Manfaat Protein Untuk Kesehatan Tubuh Manusia

Protein adalah salah satu asupan yang dibutuhkan oleh tubuh tiap harinya. Bahkan protein menjadi salah satu komponen dalam 4 Sehat 5 Sempurna yang diwakili oleh daging ayam atau ikan. Protein memang sangat penting dan erat kaitannya dengan tubuh, karena tanpa protein, tubuh tidak dapat bekerja dengan optimal. Nah, ini dia sedikit manfaat protein dari banyaknya manfaat zat ini.

sumber-dan-manfaat-protein

sumber protein

Manfaat protein bagi kesehatan

  1. Memperbaiki dan Merawat Sel Tubuh

Pernahkah Anda mendengar istilah bahwa protein adalah blok bangunan tubuh? Hal ini berkaitan dengan peran protein yang sangat penting sebagai komponen dalam memelihara jaringan di dalam tubuh, termasuk untuk perkembangan serta perbaikannya. Semua hal yang ada pada tubuh Anda mulai dari yang terlihat seperti kulit, rambut, mata, hingga yang tidak terlihat seperti otot, jantung, dan organ lainnya terbuat dari protein. Protein adalah salah satu komponen penting pada sel atau jaringan tubuh yang membentuk kesemuanya itu. Maka dari itu, sangat penting untuk menjaga asupan protein yang tinggi bagi anak-anak karena mereka membutuhkannya untuk membangun dan menumbuhkan jaringan sel baru.

  1. Sumber Energi

Manfaat protein selain karbohidrat, juga merupakan sumber energi, lho. Fungsi pertama dari protein memang memperbaiki dan merawat sel tubuh Anda, namun jika masih terdapat kandungan protein berlebih pada tubuh setelahnya, tubuh Anda akan menggunakan protein sebagai sumber energi. Namun jika sumber energi tubuh sudah tercukupi oleh asupan karbohidrat, maka tubuh Anda akan menggunakannya sebagai pembuat lemak dan protein akan menjadi bagian dari sel lemak dalam tubuh. Tak heran jika sekarang kita mengenal dengan jenis diet yang mengurangi asupan karbohidrat dan menambah asupan protein. Hal ini dilakukan untuk menghindari peralihan protein menjadi lemak saat tidak dibutuhkan menjadi energi.

  1. Hormon

Selain sebagai pembentuk sel dalam tubuh, manfaat protein lainnya adalah berperan dalam produksi beberapa hormon. Zat ini nantinya dapat membantu tubuh Anda mengontrol beberapa mekanisme tubuh yang memerlukan interaksi beberapa organ sekaligus. Sebagai contoh, insulin atau protein kecil merupakan hormon yang berfungsi dalam mengatur gula darah. Fungsi mengatur gula darah ini akan membutuhkan interaksi dua organ, yaitu pankreas dan hati. Selain itu, ada juga sekretin yang merupakan contoh lain dari hormon protein. Sekretin nantinya dapat membantu dalam proses pencernaan tubuh yaitu dengan cara merangsang kerja pankreas dan usus untuk memproduksi cairan pencernaan yang dibutuhkan. Hormon protein sangat penting, kan?

  1. Enzim

Nah, ini dia fungsi yang mungkin paling sering Anda dengar dari protein. Enzim sendiri merupakan protein yang dapat meningkatkan laju reaksi kimia yang ada pada tubuh. Enzim ini sangat penting untuk kelancaran mekanisme tubuh, karena sebagian besar proses reaksi kimia yang dibutuhkan tubuh tidak akan bekerja dengan optimal tanpa adanya enzim. Misalnya saja, tanpa enzim, proses pencernaan karbohidrat, protein besar, serta molekul lemak untuk menghasilkan molekul yang lebih kecil serta proses penciptaan DNA manusia tidak akan bekerja lancar tanpa adanya enzim.

  1. Antibodi

Manfaat protein selanjutnya adalah sebagai antibodi. Sistem imunitas tubuh ternyata kurang lebih dipengaruhi oleh protein. Protein dalam tubuh dapat berfungsi untuk mencegah penyakit serta infeksi. Cara kerjanya adalah dengan membantu tubuh mengidentifikasi sekaligus menghancurkan antigen yang masuk seperti bakteri atau virus. Dalam cara kerjanya, protein juga bekerja sama dengan sel pada sistem imunitas lainnya. Contohnya, protein membantu mengidentifikasi dan mengelilingi antigen yang ada untuk menjaga antigen tersebut hingga dapat dihancurkan oleh sel darah putih.

Manfaat protein di atas hanyalah sedikit dari banyaknya manfaat zat yang satu ini. Jadi, jangan lupa untuk selalu menjaga asupan protein yang cukup tiap harinya. Beberapa sumber protein yang dapat Anda konsumsi adalah daging ayam, ikan, telur, tempe, atau kacang-kacangan.