Manfaat Durian, Si Buah Berduri Nan Manis dan Lezat

Siapa yang tak suka durian? Buah yang keras di luar ini ternyata sangat lembut, manis, dan lezat di dalam! Buah ini memang mengeluarkan bau yang sedikit tak sedap sehingga beberapa orang menolak memakannya, namun di balik itu, durian ternyata menyimpan banyak khasiat! Apa saja manfaat durian ini?

manfaat-durian-untuk-tubuh

buah durian

Manfaat Durian untuk Tubuh

  1. Mencegah Sembelit

Durian memiliki kandungan serat sebanyak 37 persen. Hal ini memungkinkan durian untuk membantu Anda dalam melancarkan pencernaan. Nutrisi yang dimiliki buah ini dapat menyerap air serta menjadikan buang air besar menjadi lebih mudah dan lancar. Serat pada durian juga dapat meningkatkan ukuran serta massa tinja agar dapat menghindari sembelit.

  1. Mencegah Anemia

Anemia atau kekurangan sel darah merah dapat disebabkan oleh kurangnya zat besi dalam darah. Jika Anda adalah salah satu pengidap anemia, Anda harus berteman dengan buah durian. Karena, kandungan folat yang dimiliki durian dapat merangsang produksi sel darah merah pada tubuh sehingga dapat mengatasi serta mencegah anemia.

  1. Meningkatkan Kesehatan Kulit

Manfaat durian juga dapat meningkatkan kesehatan kulit. Walaupun kulit buah ini berduri, ternyata efeknya untuk kulit tubuh manusia sangat baik, lho! Durian mengandung vitamin C yang baik untuk meningkatkan produksi kolagen pada lapisan kulit. Kolagen ini sendiri adalah suatu zat yang berperan untuk membantu proses regenerasi sel kulit, sekaligus menjadikan kulit lebih segar dan lembut.

  1. Menjaga Kesehatan Tulang

Selain kulit, durian juga sangat bermanfaat untuk kesehatan tulang Anda. Hal ini berasal dari kandungan potassium yang dimiliki durian. Selain kalsium, potassium juga ternyata memiliki peran yang tak kalah penting dalam menjaga kesehatan tulang dan sendi Anda.

  1. Menjaga Gula Darah

Durian memang memiliki rasa yang manis, tapi juga memiliki manfaat durian sebagai penjaga kadar gula dalam darah. Hal ini dikarenakan kandungan mangan yang terdapat dalam durian yang dapat menjaga kadar gula dalam darah Anda agar tetap stabil dan terkendali.

  1. Menjaga Fungsi Kelenjar Thyroid

Anda mungkin mengenal beberapa penyakit yang terjadi pada kelenjar yang satu ini. Hipotiroid, hipertiroid, atau kanker tiroid adalah penyakit kelainan fungsi pada kelenjar thyroid. Tentunya Anda tidak ingin hal itu terjadi pada Anda, bukan? Nah, Anda bisa mencegahnya dengan durian, karena kandungan yodium serta tembaga pada durian dapat menjaga kesehatan dan fungsi kelenjar thyroid. Kandungan tembaga ini juga sekaligus mencukup kebutuhan tembaga harian pada tubuh.

  1. Mengenyangkan

Tidak terasa, tiba-tiba memakan buah durian dapat sangat mengenyangkan, lho! Tentu saja, karena kandungan vitamin B yang dimilikinya, durian dapat membuat tubuh Anda merasa kenyang lebih lama. Hal ini dapat berdampak baik bagi Anda yang sedang diet karena dapat mengontrol nafsu makan serta porsi makan Anda.

  1. Membantu Mengatasi Migrain

Migrain atau sakit kepala sebelah dapat Anda atasi dengan durian. Obat migrain yang sangat lezat dan manis, bukan? Kandungan vitamin B yang dimiliki durian dapat menjadi penawar rasa sakit yang muncul akibat migrain, sehingga Manfaat durian ini bisa Anda dapatkan dengan mengonsumsi durian untuk meredakan sakitnya.

  1. Mencegah Stress dan Depresi

Kedua hal tersebut menjadi sebuah penyakit psikologi yang mungkin rutin Anda alami tiap harinya. Namun jangan khawatir, daripada merasa stress dan depresi, makan durian saja! Mengonsumsi buah durian dapat membantu Anda dalam melepaskan stress dalam tubuh serta mengembalikan suasana hati baik Anda.

  1. Membantu Pembentukan Gigi dan Tulang

Kandungan fosfor yang ada pada durian berperan sangat penting dalam pembentukan gigi dan tulang. Selain kalsium, fosfor menjadi nutrisi pelengkap agar pembentukan gigi dan tulang berjalan baik.

Namun hati-hati, ada manfaat durian, ada juga bahayanya jika dikonsumsi berlebihan. Terutama bagi Anda pengidap hipertensi, penyakit jantung, atau gangguan ginjal, jangan mengonsumsi berlebihan, ya!