Berbagai Manfaat Mahkota Dewa Bagi Kesehatan

Jenis buah yang satu ini mungkin belum pernah atau hanya sesekali Anda dengar. Walaupun kurang tenar, buah mahkota dewa memiliki banyak khasiat dan manfaat yang tak semua buah lainnya miliki. Manfaat mahkota dewa diperoleh dari beberapa kandungan zat aktif yang dimilikinya seperti alkaloid, saponin, flavanoid, serta polifenol. Namun walaupun memiliki banyak kandungan baik, mahkota dewa ini juga disebut-sebut sebagai buah simalakama. Kenapa? Karena buah mahkota dewa memiliki banyak manfaat baik untuk tubuh, namun dalam penggunaannya dapat menyebabkan beberapa gejala seperti mual dan pusing. Selain itu, dibalik manfaatnya tersebut, buah mahkota dewa memiliki kandungan racun yang cukup tinggi pada bagian bijinya sehingga diperlukan pengolahan yang baik sebelum mengonsumsi buah mahkota dewa. Penasaran dengan berbagai manfaat yang masing-masing dimiliki kandungan zat aktif mahkota dewa?

manfaat-mahkota-dewa

buah mahkota dewa

Khasiat dan manfaat mahkota dewa

  1. Alkaloid

Kandungan zat aktif yang pertama ini mampu membuang racun berbahaya yang menumpuk di dalam tubuh. Hal ini dikarenakan alkaloid memiliki sifat detoksifikasi, sehingga dengan mengonsumsi mahkota dewa secara rutin, Anda dapat memperoleh tubuh yang terbebas dari racun. Racun berbahaya nantinya akan dikeluarkan dari tubuh melalui berbagai saluran seperti keringat, kotoran, atau urin.

  1. Saponin

Selain alkaloid, buah mahkota dewa juga memiliki kandungan zat aktif lainnya yaitu saponin. Saponin memiliki sifat anti bakteri serta anti virus, sehingga Anda dapat terhindar dari berbagai penyakit. Saponin dapat bekerja sama dengan sel-sel kekebalan tubuh lain untuk melawan bakteri atau virus yang hinggap di dalam tubuh Anda. Manfaat mahkota dewa yang satu ini berkaitan dengan manfaat berikutnya dari saponin yaitu dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh alias imunitas. Selain merangsang kinerja sistem kekebalan tubuh, saponin juga dapat bermanfaat untuk menurunkan kadar gula yang ada di dalam darah, sehingga mahkota dewa sangat cocok jika dikonsumsi oleh Anda yang mengalami gejala diabetes, bahkan jika sudah menderita diabetes. Saponin yang ada di dalam mahkota dewa juga dapat mengurangi terjadinya penggumpalan darah dalam tubuh Anda, sehingga dapat menghindarkan diri Anda dari penyakit jantung.

  1. Flavonoid

Manfaat mahkota dewa yang berikutnya datang dari kandungan zat aktif ketiga yakni flavonoid. Kandungan zat aktif ini dapat Anda temukan pada beberapa sayur atau buah lainnya. Manfaat dari kandungan flavonoid ini di antaranya adalah memperlancar peredaran darah di dalam tubuh sekaligus mencegah terjadinya penyumbatan pembuluh darah. Hal ini akan menjadikan tubuh Anda terasa lebih segar karena seluruh tubuh Anda mendapatkan oksigen yang cukup secara merata. Selain itu, flavonoid juga dapat mengurangi kadar kolesterol dalam darah dan mengurangi terjadinya penumpukan lemak pada dinding pembuluh darah. Sejumlah manfaat untuk pembuluh darah ini kemudian memunculkan manfaat berikutnya dari flavonoid yaitu mengurangi resiko penyakit jantung koroner. Selain manfaat untuk kesehatan jantung dan pembuluh darah, flavonoid juga berfungsi sebagai penangkal radang karena bersifat anti inflamasi alias anti peradangan. Flavonoid juga bersifat anti oksidan, sehingga dapat mengurangi kerusakan sel tubuh akibat oksidasi, sekaligus mengeluarkan racun berbahaya dalam tubuh.

  1. Polifenol

Kandungan zat aktif yang satu ini juga dapat Anda temukan pada jenis buah-buahan tertentu. Polifenol memiliki sifat anti histamin alias anti alergi. Sifat anti alerginya ini menjadikan manfaat mahkota dewa yang memiliki kandungan polifenolnya dapat membantu Anda dalam mengobati alergi. Alergi di sini maksudnya dapat meredakan berbagai gejala yang timbul karena ketidaksesuaian atau ketidakcocokan pengaruh lingkungan luar terhadap tubuh Anda. Selain itu, polifenol ini juga dapat mencegah diri Anda dari penyakit kanker, asam urat, diabetes, gagal ginjal dan lever atau penyakit hati.

Itulah ulasan kandungan zat aktif yang menciptakan berbagai manfaat mahkota dewa untuk kesehatan Anda. Oh iya, tapi hati-hati ya saat mengonsumsi buah ini. Jangan sampai terkena bijinya!