5 Manfaat Jamur yang Luar Biasa untuk Kesehatan

Anda suka jamur? Jamur merupakan suatu jenis makanan yang termasuk dalam bangsa tumbuhan fungi. Jamur memiliki jenisnya masing-masing, baik itu shitake, tiram, kancing, dan lain-lain. Rasa yang dihadirkan jamur pun berbeda-beda tergantung dari jenisnya. Walaupun terkesan sepele, jamur ternyata memiliki manfaat yang luar biasa, lho! Ingin tahu apa saja manfaat jamur?

manfaat-jamur-untuk-kesehatan

khasiat jamur

Manfaat jamur untuk kesehatan

  1. Sumber Vitamin D

Bagi Anda yang ingin menyehatkan tulang dan sendi Anda, atau ingin mencegah terjadinya berbagai gangguan pada tulang dan sendi seperti osteoporosis atau arthritis, Anda bisa mulai rajin mengonsumsi jamur dari sekarang. Sama halnya seperti tubuh manusia, jamur dapat memproduksi vitamin D ketika jamur terkena sinar matahari. Maka dari itu, jamur merupakan salah satu sumber vitamin D yang jika dikonsumsi akan sangat baik untuk perkembangan tulang dan sendi yang baik. Bahkan jika Anda mengonsumsi ekstrak jaur kancing, Anda bisa mendapatkan nutrisi dari dua vitamin D sekaligus, yaitu vitamin D2 dan vitamin D3.

  1. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Ternyata, manfaat jamur juga dapat meningkatkan kekebalan tubuh Anda, lho! Jamur dapat merangsang kinerja imunitas tubuh Anda dengan cara meningkatkan jumlah protein serta antivirus di dalam tubuh Anda. Kedua zat ini dapat berfungsi sebagai pelindung sel tubuh Anda dari penyakit, sekaligus berfungsi untuk memperbaiki jaringan sel tubuh Anda yang rusak. Selain itu, jamur juga dapat meningkatkan kesehatan sel dendritik yang terdapat di dalam sumsum tulang Anda. Hal ini dapat membantu meningkatkan sistem imunitas tubuh Anda juga dari invasi mikroba.

  1. Sumber Antioksidan

Walaupun tidak terlihat sebagai penyimpan vitamin C atau kandungan lain yang bersifat anti oksidan, ternyata salah satu manfaat jamur adalah sebagai sumber anti oksidan. Jamur memiliki berbagai kandungan yang bersifat sebagai anti oksidan, salah satunya adalah selenium. Selenium merupakan sebuah kandungan zat anti oksidan yang mampu melindungi sel tubuh Anda dari gangguan seperti bakteri atau virus, sehingga tubuh Anda dapat terhindar dari berbagai penyakit berbahaya. Selain untuk menghindari penyakit, anti oksidan pada jamur dapat membuat Anda awet muda dan mengeluarkan racun atau radikal bebas yang berbahaya dari dalam tubuh.

  1. Mengontrol Berat Badan

Ladies, manfaat jamur yang satu ini sepertinya cocok untuk kalian. Terutama bagi Anda yang sedang mencoba menurunkan atau mengontrol berat badan Anda agar tetap ideal. Jamur dapat menjadi jawaban dari penantian panjang Anda, lho. Caranya adalah dengan mengganti daging di dalam menu makan harian Anda dengan jamur. Sebuah penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa mengonsumsi jamur dapat menghasilkan perbaikan dalam komposisi tubuh, yaitu seperti pengurangan lingkar pinggang serta penurunan berat badan. Jangan khawatir, jamur pun memiliki kandungan zat serta kandungan vitamin yang tak kalah baik dengan yang dimiliki daging.

  1. Melawan Penyakit Kanker

Walaupun terkesan kecil, jamur memiliki manfaat yang besar, salah satunya adalah melawan penyakit besar seperti kanker. Jamur merupakan salah satu jenis makanan yang dapat melawan penyakit kaner. Konsumsilah jamur secara teratur untuk menurunkan resiko dari kanker payudara. Jenis jamur shitake bahkan dipercaya dapat menghambat pertumbuhan tumor pada tubuh. Hal ini dikarenakan jamur memiliki kandungan beta-glucan yang bersifat anti kanker dan anti virus. Selain untuk melawan kanker, berkat kandungan beta-glucan ini, jamur dapat dimanfaatkan sebagai penangkal virus HIV, anti diabetes, dan dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Jamur sebagai penangkal virus HIV bahkan sudah diuji kebenarannya dari sebuah penelitian di Jepang.

Dari ulasan tentang manfaat jamur di atas, sudah tidak memandang jamur sebagai tumbuhan yang sepele lagi, kan? Yuk, makan jamur yang banyak!