Manfaat Kunyit Bagi Kesehatan

Manfaat Kunyit Bagi Kesehatan – Kunyit merupakan bumbu dapur yang mudah dijumpai. Selain sebagai bumbu masak, kunyit kaya akan manfaat untuk menjaga kesehatan tubuh. Kunyit dapat menjadi obat penyakit dan berguna untuk menjaga kecantikan tubuh. Bahkan, sejak dulu kunyit sudah digunakan sebagai minuman kesehatan yang kita kenal dengan sebutan jamu.

Bumbu dapur ini memiliki nama latin Curcuma domestica, Vhal. Termasuk dalam familia Zingiberaceae, tumbuhan rempah yang berasal dari India. Tumbuhan ini dapat tumbuh di hampir seluruh pulau Jawa, seringkali tumbuh diantara semak belukar atau pepohonan jati. Namun, karena manfaat kunyit sangat banyak, saat ini kunyit banyak dikonsumsi untuk keperluan kesehatan maka kunyit ditanam dalam kebun untuk memenuhi permintaan.

manfaat-kunyit

Kunyit

Ciri-ciri Kunyit dan Jenisnya

Kunyit memiliki daun seperti daun pisang dan berwarna hijau, namun berukuran lebih kecil. Batang dan helai daunnya berbentuk bulat telur. Kulit luar kunyit berwarna coklat jingga. Daging kunyit berwarna kuning, merah, jingga.

Jenis-jenis kunyit ada beberapa macam, yaitu :

1.   Kunyit Kuning

Kunyit kuning ini sangat umum dijumpai dalam kehidupan sehari-hari. Sebab kunyit ini yang paling sering digunakan untuk bumbu masak. Bumbu dapur ini memiliki bau dan rasa yang khas. Seringkali digunakan untuk membuat masakan nasi kuning, gulai atau bumbu untuk menggoreng ikan dan ayam.

2.   Kunyit Putih

Jenis kunyit ini memiliki daging berwarna putih, maka disebut kunyit putih. Umbi ini tidak termasuk jenis curcumae karena dagingnya berwarna putih dan transparan. Kunyit ini sering disebut temu putri atau temu rapet.

3.   Kunyit Merah

Jenis ini hampir sama dengan kunyit kuning hanya warnanya lebih kemerah-merahan. Biasanya digunakan untuk bumbu dapur dan dijadikan obat untuk penyakit ringan ataupun berat.

4.   Kunyit Hitam

Kunyit ini termasuk tumbuhan langka dan sulit ditemukan, namun banyak dicari orang. Kunyit hitam berkhasiat untuk mengobati penyakit kista dan bisa menjadi obat awet muda. Pada dasarnya umbinya memiliki bentuk dan daging yang sama seperti kunyit lainnya hanya saja warna dagingnya biru kehitaman atau ungu kehitaman. Karena bentuknya inilah kunyit ini sering dikaitkan dengan hal mistik.

Manfaat Kunyit untuk Kesehatan

Ada beberapa manfaat kunyit yang bermanfaat untuk tubuh, seperti berikut,

1.   Anti inflamasi (peradangan)

Dalam kunyit terdapat kandungan minyak volatile yang terbukti merangsang aktifitas anti inflamasi. Berdasarkan penelitian aktifitas yang terjadi lebih efektif daripada minyak atsiri. Hal ini dikarenakan pigmen kuning atau oranye pada kunyit yang disebut curcumin. Efek anti inflamasi pada kunyit setara dengan obat hydrocortisone dan fenilbutazon. Bedanya jika obat-obatan medis tersebut menimbulkan efek toksik yang signifikan, sedangkan curcumin tidak menghasilkan toksisitas.

2.   Meningkatkan antioksidan

Curcumin merupakan salah satu antioksidan yang dapat menetralkan radikal bebas. Selain itu curcumin juga dapat meningkatkan aktifitas antioksidan dalam tubuh secara alami.

3.   Manfaat kunyit sebagai pencegahan kanker

Antioksidan pada curcumin ini melindungi sel-sel usus besar dari radikal bebas yang dapat merusak DNA. Memang pada usus besar pergantian sel terjadi begitu cepat yaitu sekitar tiga hari sekali. Maka jika terjadi mutasi DNA pada sel usus besar, akan menumbuhkan sel kanker dengan begitu pesat. Fungsi curcumin adalah menghancurkan pertumbuhan sel-sel kanker sehingga tidak menyebar ke seluruh tubuh. Proses curcumin mengatasi pertumbuhan sel kanker adalah dengan meningkatkan fungsi hati. Curcumin juga melindungi tubuh dari perkembangan kanker dengan cara menghambat sintetis protein yang diyakini berperan dalam pembentukan tumor.