Manfaat Kumis Kucing sebagai Tanaman Apotek Hidup

Tanaman obat yang diberi nama kumis kucing ini memang mirip dengan kumis pada kucing yang tipis, panjang dan bewarna putih. Di balik nama uniknya, tanaman obat ini memang memiliki banyak manfaat terutama sebagai tanaman apotik hidup. Ingin tahu apa saja manfaat kumis kucing ini?

manfaat-kumis-kucing

tanaman kumis kucing

Beberapa manfaat kumis kucing bagi kesehatan

  1. Mengatasi Batu Ginjal

Salah satu khasiat dari kumis kucing yang sudah banyak diketahui adalah mengobati batu ginjal. Kumis kucing dapat membantu Anda memecah batu ginjal yang ada pada tubuh dan melarutkannya melalui urin. Jadi, kumis kucing sangat cocok untuk dikonsumsi bagi Anda yang penderita batu ginjal. Cara untuk memanfaatkan kumis kucing dalam mengatasi batu ginjal adalah siapkan 20 lembar daun kumis kucing yang sudah dicuci dengan air bersih serta sekitar 5 lembar daun keji beling yang juga sudah dicuci bersih. Rebus kedua bahan tersebut dalam 2 gelas air hingga airnya mendidih. Kemudian, bagi menjadi dua air rebusan tersebut untuk diminum selama 2 kali dalam sehari.

  1. Melancarkan Saluran Air Kemih

Jika Anda tidak memiliki penyakit batu ginjal, bukan berarti tanaman kumis kucing di pekarangan rumah Anda tidak bisa dimanfaatkan. Manfaat kumis kucing dapat Anda gunakan sebagai pelancar saluran air kemih sehingga dapat menjadi penangkal penyakit batu ginjal atau kencing batu. Untuk memanfaatkannya sebagai pelancar saluran air kemih, siapkan akar alang-alang serta meniran masing-masing dalam jumlah 30 gram. Rebus ketiga bahan tersebut dalam tiga gelas air. Setelah itu, biarkan hingga air rebusan menyusut hingga setengahnya. Ambil air rebusannya, bagi menjadi tiga bagian, lalu minum masing-masing selama tiga kali dalam sehari.

  1. Mengatasi Keputihan

Nah, manfaat kumis kucing yang satu ini sangat cocok untuk Anda yang wanita. Keputihan sebenarnya adalah hal normal yang biasa terjadi pada setiap wanita, namun pada beberapa wanita, keputihan bisa jadi malapetaka karena berbau, berlendir berlebihan atau bewarna aneh. Nah, untuk menghindari keputihan berlebihan atau keputihan yang tidak normal, Anda para wanita bisa memanfaatkan kumis kucing sebagai salah satu perawatan alami. Anda akan memerlukan daun kumis kucing serta daun beluntas. Caranya, siapkan sejumput daun kumis kucing dan beluntas, lalu rebus kedua bahan bersama 1 sdt teh jintan hitam dan 10 biji kemukus. Rebus semua bahan tersebut hingga mendidih. Setelah itu, ambil air rebusannya dan minum secara rutin sekali dalam sehari.

  1. Mengatasi Diabetes

Salah satu penyakit serius yang dapat diatasi dengan kumis kucing selain batu ginjal adalah diabetes. Mengapa? Kumis kucing dapat membantu Anda menurunkan kadar gula dalam darah, sehingga dapat mengatasi penyakit diabetes. Cara ini bisa Anda coba sebagai cara pengobatan alternatif yang alami dan sehat. Nah, Anda akan membutuhkan 15 lembar daun kumis kucing yang sudah dibersihkan dengan air bersih mengalir. Rebus daun kumis kucing dengan 2 gelas air putih dan biarkan hingga mendidih dan airnya menyusut hingga setengahnya. Setelah itu, tunggu air rebusan hingga sama seperti suhu ruangan, lalu minum. Lakukan cara ini secara rutin sekali dalam sehari.

  1. Mengobati Masuk Angin

Tidak hanya penyakit yang serius saja, namun manfaat kumis kucing juga dapat membantu Anda dalam hal-hal sederhana seperti mengobati masuk angin. Cara ini bisa dengan mudah Anda aplikasikan jika ada anggota keluarga yang sakit dan membutuhkan pengobatan secara alami. Caranya mudah saja, rebus sejumput daun kumis kucing atau secukupnya dengan 1 gelas air. Tunggu hingga mendidih dan air menyusut hingga tersisa setengahnya saja. Biarkan hingga air rebusan sama dengan suhu ruangan, lalu diminumkan pada penderita masuk angin.

Nah, bagaimana dengan manfaat kumis kucing di atas? Kumis kucing dapat sangat bermanfaat untuk menjaga atau mengobati kesehatan anggota keluarga di rumah. Yuk menanam kumis kucing di rumah!