Manfaat Jahe, Tanaman Rimpang yang Terkenal

Tanaman herbal memang banyak, tapi kalau jahe pasti banyak orang sudah mengenalnya dan bahkan mengetahui manfaat jahe yang biasanya bisa menghangatkan tubuh ketika dibuat sebagai minuman penghangat. Jahe tidak hanya memiliki manfaat seperti itu, tapi lebih luas dan lebih banyak keuntungan yang diberikan ketika mengonsumsi rempah satu ini. Banyak produsen obat-obatan yang mengklaim bahwa jahe adalah salah satu bahan yang ada di dalam obat-obatan yang mereka tawarkan; sebaik apakah jahe untuk kesehatan kita?

khasiat-dan-manfaat-jahe

khasiat jahe

Tips dan Manfaat Jahe untuk Kulit

  • Kulit kepala bermasalah karena terus memroduksi ketombe sehingga percaya diri agak sedikit menurun? Pastikan bahwa sari jahe adalah solusi yang dipilih saat ini. Anda bisa menggunakannya sebagai bahan pencuci rambut tanpa harus mengkhawatirkan soal efek samping. Cara ini sangat natural dan ketombe tentu akan berkurang. Kabar baiknya adalah tidak hanya masalah ketombe yang akan diatasi di sini, tapi juga masalah rambut rontok. Ekstrak jahe juga sangat ampuh untuk pencegahan rambut rontok.
  • Lalu apa manfaat jahe untuk kulit wajah? Bagi yang bermasalah dengan kulit wajah terlalu berminyak, atasi dengan cara alami, seperti menggunakan jahe, pala bubuk, bubuk kayu manis, garam laut, dan jahe parut yang bisa dicampur dan dihaluskan dengan menambah air sampai berbentuk pasta. Pasta bisa dioles ke bagian yang terlalu berminyak dan tunggulah sekitar sepuluh menit sebelum mencuci wajah dengan air dingin.

Jahe untuk Kesehatan Tubuh

  • Punya kolesterol tinggi memang cukup mengkhawatirkan apalagi kalau tidak segera diatasi, bisa-bisa penyakit-penyakit mematikan menghampiri Anda. Jahe bisa dikonsumsi karena efektivitasnya dalam mengurangi penyerapan kolesterol dalam hati dan darah. Penggumpalan darah yang juga bisa jadi risiko pun bisa dicegah oleh kandungan gingerol pada jahe yang ternyata mempunyai sifat antikoagulan.
  • Manfaat jahe untuk diet juga sudah terlalu populer dan bagi yang saat ini tengah berusaha menurunkan berat badan, jahe adalah bahan yang mengandung kalori sedikit dan membantu kalori dijadikan panas tubuh. Buatlah wedang jahe dan mengonsumsinya setiap hari sehingga tidak hanya berat badan turun, tapi kesehatan tetap terjaga dan metabolisme tubuh juga stabil, berbeda dari cara diet lain yang malah bisa membuat metabolisme tubuh menurun.
  • Ketika mendengar tentang sel kanker, hal ini memang cukup mengerikan karena sulit untuk diperangi. Hanya saja, dengan kandungan nutrisi pada jahe, sel-sel kanker akan dicegah untuk berkembang lebih lanjut di dalam tubuh. Manfaat jahe satu ini memang yang paling dicari orang karena beragam jenis kanker bisa diperangi dengan ekstrak jahe, seperti yang diungkapkan beberapa studi dan penelitian, termasuk kanker usus dan kanker ovarium.
  • Penderita osteoarthritis dan arthritis juga bisa mengandalkan jahe, terutama ekstraknya karena COX bisa dihambat dengan kandungan jahe. Peradangan biasanya terjadi karena disebabkan oleh COX; sebelum tubuh dirugikan, gunakan jahe yang penuh khasiat untuk mengobatinya.
  • Bagi para wanita yang memiliki siklus menstruasi tidak teratur, ada manfaat jahe yang bisa membantu untuk menjaga siklus tersebut menjadi lebih teratur. Ketika datang bulan, memang para wanita akan sering merasa kram, hal ini bisa dikurangi dengan mengonsumsi teh yang sudah dicampur dengan jahe dan gula merah seperti yang banyak dikonsumsi banyak orang di negeri China.

Jahe dan Efek Sampingnya

Banyak yang bilang bahwa jahe itu aman dan alami untuk dikonsumsi sebagai obat beragam penyakit. Memang benar bahwa jahe sangat aman dikonsumsi oleh kebanyakan orang, tapi itu bukan berarti semua orang merasa jahe itu cocok bagi mereka. Ini dia beberapa informasi mengenai efek samping dari rempah populer ini.

  • Efek samping berbahaya bisa terjadi pada ibu-ibu yang tengah menyusui, memang belum terlalu diketahui seperti apa efek samping yang jelas, tapi untuk amannya, jahe tidak usah dikonsumsi selama menyusui.
  • Jika ditanya apa manfaat jahe untuk ibu hamil, hal ini sebenarnya masih sangat membingungkan karena kontroversi mengenai hormon seks janin yang bisa terpengaruh ketika mengonsumsi jahe telah banyak beredar. Ada beberapa laporan yang menyatakan bahwa beberapa ibu yang tengah hamil muda dan mengalami morning sickness kemudian memilih untuk mengatasinya dengan jahe, namun akhirnya malah keguguran janin. Hanya saja, ada penelitian lain yang menyatakan bahwa morning sickness bisa dengan aman diatasi dengan mengonsumsi jahe tanpa mengancam kondisi janin dan tidak akan memberi efek apapun pada sang jabang bayi.
  • Risiko pendarahan menjadi salah satu efek samping mengonsumsi jahe.
  • Jahe juga sebaiknya tidak dikonsumsi dalam dosis yang terlalu tinggi karena ketika memiliki kelainan kondisi jantung, hal ini bisa diperburuk karena konsumsi jahe.
  • Bagi penderita diabetes, konsumsi jahe juga perlu mendapat perhatian dokter karena gula darah dapat diturunkan dengan jahe; ini berarti bahwa jahe yang ingin dikonsumsi bisa disesuaikan dengan obat diabetes.

Manfaat jahe memang banyak dan pengobatan dengan bahan ini pun bisa dibilang sangat alami, hanya saja tidak semua orang akan cocok ketika mengonsumsinya, jadi akan lebih baik jika mengonsultasikannya lebih dulu ke dokter.