Inilah Manfaat Kangkung Bagi Kesehatan Tubuh

Kangkung adalah salah satu sayuran yang mungkin sering kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari. Sering kali kita mengganggap sayur yang satu ini sepele padahal kangkung punya manfaat yang besar untuk tubuh kita yang mungkin kita sering tidak tahu sampai sekarang ini. Berikut akan dijelaskan berbagai manfaat kangkung yang sering kali kita tidak tahu agar kita lebih menghargai sayur hijau yang satu ini dan memberikannya pada anak-anak kita. Berikut adalah 4 manfaat kesehatan dari kangkung, yang didukung oleh ilmu pengetahuan.

manfaat-kangkung-untuk-tubuh

kangkung

Khasiat dan manfaat kangkung

  1. Kangkung Adalah Sayuran Hijau Yang Punya Banyak Manfaat

Sebelum kita sampai ke semua manfaat kangkung, biarkan saya menjelaskan secara singkat apa itu  kangkung adalah Kangkung merupakan sayuran yang populer, anggota keluarga kubis (Brassica oleracea). Hal ini terkait dengan sayuran seperti kubis, brokoli, kembang kol, collard hijau dan kubis Brussel. Ada berbagai jenis kangkung. Daun dapat menjadi hijau atau ungu dalam warna, dan memiliki sebuah bentuk halus atau keriting. Jenis yang paling umum dari kangkung disebut kale.

  1. Kangkung Adalah Sayuran Dengan Kandungan Antioksidan Seperti Quercetin Dan Kaempferol

Manfaat Kangkung, seperti sayuran hijau lainnya, sangat tinggi antioksidan. Ini termasuk beta-karoten, vitamin C, serta berbagai flavonoid dan polifenol. Antioksidan adalah zat yang membantu melawan kerusakan oksidatif oleh radikal bebas dalam tubuh. Kerusakan oksidatif diyakini menjadi salah satu pendorong utama penuaan dan banyak penyakit, termasuk kanker. Tetapi banyak zat yang kebetulan antioksidan juga memiliki fungsi penting lainnya. Ini termasuk flavonoid quercetin dan kaempferol, yang ditemukan dalam jumlah yang relatif besar dalam kangkung. Zat-zat ini telah dipelajari secara intensif dalam tabung reaksi dan studi hewan. Mereka memiliki tekanan kardioprotektif, anti hipertensi , anti-inflamasi, anti-virus, anti-depresan dan efek anti-kanker.

  1. Kangkung Adalah Sumber Vitamin C

Vitamin C adalah nutrisi penting. Ini adalah antioksidan yang larut dalam air yang memiliki banyak fungsi vital dalam sel-sel tubuh. Sebagai contoh, perlu untuk mensintesis kolagen, protein struktural yang paling melimpah di dalam tubuh. Kangkung mengandung jauh lebih tinggi vitamin C daripada kebanyakan sayuran lainnya, mengandung sekitar 4,5 kali lebih bayam. Manfaat kangkung sebenarnya adalah sebagai sumber terbaik Vitamin C. Secangkir kangkung mentah bahkan mengandung lebih banyak vitamin C dari seluruh jeruk.

  1. Kangkung Sebagai Anti Kolesterol

Kolesterol memiliki banyak fungsi penting dalam tubuh. Salah satunya, yang digunakan untuk membuat asam empedu, yang merupakan zat yang membantu kita mencerna lemak. Limbah Hati ternyata merupakan kolesterol yang menjadi asam empedu, yang kemudian dilepaskan ke dalam sistem pencernaan setiap kali kita makan makanan berlemak.

Ketika semua lemak telah diserap dan asam empedu telah melayani tujuan mereka, mereka diserap ke dalam aliran darah dan digunakan lagi. Zat yang disebut sequestrants asam empedu yang diperoleh dari manfaat kangkung dapat mengikat asam empedu dalam sistem pencernaan dan mencegah mereka dari yang diserap. Hal ini akan mengurangi jumlah kolesterol dalam tubuh.

Coba tebak dimana manfaat kangkungnya ? kangkung sebenarnya mengandung sequestrants asam empedu, yang dapat menurunkan kadar kolesterol. Hal ini mengarah pada penurunan risiko penyakit jantung dari waktu ke waktu. Satu studi menemukan bahwa konsumsi harian jus kangkung selama 12 minggu meningkatkan  HDL (“baik”) kolesterol sebesar 27% dan menurunkan kadar LDL sebesar 10%, sementara juga meningkatkan status antioksidan.