderita penyakit hati lebih baik tidak mengonsumsi temulawak

Seperti penjelasan sebelumnya, temulawak dapat merangsang hati untuk mengeluarkan empedu. Temulawak yang dikonsumsi oleh penderita penyakit liver sebaiknya tidak mengonsumsinya, karena ditakutkan akan produksi empedu yang berlebihan, akibat terburuknya tubuh keracunan dari empedu sendiri.

  1. Lebih baik tidak dikonsumsi dengan obat pengencer darah

Temulawak sudah membantu menghilangkan lemak darah, bila masih dibantu dengan bahan kimia pengencer darah, maka yang terjadi bukannya saling membantu, tetapi malah menambah penyakit baru.

  1. Zat kurkuminoid

Mengkonsumsi temulawak bersama dengan tumbuhan yang mengandung kurkuminoid perlu diperhatikan jumlah penggunaannya, atau lebih baik dikonsultasikan terlebih dahulu terhadap yang lebih ahli.

Meskipun manfaat temulawak sangat banyak, tetapi penggunaannya tetap harus dikontrol. Ada baiknya apabila berkonsultasi terlebih dahulu kepada ahlinya sebelum mengonsumsi temulawak.