Manfaat Daun Mengkudu Bagi Kesehatan

Walaupun buah mengkudu dikenal memiliki segudang manfaat, jangan kira bagian daunnya tidak memiliki manfaat yang sama banyaknya. Jika Anda memiliki pohon mengkudu, Anda bisa memanfaatkan daunnya untuk manfaat daun mengkudu berikut ini.

manfaat-daun-mengkudu

Daun Mengkudu

Ragam Manfaat daun mengkudu

  1. Mencegah Kanker

Sebagaimana dilansir dari website Sunfoods.com, diketahui bahwa ternyata daun mengkudu dapat dimanfaatkan untuk menangkal penyakit kanker. Anda bisa mengonsumsi daun mengkudu dengan bentuk teh yang bisa Anda minum secara rutin tiap hari. Salah satu kandungan senyawa yang ada pada daun mengkudu dapat merangsang sistem kekebalan tubuh serta membantu menangkal pertumbuhan sel kanker dengan cara merangsang produksi sel darah putih. Daun mengkudu juga memiliki kandungan senyawa berupa xeronine yang dapat meningkatkan kesehatan struktur sel serta proses regenerasi sel dalam tubuh.

  1. Menjaga Kesehatan Kulit

Sementara untuk kecantikan, manfaat daun mengkudu juga oke, lho. Daun mengkudu yang bisa Anda dapatkan dari teh daun mengkudu memiliki kandungan anti oksidan berupa selenium. Selenium sendiri dapat meningkatkan elastisitas kulit serta merangsang kesehatan kulit Anda. Hal ini sesuai dengan pernyataan oleh The National Institutes of Health Office of Dietary Supplements, yaitu selenium akan bergabung dengan protein sehingga membentuk selenoprotein di dalam tubuh. Selenoprotein inilah yang kemudian dapat mencegah efek buruk atau kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas pada sel tubuh, termasuk sel kulit wajah.

  1. Memperbaiki Kesehatan Pencernaan

Dilansir pula dari website Sunfoods.com, ternyata manfaat daun mengkudu yang direbus dapat meningkatkan kesehatan sistem pencernaan pada tubuh. Selain itu, menurut Organisasi Kesehatan Konsumen Kanada, ekstrak buah mengkudu sendiri dapat memicu reseptor serotonin, yaitu suatu senyawa yang dapat ditemukan di dalam otak serta lapisan saluran pencernaan Anda. Senyawa serotonin dapat mengatur sistem pencernaan Anda dengan mengatur jalannya makanan yang akan dicerna di dalam tubuh. Hal ini kemudian akan berguna untuk menangkal berbagai gangguan pencernaan yang biasa dialami seperti mual, muntah, diare, cacingan, bahkan keracunan makanan.

  1. Mengatur Tekanan Darah

Bagi Anda yang hipertensi atau memiliki tekanan darah yang tinggi, manfaat daun mengkudu bisa menjadi salah satu alternatif pengobatan Anda untuk menstabilkan kembali tekanan darah. Hal ini berkat salah satu kandungan yang ada pada daun mengkudu, yaitu sejenis fitonutrien berupa scopoletin. Kandungan ini dapat bermanfaat untuk memperlebar saluran pembuluh darah sehingga dapat membantu memperbaiki saluran pembuluh darah yang mengalami penyempitan. Jika saluran pembuluh darah longgar dan tidak mengalami penyempitan, jantung pun tidak harus bekerja keras untuk memompa darah ke seluruh tubuh sehingga tekanan darah dapat dikendalikan dan kembali normal.

  1. Mengatasi Perut Kembung pada Bayi

Nah, manfaat yang satu ini cocok untuk Anda para ibu yang masih memiliki bayi. Beberapa penyakit dapat menghampiri bayi Anda, dan tentunya Anda tidak bisa begitu saja memberikan obat minum atau obat luar untuk mengobati penyakit pada si bayi, karena perkembangan tubuhnya yang masih rentan dan belum sekuat orang dewasa. Salah satu penyakit yang biasa menghampiri bayi adalah perut kembung atau masuk angin sehingga perut bayi merasa kembung. Hal ini tentunya sangat tidak nyaman untuk bayi Anda dan membuat bayi merasa kesakitan. Nah, Anda bisa dengan aman mengobati bayi Anda dengan cara yang alami, yaitu dengan daun mengkudu. Caranya, cuci daun mengkudu hingga bersih, lalu oleskan minyak bayi atau minyak telon pada permukaan daun mengkudu, gulung dan kucek-kucek sebentar di telapak tangan Anda, lalu balurkan sisa yang menempel pada tangan Anda ke perut bayi.

Selain beberapa manfaat daun mengkudu di atas, masih ada berbagai manfaat lainnya seperti anti peradangan, anti penuaan dan menyehatkan tulang. Sangat bermanfaat, bukan?