Berbagai Manfaat Rumput Laut yang dapat Anda Peroleh

Siapa yang tidak menggemari rumput laut? Jenis makanan yang memiliki tekstur agak kenyal namun padat ini dapat Anda temukan dalam berbagai olahan makanan seperti agar-agar. Walaupun tidak memiliki rasa yang signifikan, ternyata rumput laut memiliki banyak kandungan bermanfaat, lho! Ini dia manfaat rumput laut yang dapat Anda peroleh.

manfaat-rumput-laut

khasiat rumput laut

Manfaat rumput laut bagi kesehatan

  1. Sumber Vitamin

Rumput laut merupakan suatu jenis makanan yang sangat menyehatkan, dan tentunya bukan tanpa alasan. Rumput laut memiliki berbagai kandungan nutrisi yang sangat baik untuk tubuh. Beberapa kandungan yang dimiliki rumput laut ini adalah vitamin A, vitamin B12, zat besi, yodium dan kalium. Berbagai kandungan yang dimiliki oleh rumput laut ini dipercaya berasal dari proses mineralisasi yang terjadi dalam air laut. Saking banyaknya kandungan bermanfaat pada rumput laut, jenis makanan yang satu ini dianggap memiliki kalsium yang lebih banyak dibandingkan brokoli, sapi, bahkan susu!

  1. Mengatur Fungsi Hormonal Tubuh

Manfaat rumput laut berikutnya adalah mengatur fungsi hormonal tubuh. Jika Anda menderita gangguan pada tiroid, seperti hipotiroid atau hipertiroid, Anda bisa mulai mengonsumsi rumput laut untuk mengatasi gangguan tersebut dengan mengatur fungsi tiroid. Hal ini dikarenakan rumput laut memiliki kandungan yodium yang dapat melancarkan proses sintesis hormon yang dihasilkan oleh kelenjar tiroid. Tanpa adanya yodium sebagai asupan harian, tubuh Anda tidak dapat melakukan sintesis hormon yang dapat menyebabkan berbagai gejala pada tubuh, tentunya gejala yang mengganggu. Tiroid atau kelenjar tiroid sendiri memiliki peranan penting dalam hal metabolisme sel dan fungsi fisiologis tubuh. Maka dari itu, garam haruslah mengandung yodium agar salah satunya terhindar dari penyakit gondongan. Kini banyak orang yang mulai mengganti garam dengan rumput laut.

  1. Sumber Serat

Terdapat banyak kandungan serat larut pada rumput laut. Saat dikonsumsi, rumput laut akan berubah bentuk menjadi gel sehingga membantu kelancaran pencernaan dalam tubuh. Memiliki fungsi memperlambat pencernaan, rumput laut sekaligus memiliki fungsi lain yaitu dapat mencegah tubuh untuk menyerap gula dan kolesterol berlebihan. Selain itu, serat yang terdapat pada rumput laut dapat membantu tubuh meningkatkan bakteri baik pada perut, sehingga dapat memperkuat dinding perut dan melancarkan proses pencernaan.

  1. Menurunkan Berat Badan

Nah, manfaat rumput laut yang satu ini cocok untuk Anda yang sedang kebingungan mencari cara untuk mendapatkan tubuh yang ideal. Rumput laut dapat menjadi tempat diet Anda, lho! Rumput laut tidak memiliki kandungan kalori juga lemak, sehingga aman untuk mengonsumsinya sehari-hari. Di dalam satu porsi rumput laut, hanya terdapat 5-20 kalori saja. Mengasyikan, kan? Tidak hanya itu saja, rumput laut juga dapat membantu Anda menurunkan berat badan dengan kandungan yodiumnya yang dapat memastikan kelenjar tiroid untuk mengatur metabolisme tubuh, sehingga berat badan Anda dapat terjaga keseimbangannya. Bahkan kandungan mineral pada rumput laut dapat memecah sel lemak yang ada di dalam tubuh.

  1. Mencegah Kanker

Selain berbagai kandungan tadi, rumput laut juga memiliki kandungan anti oksidan yang dapat Anda gunakan untuk mencegah terjadinya penyakit kanker pada tubuh. Anti oksidan yang terdapat pada rumput laut ini berupa senyawa lignan. Senyawa lignan ini sendiri dapat menghambat pertumbuhan tumor pada tubuh sekaligus mengeluarkan sel-sel kanker dari dalam tubuh melalui aliran darah. Selain itu, manfaat rumput laut juga mampu mencegah kanker estrogen terkait. Bahkan sebuah penelitian menunjukkan bahwa rumput laut mampu menangkal kanker usus besar berkat kandungan asam folatnya yang tinggi.

  1. Detoksifikasi Tubuh

Anda mungkin merasa sehat-sehat saja, namun bisa saja ada banyak racun berbahaya yang mengendap dalam tubuh dan menjadi sebuah bom waktu yang bisa meledak kapan saja. Salah satu cara yang bisa Anda tempuh untuk mengeluarkan racun berbahaya ini adalah detoksifikasi. Mengeluarkan racun berbahaya dari dalam tubuh dapat Anda lakukan dengan menggunakan rumput laut yang mengandung klorofil yang dapat membantu proses detoksifikasi tubuh dari dalam atau internal.

Itulah berbagai manfaat rumput laut yang dapat Anda peroleh dengan mengonsumsi rumput laut secara rutin. Semoga bermanfaat, ya.