Manfaat Daun Pepaya yang Sangat Berlimpah

Pepaya adalah buah segar dan lezat yang dipercaya banyak orang dapat melancarkan pencernaan dan membantu mencegah konstipasi, itu soal buahnya, tapi bagaimana dengan manfaat daun pepaya? Daun pepaya memang pahit dan mungkin hanya sedikit orang yang menyukainya, tapi pada kenyataannya ada banyak kandungan nutrisi yang tidak boleh dilewatkan di sini. Baik untuk kecantikan maupun kesehatan tubuh, daun pepaya bisa diandalkan. simak ulasan berikut sehingga lebih jelas lagi apa saja manfaat yang diberikan oleh tanaman tropis ini.

manfaat-daun-pepaya-untuk-kulit

daun pepaya

Manfaat Daun Pepaya untuk Kulit dan Rambut Sehat

  • Daun pepaya dipercaya bisa mengatasi jerawat yang pastinya mengganggu apalagi kalau muncul terlalu banyak di wajah. Obat tradisional yang terbuat dari daun pepaya ini oke punya; tidak peduli jerawat yang biasa atau yang membandel, kulit bisa jadi mulus lagi dengan pengaplikasian daun pepaya.

Resep obat jerawat tradisional dari daun pepaya cukup sederhana karena hanya dengan menyiapkan sekitar tiga lembar daun pepaya yang sudah tua dan dijemur sebentar sebelum ditumbuk halus, kemudian ditambahkan air sekitar satu setengah sendok makan dan dicampur rata, ramuan sudah jadi. Bisa langsung dioleskan seketika itu di area yang berjerawat; tunggu beberapa menit sebelum mencuci wajah sampai bersih.

  • Manfaat daun pepaya bagi kulit wajah bukan hanya untuk mengobati jerawat, melainkan juga bisa digunakan sebagai pembersih wajah. Kandungan senyawa karpain di dalam daun pepayalah yang membuat daun ini begitu berkhasiat untuk menghambat segala racun dan mikroorganisme. Dengan perawatan kulit sederhana dan alami ini, noda dan bintik-bintik hitam pun akan hilang dan kulit tentunya akan selalu terlindungi dengan baik; kebersihan kulit pun akan terus terjaga.
  • Rambut yang berketombe pun bisa diatasi dengan daun pepaya yang multifungsi ini, hanya saja memang ekstraknya yang kali ini lebih digunakan. Biasanya pembuatan sampo anti ketombe mengandung ekstrak daun pepaya yang dipercaya bisa menyetop produksi ketombe yang berlebihan. Senyawa karpain itulah yang ternyata efektif untuk mengurangi dan bahkan menghilangkan minyak, bahan kimia serta kotoran pada kulit kepala dan rambut secara alami; manfaat daun pepaya ini tidak akan menimbulkan efek samping.
  • Untuk rambut berkilau, lembut dan sehat, gunakan daun pepaya sebagai kondisioner karena ekstraknya tidak hanya efektif dalam menghilangkan ketombe, tapi juga bagus untuk dijadikan kondisioner apalagi jika dicampur dengan bahan lainnya, seperti madu dan santan. Madu adalah bahan tepat yang bisa digunakan karena dapat menghasilkan rambut yang berkilau.

Daun Pepaya untuk Kesehatan Tubuh

  • Manfaat daun pepaya bagi kesehatan sebagai anti kanker bukanlah hal baru, tapi mungkin banyak yang belum tahu bahwa getah putih yang terkandung di dalam daun dan batangnya bisa dikembangkan sebagai anti kanker, seperti yang dijelaskan dari beberapa riset. Cara apapun yang digunakan dalam memasak daun pepaya tidak akan mengurangi manfaatnya; oleh karena itu, mengonsumsi daun pepaya sangat direkomendasikan kepada para penderita kanker.
  • Tekanan darah yang tinggi pun sekarang tidak seharusnya membuat khawatir karena jika memiliki daun pepaya, semua akan beres dan tekanan darah yang tinggi bisa turun dengan cepat.

Untuk mendapatkan manfaat daun pepaya pada tubuh, yang satu ini caranya mudah; siapkan saja daun pepaya sekitar lima lembar dan direbus dengan air sekitar setengah liter. Tunggu hingga air hanya tinggal tiga perempatnya, tapi jangan langsung diminum, pastikan air rebusan tadi sudah dingin sebelum meminumnya. Tidak masalah kalau ingin menambahkan madu atau gula merah jika merasa terlalu pahit.

  • Daun pepaya juga ampuh untuk menyembuhkan penyakit demam berdarah dan gejala demam berdarah pun bisa dinetralkan.

Manfaat daun pepaya ini bisa didapatkan oleh para penderita demam berdarah hanya dengan menggunakan daun pepaya sekitar lima lembar dicampur dengan meniran seperlunya, temulawak, serta gula merah yang kemudian harus direbus sampai masak. Sebelum meminumnya, dinginkan lebih dulu. Tidak perlu takut lagi akan demam berdarah yang disebut sebagai penyakit mengerikan dan mematikan.

  • Bagi para wanita yang merasakan nyeri ketika haid, daun pepaya bisa juga diandalkan untuk mengurangi dan bahkan menyembuhkan rasa nyeri tersebut.

Manfaat daun pepaya satu ini bisa didapatkan hanya dengan menggunakan daun pepaya segar satu lembar saja, serta garam seperlunya dan asam jawa. Bahan-bahan tersebut bisa direbus bersama sampai mendidih dan pastikan bahwa air rebusan sudah dingin sebelum diminum.

  • Daun pepaya juga dipercaya bisa mencegah penyakit emfisema karena kandungan vitamin D-nya.
  • Penyakit pembesaran prostat yang masih dalam level jinak bisa diatasi juga dengan daun pepaya. Bagi yang memiliki masalah lesi dubur, ini pun juga bisa dikurangi membuktikan bahwa khasiat daun pepaya bukan main hebatnya.

Ternyata di balik rasa pahit daun pepaya, ada berbagai manfaat keren yang bisa meningkatkan kesehatan tubuh dan kulit. Manfaat daun pepaya bisa selalu didapatkan secara maksimal tidak peduli bagaimana cara pengolahannya.