Kandungan dan Manfaat Jengkol Bagi Kesehatan Tubuh

Siapa sih yang tidak tahu jengkol. Buah ini merupakan buah yang memiliki nama latin pithecollobium labatum dan terkenal dengan aroma yang khas. Banyak orang yang tidak menyukai makanan ini. Namun banyak juga yang begitu tergila-gila dengan makanan ini. Di indonesia makanan jengkol telah banyak diminati. Sehingga tidak heran jika jengkol telah dikreasikan menjadi berbagai bentuk dan macam makanan. Mulai dari balado jengkol yang melegenda, kerupuk hingga kripik setan berbahan jengkol. Banyak orang yang belum mengetahui kandungan jengkol. Kandungan jengkol tersebut dipercaya memiliki beberapa khasiat yang bisa dimanfaatkan sebagai beberapa solusi dari masalah kesehatan. Manfaat jengkol yang baik untuk kesehatan bisa anda ketahui saat ini juga.

manfaat-jengkol-bagi-tubuh

buah jengkol

Kandungan Jengkol

Manfaat jengkol diperoleh tubuh manusia dikarenakan jengkol memiliki nutrisi yang di butuhkan oleh tubuh. Dalam buah jengkol terdapat kandungan vitamin dan mineral. Vitamin yang terkandung dalam buah jengkol antara lain adalah vitamin A, vitamin B6, vitamin B1, vitamin B2,vitamin B12 dan vitamin C. Tidak hanya itu dalam jengkol terdapat senyawa kimia yang alami yang memberikan khasiat untuk kesehatan tubuh saat di konsumsi secara teratur. Selain nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh diatas, jengkol juga memiliki beberapa nutrisi yang penting juga bagi kesehatan tubuh, antara lain zat besi, kalsium dan fosfor.

Manfaat Jengkol Untuk Tubuh

Bagi anda yang memiliki keluhan tidak terkontrolnya gula darah, jengkol bisa menjadi solusi terbaik anda. Manfaat jengkol ini dipercaya dapat mengontrol kadar gula dalam darah. Dengan mengkonsumsi jengkol fruktosa yang terdapat pada aliran darah dalam tubuh dapat terurai dengan baik. Dengan demikian di dalam tubuh anda tidak akan terjadi penimbunan gula yang berlebih. Gula yang ada dalam tubuh anda juga akan di alokasikan untuk melakukan metabolisme dan kegiatan sehari-hari. Selain itu jengkol juga mengandung gula yang bisa di manfaatkan tubuh untuk menambah tenaga. Kelebihan jengkol lainnya adalah gula yang terkandung dalam jengkol mudah di rubah menjadi energi oleh tubuh.

Baca juga : Cara Menurunkan Gula Darah Dengan Aman dan Alami

Disisi lain manfaat jengkol juga baik untuk mengatasi jenis penyakit jantung coroner. Penyempitan pembuluh darah yang terjadi mengakibatkan aliran darah menuju jantung menjadi tidak lancar. Kandungan mineral pada jengkol berkhasiat untuk penyakit tersebut. Jengkol yang di olah dengan tingkat kematangan sedang / tidak overcook, kandungan mineralnya akan mencegah terjadinya penyempitan pembuluh darah. Dengan demikian aliran darah menuju jantung menuju jantung menjadi lebih lancar. Selain itu resiko kematian pun juga semakin teratasi.

Selain mengatasi diabetes dan jantung coroner, jengkol ini juga memberikan manfaat bagi ibu hamil. Salah satu kandungan jengkol yang bermanfaat bagi ibu hamil adalah kalsium. Dimana kalsium ini bermanfaat untuk pertumbuhan tulang dan gigi. Oleh karena manfaat jengkol pada ibu hamil adalah kalsium yang terkandung dalam jengkol akan membantu pertumbuhan tulang dan gigi sang janin selama dalam masa kandungan. Dengan demikian kebutuhan kalsium yang diperlukan oleh ibu hamil akan terpenuhi.

Jengkol masih memiliki kelebihan yang bisa dimanfaatkan oleh ibu hamil. Manfaat jengkol selanjutnya adalah melancarkan sembelit. Dimana sembelit ini memang umum diderita oleh ibu hamil. Manfaat jengkol dapat mengatasi sembelit dikarenakan jengkol banyak mengandung serat. Selain mengkonsumsi sayur dan buah-buahan, jengkol ini bisa menjadi alternative bagi ibu hamil untuk mencegah  terjadinya sembelit.itulah beberapa manfaat dari buah jengkol yang bisa anda jadikan referensi pengetahuan kesehatan anda. Semoga bermanfaat.