Inilah Manfaat Sawi Bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat sawi untuk kesehatan termasuk mengobati nyeri otot, psoriasis, kurap, dermatitis kontak dan gangguan pernapasan. Sejak jaman dulu, berbagai bagian tanaman sawi telah terbukti bermanfaat dalam kanker, diabetes, dan detoksifikasi tubuh. Sawi memiliki senyawa aktif yang ampuh, mampu memberikan efek terapi pada saraf dan membantu menjaga kesehatan jantung. Ini menstimulasi kesehatan kulit dan rambut, menurunkan kolesterol dan merupakan sayuran yang tepat bagi perempuan selama menopause.

manfaat-sawi-bagi-kesehatan

tanaman sawi

Sawi adalah sayuran silangan serbaguna yang termasuk ke dalam keluarga Brassica seperti brokoli dan kubis. Berasal dari daerah beriklim Eropa, sawi adalah di antara tanaman dewasa awal di wilayah tersebut. Dari sekitar ribuan tahun, tanaman sawi telah cukup populer dibudidayakan di Afrika Utara, Asia dan Eropa lebih seperti herbal bahkan populer di kalangan orang-orang Yunani dan Romawi kuno. Itulah mengapa manfaat sawi sudah dikenal sejak zaman dulu.

Sawi telah terhormat sebagai tanaman multispesialis di Amerika Utara sejak puluhan tahun dengan produksi besar terjadi di California dan Montana hingga 1950 dan sekitar satu dekade kemudian di daerah Upper Midwest. Saat sawi tumbuh di lebih dari 21 negara dengan produksi utama terjadi di Uni Eropa, Nepal, Kanada, Ukraina dan India. Menghubungkan ke rasa dan sifatnya yang terapeutik, penggunaan sawi cukup populer di seluruh dunia dengan sekitar. £ 700 dihabiskan untuk memperoleh manfaat sawi setiap tahunnya.

Sawi adalah botani multitalenta dengan banyak varietas yang berbeda. Tiga varian dari varietas sawi yaitu sawi putih (Brassica alba,) sawi hitam (Brassica nigra), dan sawi coklat (Brassica juncea) telah mendapatkan popularitas lebih di atas sayuran lain dan tumbuh serta digunakan produk tangkai bunga muda , daun dan bijinya. Sawi putih atau kadang-kadang disebut sebagai sawi kuning memiliki rasa yang lebih ringan dan biasanya digunakan dalam masakan amerika yang terkenal. Sawi sawi populer karena aromanya yang kuat dan rasanya, sedangkan sawi cokelat yang juga digunakan untuk mempersiapkan masakan khas Meksiko juga menawarkan cita rasa pedas yang tajam. Tentu saja manfaat sawi pada tiga varietas di atas cukup banyak.

Nilai Gizi Dari Sawi

Tanaman sawi membawa zat yang bermanfaat melalui berbagai bagian yang dapat dimakan nya. Biji tanaman sawi adalah sumber yang kaya mineral seperti kalsium, magnesium, fosfor dan kalium yang konon pokok dari manfaat sawi itu sendiri. Seiring dengan ini, itu adalah sumber yang baik dari diet folat dan vitamin A. Daun tanaman sawi yang juga sumber mineral penting termasuk kalium, kalsium dan fosfor. Ini juga merupakan sumber yang baik dari magnesium dan serat makanan. Kandungan vitamin yang ditawarkan oleh sawi termasuk jumlah berlimpah dari vitamin A 206 %.

Menjadi anggota keluarga Brassica, benih tanaman sawi mengandung banyak fitonutrien yang sehat yang disebut glucosinolates yang dapat membuktikan manfaat sawi terhadap berbagai kanker seperti kanker kandung kemih, kanker usus dan kanker serviks. Glucosinates memecah untuk membentuk isothiocyanates dengan bantuan enzim myrosinase yang ada dalam sawi. Berbagai penelitian telah menyarankan mengenai efek anti-kanker komponen ini hadir dalam biji sawi yang menghambat pertumbuhan sel-sel kanker dan bahkan menjaga terhadap pembentukan sel-sel ganas tersebut. Sifat kemopreventif dari biji sesawi membantu dalam memulihkan tingkat glutathione dan merangsang induksi apoptosis tanpa mempengaruhi sel-sel sehat yang normal.