Manfaat Daun Sukun: Dari Anti Inflamasi Hingga Anti Diabetes

Sukun? Mungkin Anda masih kurang familiar dengan buah yang satu ini. Sukun biasanya diolah menjadi aneka jenis hidangan, salah satunya untuk digoreng tepung. Namun selain buahnya, tak banyak orang yang tahu bahwa daunnya ternyata memiliki khasiat yang banyak. Penasaran dengan manfaat daun sukun?

manfaat-daun-sukun-untuk-kesehatan

khasiat daun sukun

5 Manfaat daun sukun bagi kesehatan

  1. Menjaga Kesehatan Ginjal

Daun sukun ternyata dapat Anda manfaatkan sebagai penjaga kesehatan bagi ginjal Anda. Hal ini dikarenakan daun sukun memiliki kandungan kalium yang dapat membantu menguraikan endapan batu ginjal yang ada. Batu ginjal yang terurai kemudian akan dibawa keluar dari dalam tubuh melalui urin. Kabar yang baik bagi Anda yang menderita batu ginjal, bukan? untuk mendapatkan khasiat daun sukun ini caranya mudah, rebus daun sukun secukupnya dalam sejumlah air hingga mendidih. Setelah mendidih, minum air rebusannya sebanyak 1 cangkir saja tiap harinya untuk menjaga kesehatan ginjal Anda.

  1. Menjaga Kesehatan Jantung

Selain ginjal, Manfaat daun sukun juga dapat menjaga kesehatan organ jantung Anda. Daun sukun terutama yang bewarna kuning mengandung zat phenol serta quercetin. Kedua zat ini dapat membantu Anda untuk menurunkan tekanan darah sehingga sangat cocok untuk digunakan sebagai upaya menjaga kesehatan pembuluh darah dan juga menyehatkan jantung. Memanfaatkan daun sukun juga dapat mengurangi hipertensi sekaligus mencegah kerusakan pada sistem kardiovaskuler, jadi Anda dapat terhindar juga dari resiko penyakit jantung. Caranya, keringkan daun sukun tua yang sudah dicuci bersih sebelumnya, lalu rebus daun yang sudah kering dengan 5 gelas air putih, biarkan hingga mendidih dan air menyusut hingga separuhnya. Saring air rebusan daun sukun tersebut, dan langsung minum.

  1. Anti Inflamasi

Anti inflamasi maksudnya adalah anti peradangan. Ternyata salah satu manfaat daun sukun yang lain adalah mencegah peradangan alias anti inflamasi. Jika Anda ingin terhindar atau sedang ingin mengobati peradangan dalam tubuh, Anda bisa mengikuti cara berikut. Petik daun sukun tua yang masih berada di pohonnya, lalu cuci daun hingga bersih. Setelah itu, keringkan di bawah sinar matahari selama beberapa jam, lalu rebus menggunakan daun sukun yang sudah dikeringkan tersebut dengan 5 gelas air hingga mendidih dan air menyusut hingga separuhnya. Kemudian, saring air rebusan daun sukun tersebut, lalu minum hasil saringannya. Lakukan cara ini setiap hari selama 1 bulan hingga peradangan mereda.

  1. Mengatasi Asam Urat

Penyakit ini biasanya menimpa orang-orang sudah tua atau lanjut usia, namun kini bisa saja terjadi di usia dewasa. Penyakit yang tidak membolehkan Anda mengonsumsi sayuran hijau atau kacang-kacangan ini dapat Anda atasi dengan daun sukun. Anda bisa melakukan langkah-langkah berikut untuk membantu mengatasi penyakit asam urat. Pertama, siapkan segenggam daun sukun, lalu jemur di bawah sinar matahari hingga kering. Setelah kering, rebus daun sukun tersebut menggunakan air biasa hingga mendidih. Saring hasil rebusannya hingga mendapatkan air rebusan daun sukun, lalu minum segera. Air rebusan tersebut akan terasa pahit karena getah yang terdapat pada daun sukun, namun untuk menyiasatinya Anda bisa menambahkan gula batu atau madu sebagai pemanis.

  1. Menurunkan Kadar Gula dalam Darah

Bagi Anda para penderita diabetes, daun sukun dapat menjadi jawaban bagi kekhawatiran Anda. Menurut sebuah penelitian dari Pusat Penelitian Kimia LIPI, daun sukun memiliki kandungan senyawa flavanoid yang bersifat anti diabetes kuat. Sifat anti diabetes yang dimiliki senyawa flavanoid tersebut kemudian dapat membantu menurunkan kadar gula dalam darah Anda, sehingga Anda dapat terhindar dari resiko diabetes atau dapat terbantu dalam mengatasi jika sudah menderitanya. Cara untuk mendapatkan manfaat daun sukun hampir sama dengan beberapa cara di atas, yaitu merebus daun sukun yang sudah dikeringkan terlebih dahulu, lalu minum air rebusan sebagai hasil penyaringan dari rebusan daun sukun.

Sudah menyimak berbagai manfaat daun sukun di atas? Nah, sekarang Anda tahu kan akan diapakan pohon sukun yang ada di depan rumah Anda?