Dianggap Berbahaya, Simak Dulu Manfaat Kuning Telur Ini

Seperti yang kita tahu, telur terbagi menjadi dua bagian, yaitu putih telur atau egg whites dan kuning telur atau egg yolk. Bagian kuning telur ini kadang menjadi keraguan banyak orang yang hendak mengonsumsinya. Walaupun rasanya lebih enak, namun kuning telur sering dianggap lebih berbahaya dari putih telur. Eits, Anda salah! Simak saja dulu manfaat kuning telur di bawah ini.

manfaat-kuning-telur

khasiat kuning telur

Manfaat kuning telur bagi kesehatan

  1. Baik untuk Perkembangan Otak

Siapa yang menyangka bahwa bagian kuning pada telur ayam memiliki kandungan yang berperan penting untuk perkembangan otak. Kuning telur memiliki kandungan chlorine, suatu zat mineral yang dapat melancarkan perkembangan otak menjadi lebih baik. Kuning telur juga mengandung AA dan DHA yang sangat penting untuk meningkatkan fungsi otak manusia. Kuning telur sangat penting sebagai asupan nutrisi untuk menjaga keseimbangan otak dan fungsi saraf. Maka dari itu, kuning telur sangat penting bagi anak-anak yang sedang dalam masa pertumbuhan dan perkembangan. Selain itu, kuning telur juga disarankan untuk ibu hamil agar perkembangan otak janin menjadi lebih baik.

  1. Melengkapi Kebutuhan Gizi

Manfaat kuning telur berikutnya yaitu untuk melengkapi kebutuhan gizi. Kuning telur adalah salah satu sumber penting untuk memenuhi kebutuhan gizi harian. Kuning telur memiliki berbagai kandungan mineral dan vitamin yang sangat baik untuk tubuh. Salah satu kandungan yang dimilikinya adalah vitamin B kompleks, bahkan kuning telur adalah salah satu jenis makanan yang paling banyak memiliki kandungan ini. Selain itu, ada juga kandungan protein yang sangat penting untuk kelancaran sistem tubuh.

  1. Meningkatkan Kolesterol Baik (HDL)

Sebagian besar dari Anda mungkin mengganggap kuning telur adalah bagian yang berbahaya dari telur karena memiliki kandungan kolesterol yang tinggi. Namun sebenarnya, kuning telur tidak seberbahaya itu, kok. Satu butir telur hanya mengandung sekitar 180 hingga 190 mg kolesterol. Sementara kebutuhan maksimal kolesterol manusia per harinya adalah 300 mg, sehingga kuning telur tidak serta merta menjadi berbahaya untuk tubuh, bukan? Kandungan kolesterol pada kuning telur bahkan dapat meningkatkan kadar kolesterol baik atau HDL dalam darah. Jika Anda memiliki kadar kolesterol baik yang tinggi, Anda dapat menghindari berbagai penyakit seperti stroke, penyakit jantung, atau gangguan kesehatan lainnya.

  1. Menjaga Kesehatan Jantung

Nah, manfaat kuning telur yang satu ini mungkin berbeda sama sekali dari anggapan banyak orang yang selama ini mengira bahwa kuning telur adalah makanan yang berbahaya karena dapat meningkatkan kolesterol dalam darah. Memang betul telur dapat meningkatkan kolesterol dalam darah, namun pada kolesterol baik alias HDL yang sama sekali tidak berbahaya bagi tubuh. Seperti yang sudah dijelaskan tadi, kuning telur mengandung kolesterol yang dapat meningkatkan HDL sehingga aman untuk Anda yang sedang mengalami masalah jantung atau yang sedang berusaha menangkal penyakit jantung. Manfaat yang satu ini berkat kandungan kolin yang tinggi pada kuning telur. Sebuah penelitian di Connecticut, Amerika Serikat bahkan menunjukkan bahwa mengonsumsi 3 hingga 4 butir telur tiap harinya tidak menyebabkan perubahan pada kadar kolesterol dalam darah. Masih takut?

  1. Menjaga Kesehatan Mata, Gigi dan Tulang

Selain jantung, manfaat kuning telur juga dapat menjaga kesehatan berbagai organ dan struktur tubuh ini. Kuning telur memiliki kandungan vitamin A, vitamin D, vitamin E dan vitamin K yang masing-masing dapat menjaga kesehatan mata, gigi dan tulang. Selain itu, kuning telur juga mengandung vitamin B12 atau vitamin B kompleks yang sangat baik untuk kesehatan gigi dan tulang. Maka dari itu, penting untuk mengonsumsi kuning telur agar mendapatkan gigi dan tulang yang sehat serta mata yang sehat untuk tabungan di masa depan.

Setelah menyimak beberapa manfaat kuning telur di atas, Anda terbukti salah bukan? Jadi, jangan takut lagi saat hendak memakan kuning telur, ya! Ingat saja seluruh manfaat di atas tadi.