Beragam Manfaat Minyak Ikan yang Dapat Anda Peroleh

Minyak ikan terkenal dengan kandungan asam lemak omega 3-nya yang sangat berkhasiat dan bermanfaat, baik untuk kesehatan maupun kecantikan Anda. Penasaran dengan apa saja manfaat minyak ikan ini?

manfaat-minyak-ikan-yang-baik

ilustrasi khasiat minyak ikan

Manfaat minyak ikan bagi kesehatan dan kecantikan

  1. Menyehatkan Jantung

Salah satu manfaat minyak ikan yang utama adalah untuk menyehatkan organ jantung Anda. Hal ini sesuai dengan uji klinis dari American Heart Association (AHA) yang menyatakan bahwa ternyata kandungan omega 3 pada minyak ikan efektif mengurangi resiko terkena penyakit kardiovaskular. Kandungan omega 3 dapat menurunkan kadar kolestrol jahat di dalam tubuh Anda sekaligus meningkatkan kadar kolestrol baik. Selain itu, minyak ikan juga berfungsi sebagai pencegah mengumpulnya trigliserida sekaligus mengurangi tingkat trigliserida berlebihan. Maka dari itu, minyak ikan juga dapat mencegah penyakit stroke dan serangan jantung.

  1. Meningkatkan Sistem Imunitas Tubuh

Masih seputar kandungan omega 3 asam lemak pada minyak ikan, kandungan ini ternyata juga dapat berperan sebagai perangsang sistem kekebalan tubuh agar menjadi lebih baik kinerjanya. Cara kerja omega 3 ini adalah dengan memengaruhi jumlah serta aktivitas sitokin dan eicosanoid yang ada dalam tubuh Anda. Hal ini juga didukung oleh sebuah penelitian di Taiwan terhadap seekor tikus yang menunjukkan bahwa konsumsi minyak ikan akan meningkatkan kinerja sistem imunitas tubuh. Maka dari itu, untuk mendapatkan tubuh yang fit dan tidak gampang sakit, Anda bisa mulai mengonsumsi minyak ikan sebagai pelindung. Oh iya, karena kehebatannya ini, minyak ikan juga dapat digunakan pada para penderita lupus yang penyakitnya menyerang sistem imun dan organ tubuhnya sendiri.

  1. Mengatasi Radang Sendi

Semakin tua, maka Anda akan semakin beresiko terkena penyakit tulang dan sendi, salah satunya adalah radang tulang dan sendi. Bagi Anda yang sedang menderita salah satu penyakit tulang dan sendi, minyak ikan juga bisa menjadi salah satu alternatif pengobatan, lho. Hal ini terkait dengan manfaat minyak ikan yang bersifat anti inflamasi atau anti peradangan. Jika Anda penderita rematik, arthritis atau gejala Raynaud, Anda bisa mengobati diri dengan mulai mengonsumsi minyak ikan. Hal ini juga didukung oleh sebuah rumah sakit di Australia yang mencatat bahwa pemberian minyak ikan dengan dosis tertentu pada pasien dapat membantu menyembuhkan penyakit arthritis. Selain itu, pada kasus penyakit osteoarthritis, minyak ikan dapat berperan untuk mengurangi dampak akibat enzim yang dapat merusak tulang rawan.

  1. Membantu Perkembangan Kehamilan

Nah, bagi Anda yang sedang mengandung, Anda wajib memasukkan minyak ikan ke dalam asupan harian Anda. Kenapa? Karena minyak ikan dapat sangat membantu Anda dalam proses perkembangan kehamilan, baik untuk calon bayi dan ibu hamilnya sendiri. Minyak ikan memiliki kandungan DHA yang dapat membantu perkembangan otak serta mata yang sehat bagi calon bayi di dalam kandungan. Selain itu, DHA ini juga dapat menghindarkan calon bayi dari berat badan lahir yang rendah, lahir prematur, bahkan keguguran. Selain untuk calon bayi, manfaat minyak ikan juga baik untuk ibu hamil karena dapat memberikan asupan EPA dan DHA sehingga menghindari stress atau depresi setelah melahirkan. Namun perhatikan bahwa minyak ikan cod (yang diperoleh dari hati ikan) sebaiknya tidak dikonsumsi oleh ibu hamil.

  1. Perawatan Kulit

Wah, ternyata selain untuk kesehatan, minyak kulit juga sangat baik untuk kecantikan Anda, lho. Minyak ikan dapat membantu merawat kulit Anda dengan cara melembabkan serta menyegarkan sel-sel kulit. Minyak ikan juga dipercaya dapat mencegah kulit Anda dari efek buruk sinar matahari atau kulit terbakar. Selain itu, dengan mengonsumsi minyak ikan, Anda dapat mengatasi berbagai masalah kulit seperti gatal, ruam, kemerahan, eksim atau psoriaris. Hal ini dikarenakan kandungan EPA pada minyak ikan yang bersifat anti inflamasi.

Bagaimana? Manfaat minyak ikan sangat beragam, bukan? Jadi, tidak ada salahnya jika Anda mulai membiasakan diri untuk mengonsumsi minyak ikan ini setiap hari. Perhatikan jenis ikan yang menjadi sumber dari minyak ikannya, ya!