Manfaat Jambu Biji Untuk Kesehatan

Manfaat kesehatan dari jambu biji termasuk pengobatan diare, disentri, sembelit, batuk, pilek, perawatan kulit, tekanan darah tinggi, penurunan berat badan dan penyakit kudis. Banyak dari Anda mungkin telah mencicipi buah lezat ini untuk mengobati, atau setidaknya telah melihat atau mendengar tentang hal itu. Jambu biji sangat umum di negara-negara Asia, tapi semakin tersedia di dunia barat, terutama karena lebih dari manfaat kesehatan yang terungkap. Buah berbentuk seperti buah pir dan agak bulat serta musiman, dan ada yang berwarna  hijau muda, kuning, atau merah marun yang merupakan warna di luar ketika sudah matang. Jambu biji juga memiliki daging putih atau merah marun dan banyak biji keras kecil diselimuti sangat lembut dan manis. Buah dapat dimakan mentah (matang atau setengah matang) atau dalam bentuk selai dan jeli.

manfaat-jambu-biji

Jambu biji

Buah ini populer adalah pembangkit tenaga dan gizi. Jika pepatah tradisional mengatakan bahwa “Sebuah apel sehari membuat dokter pergi” di Eropa dan Amerika, ungkapan ini mungkin berubah menjadi “Beberapa manfaat jambu biji membuat dokter pergi sepanjang tahun” di anak benua India dan tempat-tempat di mana jambu biji biasanya tumbuh. Nama ilmiahnya adalah Psidium Guajava. Apa yang membuat jambu khusus adalah bahwa melindungi buah tidak memerlukan penggunaan berlebihan pestisida kimia seperti dalam kasus anggur, apel, dan apa yang disebut “eksotis” buah-buahan lainnya. Ini adalah salah satu yang paling diolah secara kimia dan disemprot buah-buahan.

Manfaat Jambu Biji Bagi Kesehatan

Beberapa manfaat jambu biji kesehatan mengejutkan dan brilian tercantum di bawah ini. Jambu biji sangat membantu bagi mereka yang ingin menurunkan berat badan tanpa mengorbankan asupan protein, vitamin dan serat. Jambu biji sangat tinggi serat dan kaya akan vitamin, protein dan mineral, tetapi tidak memiliki kolesterol dan sejumlah kandungan rendah karbohidrat untuk dicerna. Ini adalah adalah makanan ringan yang sangat mengisi dan memuaskan nafsu makan dengan cepat. Jambu biji, jambu biji terutama mentah, juga memiliki jauh lebih sedikit gula dibandingkan dengan apel, jeruk, anggur, dan buah lainnya. Menambahkan jambu untuk makan siang Anda dan Anda tidak akan merasa lapar lagi sampai malam.

Dalam manfaat jambu biji yang terkait dengan tekanan darah yang disebutkan di atas, asupan jambu biji juga dapat membantu pasien yang menderita diabetes. Tingginya serat makanan dalam jambu biji membantu untuk mengatur penyerapan gula oleh tubuh, yang menurunkan kemungkinan tetes insulin dan glukosa dalam tubuh. Penelitian telah menunjukkan bahwa mengkonsumsi jambu biji dapat membantu mencegah munculnya diabetes tipe-2.

Khasiat Jambu

Jambu merupakan sumber yang sangat baik dari vitamin A, yang dikenal sebagai booster untuk kesehatan penglihatan. Hal ini dapat membantu memperlambat munculnya katarak, degenerasi makula, dan kesehatan umum mata. Hal ini tidak hanya dapat mencegah degradasi penglihatan, tetapi bahkan peningkatan penglihatan secara signifikan. Sungguh bermanfaat jambu biji ini.

Salah satu manfaat jambu biji yang paling terkenal dan penting menambahkan jambu untuk diet Anda adalah kemampuannya untuk menghambat pertumbuhan dan metastasis sel kanker. Ada banyak penelitian yang dilakukan dalam beberapa tahun terakhir tentang efek jambu itu terutama pada kanker prostat, kanker payudara, dan kanker mulut. Minyak daun jambu biji sangat sukses sebagai zat anti-proliferasi, dan sebenarnya telah terbukti lebih efektif daripada obat-obatan modern yang terkemuka dalam mengurangi pertumbuhan kanker.