Manfaat Kulit Manggis Untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat kulit manggis bagi kesehatan tubuh sudah tidak diragukan lagi. Selain buahnya yang rasanya enak, manggis juga menyimpan banyak manfaat untuk kesehatan terutama bagian kulitnya. Tak heran jika kini banyak produk herbal yang memanfaatkan kulit manggis sebagai cairan yang menyehatkan tubuh. Sebelum membahas manfaat kulit manggis, ada baiknya terlebih dahulu Anda mengetahui kandungan yang ada pada kulit manggis.

Kandungan Kulit Manggis

Kulit manggis memiliki kandungan gizi yang berguna bagi kesehatan, di antaranya adalah xamthone, vitamin C, vitamin B kompleks, serta rendah kalori.

  1. Xanthone

Senyawa aktif dalam kulit manggis adalah xamthone. Senyawa ini jarang ditemui dalam buah-buahan lainnya. Sekitar 40 jenis xamthone terdapat pada kulit manggis dan sangat berguna untuk anti inflamasi dan anti alergi.

  1. Vitamin C

Buah manggis juga mengandung banyak vitamin C, yaitu sekitar 12% kebutuhan tubuh akan vitamin C dalam setiap 100 gram buahnya. Vitamin C ini sangat berguna bagi kesehatan, di antaranya sebagai antioksidan, meningkatkan daya tahan tubuh, mengobati infeksi, bahkan mencegah kanker.

  1. Vitamin B kompleks

Vitamin B kompleks yang terkandung dalam buah manggis di antaranya folat, thiamin, dan niacin. Senyawa ini berguna untuk proses metabolisme protein, karbohidrat, dan lemak.

manfaat-kulit-manggis

kulit manggis

Berbagai Manfaat Kulit Manggis

Beberapa manfaat kulit manggis bagi kesehatan tubuh di antaranya sebagai berikut.

  1. Mencegah kanker

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, kandungan vitamin C dalam buah manggis sangat tinggi sehingga berguna sebagai antioksidan dan dapat mencegah kanker. Peranan zat xanthone juga sangat penting untuk mencegah pertumbuhan dan menghancurkan sel kanker. Zat ini memiliki sifat anti proliferasi danapoptosis yang efektif dalam melawan penyakit kanker.

  1. Mencegah penuaan dini

Manfaat lain dari kulit buah manggis adalah meremajakan kulit dan mencegah penuaan dini. Kandungan antioksidannya yang tinggi mampu membantu sel kulit mati untuk melakukan regenerasi sehingga kulit tetap kencang dan bersinar.

  1. Menurunkan diabetes

Kulit manggis mampu menurunkan kadar gula dalam air seni sehingga mampu menurunkan diabetes. Dengan demikian, tubuh pun akan terhindar dari penyakit kronis lain seperti jantung dan stroke.

Baca:Cara Mengobati Diabetes Dengan Aman

  1. Mengatasi gangguan haid

Manfaat kulit manggis lain bagi wanita adalah untuk melancarkan haid dan mengatasi gangguan yang biasanya dialami saat sedang menstruasi. Kulit manggis ini sangat berguna dalam mengatasi telat datang bulan dan mengurangi rasa sakit saat haid.

Baca juga Cara Melancarkan Haid Secara Alami dan Tradisonal

  1. Mengatasi diare

Kulit manggis sangat baik bagi pencernaan. Karena itu, kandungan dalam kulit manggis dapat menghilangkan bakteri yang menyebabkan diare. Selain itu, untuk masalah pencernaan, kulit manggis juga mampu mencegah radang usus besar, melancarkan buang air besar, menurunkan penyakit asam lambung, mencegah sindrom kelainan usus besar, serta mencegah radang usus kecil.

  1. Menyehatkan jantung

Manfaat lain dari kulit manggis juga dapat menyehatkan jantung. Untuk kesehatan jantung, kulit manggis mampu menurunkan LDL atau kolesterol jahat dalam tubuh, menguatkan dan melancarkan pembuluh darah, menurunkan tekanan darah tinggi, dan mencegah penyakit jantung koroner.

  1. Mengobati berbagai penyakit

Manfaat kulit manggis yang terakhir adalah untuk mengobati berbagai macam penyakit, seperti mengobati sariawan, mencegah penyakit gusi, mengurangi sakit gigi, mengatasi sesak napas, meredakan sakit tenggorokan, menurunkan demam, mengobati disentri, mengobati keracunan makanan, meredakan insomnia, membantu menyembuhkan luka, meringankan penyakit wasir, mencegah infeksi pada sistem pernapasan, dan masih banyak lagi khasiat buah manggis dan kulitnya bagi kesehatan.