Manfaat Kentang untuk Kulit dan Menyehatkan Tubuh

Kentang bukan hanya enak ketika digoreng atau sebagai bahan membuat sup dan makanan lainnya, tapi manfaat kentang untuk mempercantik kulit dan menyehatkan tubuh juga tidak diragukan lagi. Kentang memang dikenal sebagai bahan makanan yang bernutrisi dan juga kaya akan vitamin C selain kandungan karbohidratnya yang tinggi. Mungkin kentang selama ini hanya dianggap sebagai bahan makanan yang hanya dapat memenuhi kebutuhan karbohidrat, tapi pada kenyataannya, kulit bisa cantik dan tubuh bisa sehat karena sebuah kentang.

manfaat-kentang-bagi-kesehatan

khasiat kentang

Manfaat Kentang untuk Kecantikan Kulit Sempurna

  • Mencerahkan kulit bisa tanpa produk yang berbahan kimia; dengan kentang, kulit akan cerah secara alami dan sehat. Buatlah masker wajah dari kentang mentah yang sudah diparut, aplikasikan ke wajah dan tunggulah sekitar setengah jam sebelum mencuci wajah. Tidak hanya membersihkan wajah, kulit akan menjadi lebih lembut dan bercahaya.
  • Kulit yang sering terbakar matahari juga bisa dirawat dengan kentang; hanya dengan menaruh atau menempelkan irisan kentang dingin di bagian kulit yang terbakar, sensasi dari solusi yang adem ini akan terasa.
  • Punya bintik hitam yang mengganggu? Manfaat kentang untuk wajah memang harus dialami dan dirasakan sendiri. Blender kentang yang sudah dikupas dan diiris, adonan tersebut kemudian bisa dioleskan ke wajah secara merata dan jangan lupa untuk memijat-mijatnya. Tunggu sekitar lima menit sebelum dibersihkan dengan air bersih.
  • Kerutan pada wajah memang jadi hal yang mengkhawatirkan bagi para wanita karena merupakan tanda penuaan dini, tapi dengan manfaat kentang yang luar biasa semuanya akan baik-baik saja. Gunakan sari kentang untuk menghaluskan wajah dan mencegah kerutan-kerutan itu timbul; selain itu, sari kentang juga bisa membuat kulit semakin sehat dan bersinar.
  • Lingkaran hitam di bawah mata memang juga mengganggu penampilan, dan oleh karena itu, menggunakan kentang untuk menghilangkan lingkaran hitam tersebut perlu dicoba. Cobalah untuk mengupas dan memotong kentang mentah menjadi bagian-bagian besar dan taruh di sebuah kain bersih, pejamkan kedua mata dan tempelkan di atas mata sekitar dua puluh menit saja sebelum akhirnya dibilas dengan air hangat. Melakukan perawatan ini dengan teratur setiap hari pasti ampuh menghilangkan mata panda. Jika ingin mencoba cara lain, sari kentang juga bisa dioleskan ke bawah mata dengan bola kapas untuk memudarkan sedikit demi sedikit lingkaran hitam tersebut.
  • Sebagai pengangkat sel-sel kulit mati, kentang juga sangat bisa diandalkan. Manfaat kentang bagi kecantikan kulit satu ini bisa didapatkan ketika kentang yang sudah dikupas dan diparut diratakan ke wajah. Tunggulah kurang lebih selama sepuluh menit dan ketika sudah selesai, gunakan air bersih untuk mencuci wajah. Melakukan perawatan kulit seperti ini dengan rutin tentu peremajaan kulit seperti yang diharapkan bisa terjadi.

Keuntungan Kentang untuk Tubuh yang Sehat

  • Tubuh selalu membutuhkan serat supaya tidak mengalami konstipasi; salah satu manfaat kentang adalah memenuhi kebutuhan serat yang diperlukan oleh tubuh karena memang kentang kaya akan serat. Keuntungan lain adalah sistem pencernaan menjadi lancar; itulah mengapa mengonsumsi kentang sesering mungkin baik bagi kesehatan.
  • Untuk metabolisme tubuh, kentang juga baik untuk dikonsumsi. Ada vitamin B6 yang terkandung di dalam kentang sehingga manfaat kentang salah satunya berperan penting dalam memecah protein dan karbohidrat menjadi asam amino dan glukosa untuk metabolisme energi.
  • Peradangan juga sering terjadi dan dialami oleh beberapa orang, dan dengan kolin yang terkandung di dalam kentang, nutrisi penting ini bisa membantu dalam banyak hal, seperti tidur, pergerakan otot, mengingat serta belajar. Inflamasi kronis pun bisa dikurangi oleh kolin; penyerapan lemak, transmisi impuls saraf, dan pertahanan struktur membrane sel juga bisa diatasi dengan kolin ini.
  • Membuat tekanan darah dalam keadaan normal juga merupakan manfaat kentang bagi kesehatan yang lain. Untuk menurunkan tekanan darah, asupan natrium yang rendah sebaiknya dipertahankan tapi juga diimbangi dengan asupan kalium yang ditingkatkan. Kandungan nutrisi pada kentang tidak sesederhana itu, masih ada magnesium, kalsium dan juga kalium yang menurut penelitian sangat berhasil untuk membantu mengurangi tekanan darah.
  • Kesehatan jantung juga bisa dijaga dengan mengonsumsi kentang yang mengandung vitamin B-6, vitamin C, kalium, dan serat serta ditambah dengan kurangnya kolesterol tentu akan sangat menyehatkan jantung. Selain serat yang bisa melancarkan pencernaan, kandungan ini juga berguna untuk membantu menurunkan jumlah total kolesterol dalam darah yang secara otomatis mencegah penyakit jantung juga. Penumpukan senyawa yang yang sering disebut dengan istilah homosistein bisa menyebabkan masalah jantung itu muncul dan bahkan pembuluh darah bisa rusak; tenang saja karena semua ini bisa dicegah dengan kandungan vitamin B-6 dalam kentang.

Untuk penggunaan yang tepat, pastikan kentang sudah dicuci bersih sebelum dipakai atau dimasak. Setelah melirik beberapa manfaat kentang di atas, ini saatnya untuk memutuskan mengonsumsi bahan makanan penting tersebut.