Manfaat Kol atau Kubis Bagi Kesehatan Tubuh

Kol atau kubis merupakan salah satu jenis sayuran yang memiliki banyak kandungan baik, yaitu vitamin A, vitamin B kompleks, kalium, zat besi, ripoflavin, asam folat, dan masih banyak lagi. Dari segala kandungan bermanfaat tersebut, apa saja ya manfaat kol atau kubis ini?

manfaat-kol-untuk-tubuh

kol atau kubis

6 Manfaat kol untuk kesehatan

  1. Membantu Produksi Sel Darah Merah

Sayuran berbentuk bulat dan berlapis-lapis ini memiliki kandungan zat besi yang cukup tinggi. Zat besi dapat menjadi salah satu komponen penting dalam pembentukan sel darah merah tubuh yang lebih produktif lagi. Jadi, dengan mengonsumsi kol, Anda dapat memiliki jumlah sel darah merah yang lebih tinggi sehingga dapat terhindar dari anemia. Jika Anda sedang menjalani pengobatan untuk anemia dengan kol, sebaiknya konsumsi juga jus jeruk karena kandungan dalam jeruk dapat mengoptimalkan penyerapan zat besi dari kol bagi tubuh.

  1. Mencegah Kanker

Selain kol, ternyata jenis sayuran kubis-kubisan secara keseluruhan memiliki kandungan zat yang dapat melawan sel kanker yang ada di dalam tubuh. Zat yang terdapat di dalam kol tersebut dapat merangsang produksi enzim tertentu agar menghambat pertumbuhan tumor. Hal ini sesuai dengan sebuah penelitian yang dilakukan di Cina. Penelitian tersebut menunjukkan bahwa wanita yang mengonsumsi sejumlah sayuran (termasuk di dalamnya kol dan brokoli) secara rutin mendapatkan resiko terkena gejala kanker payudara yang lebih rendah.

  1. Kandungan Vitamin C yang Tinggi

Mungkin Anda bisa menyebutkan beberapa buah yang memiliki kandungan vitamin C yang tinggi, namun ternyata, kol juga memilikinya, lho! Beberapa manfaat kol bersumber dari kandungan vitamin C-nya yang tinggi. Beberapa manfaat yang didapat dari vitamin C tersebut adalah dapat mengeluarkan racun atau membantu proses detoksifikasi tubuh secara alami. Maka dari itu, kol dapat menghindarkan tubuh Anda dari penyakit kulit, asam urat, rematik atau arthritis dari racun yang telah dikeluarkan dari dalam tubuh tadi. Selain itu, vitamin C pada kol juga dapat merangsang sistem imunitas tubuh agar bisa menjadi lebih kuat. Jangan lupa, vitamin C juga akan sangat berperan baik bagi kesehatan dan kecantikan kulit Anda.

  1. Menurunkan Berat Badan

Ladies, cabbage is a friend! Kol ternyata termasuk sebagai salah satu jenis sayuran paling dianjurkan bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan dengan alami dan sehat. Kenapa? Kol memiliki banyak kandungan mineral, vitamin, serta zat gizi lain sehingga manfaat kol sangat baik bagi tubuh. Selain itu, kol ternyata mengandung jumlah serat yang cukup tinggi sehingga cocok untuk Anda yang sedang diet. Oh iya, kol juga merupakan jenis sayuran yang rendah kalori sehingga tidak akan menambah berat badan Anda.

  1. Menyehatkan Otak

Mungkin Anda sedikit bingung apa hubungannya kol dengan otak, namun ternyata ada! Seperti singkong, kol juga memiliki kandungan vitamin K serta antosianin yang sangat tinggi, sehingga manfaat kol dapat membantu Anda dalam menjaga konsentrasi otak serta kesehatan mental. Selain itu, kedua kandungan ini dapat menghambat kerusakan pada saraf. Hal ini membuat kol menjadi salah satu penangkal alami bagi penyakit Alzheimer dan demensia. Jika Anda ingin mempertahankan kesehatan otak Anda, yuk mulai mengonsumsi kol!

  1. Anti Inflamasi

Kol ternyata bersifat anti inflamasi atau anti peradangan. Hal ini didapatkan dari kol sebagai sumber utama glutamin. Kandungan glutamin ini merupakan agen anti inflamasi atau anti peradangan yang kuat. Jadi, dengan mengonsumsi kol secara rutin, Anda bisa mengobati maupun mencegah peradangan pada tubuh Anda, seperti alergi, iritasi, gangguan kulit lainnya, nyeri sendi, atau demam.

Wah, ternyata manfaat kol atau kubis ini sangat melimpah, ya! Jadi, tunggu apa lagi? Ayo habiskan kol yang ada di piring Anda itu!