Manfaat Singkong dan Kandungannya Bagi Kesehatan Tubuh

Singkong adalah salah satu jenis umbi-umbian yang dapat banyak Anda temukan di tanah Indonesia. Tak heran jika singkong kerap disebut sebagai makanan rakyat, karena dapat Anda temukan di mana saja dengan harga yang murah. Walaupun murah, singkong ternyata memiliki banyak sekali kandungan penting untuk tubuh. Ingin tahu apa saja manfaat singkong si makanan rakyat ini?

manfaat-singkong-untuk-tubuh

khasiat singkong atau ubi

Manfaat singkong untuk kesehatan

  1. Sumber Karbohidrat

Singkong ternyata punya kandungan jumlah kalori lebih banyak hingga dua kali lipat dari kentang. Hal ini sesuai dengan pernyataan dari Nutrition and You. Nah, maka dari itu, singkong akan sangat cocok untuk menjadi salah satu alternatif makanan pokok sebagai sumber karbohidrat. Singkong memiliki kandungan hingga 160 kalori dalam 100 gram singkong, dan sebagian besar kandungan kalorinya terdiri dari sukrosa. Bagi Anda yang sedang menjalani diet, Anda bisa mengganti nasi dengan singkong karena ternyata selain rendah lemak, singkong juga memiliki kandungan protein yang tinggi.

  1. Rendah Lemak dan Protein Tinggi

Tahukah Anda bahwa selain dapat dijadikan sumber karbohidrat, singkong juga memiliki kandungan yang rendah lemak dan memiliki kandungan protein yang tinggi, lho. Bahkan, kandungan lemak pada singkong terhitung lebih rendah dibandingkan kacang-kacangan dan sereal. Selain itu, kandungan protein yang dimiliki singkong juga lebih tinggi jika dibandingkan dengan kentang, ubi, atau pisang. Menambahkan singkong pada menu makanan harian Anda dapat sangat cocok terutama bagi Anda yang sedang diet.

  1. Menyehatkan Tulang

Singkong memiliki kandungan vitamin K yang tinggi sehingga sangat berperan dalam pertumbuhan dan perkembangan massa tulang. Maka dari itu, dengan mengonsumsi rutin singkong tiap harinya, resiko terkena penyakit osteoporosis dapat menurun. Singkong juga dapat berperan dalam menjaga kesehatan tulang dan sendi agar tidak mudah keropos. Selain manfaat singkong pada tulang, singkong juga dapat berperan dalam pengobatan pada pasien penderita Alzheimer, karena singkong dapat mencegah kerusakan saraf pada otak.

  1. Mengatasi Anemia

Manfaat singkong selanjutnya dapat mengatasi anemia. Beberapa kandungan yang dimiliki salah satu jenis umbi-umbian ini adalah vitamin B kompleks, folates, piridoksin, thiamin, asam pantotenat serta riboflavin. Nah, kandungan riboflavin ini ternyata sangat berperan untuk pertumbuhan tubuh kita serta dalam produksi sel darah merah, sehingga bagi Anda yang menderita anemia atau kekurangan sel darah merah, mulai mengonsumsi singkong adalah salah satu langkah yang sangat bijak untuk dilakukan.

  1. Mengatur Tekanan Darah

Selain beberapa kelompok vitamin yang dimiliki oleh singkong, umbi lezat yang sering disebut sebagai makanan rakyat ini juga memiliki kandungan sumber mineral, seperti seng, tembaga, magnesium, mangan dan besi. Singkong juga memiliki kandungan jumlah kalium yang cukup tinggi sehingga dapat menjadi salah satu komponen yang penting untuk pembentukan sel tubuh dan juga sebagai pengatur tekanan darah. Hal ini dapat cocok untuk Anda yang memiliki tekanan darah tinggi atau hipertensi.

  1. Menurunkan Resiko Penyakit

Banyaknya kandungan yang dimiliki singkong ternyata dapat menjadi penangkal bagi beberapa penyakit yang serius. Sebuah penelitian bahkan menyatakan bahwa salah satu manfaat singkong adalah dapat menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam darah. Selain itu, singkong juga dapat membantu Anda dalam menurunkan kadar trigliserida dalam tubuh serta menjadi sumber serat yang baik bagi tubuh. Maka dari itu, sangat benar adanya jika singkong dipercaya dapat menurunkan resiko beberapa penyakit seperti kanker usus besar, stroke, bahkan penyakit jantung. Singkong juga dipercaya dapat mengatasi atau mengontrol penyakit diabetes. Jika Anda ingin memanfaatkan singkong untuk mengatasi penyakit tersebut, tentunya konsumsi singkong dengan cara dikukus atau direbus, ya.

Jadi, tidak ada salahnya jika Anda mulai belajar untuk mengonsumsi singkong karena selain murah dan mudah didapat, manfaat singkong sangat baik untuk kesehatan Anda, bukan?