Manfaat Daun Kemangi Untuk Kesehatan Dan Kandungannya

Daun kemangi atau ocimum basilicum adalah jenis tumbuhan beraroma yang gemar tumbuh saat musim hujan. Tumbuhan ini memiliki tubuh yang dibalut dengan bulu halus yang sangat aman jika disentuh. Memiliki ukuran yang kecil dan aromanya sangat ciri khas sekali. Daun kemangi sering digunakan sebagai bahan tambahan untuk makanan seperti lalapan, campuran makanan, pepes, dll. Selain itu, dedaunan kemangi juga memiliki manfaat untuk dijadikan obat tradisional ataupun obat herbal. Nah, berikut ini akan diberikan beberapa kandungan nutrisi dan non nutrisi serta manfaat daun kemangi untuk kesehatan anda.

manfaat-daun-kemangi-bagi-kesehatan

gambar daun kemangi

Kandungan Nutrisi Dan Non Nutrisi Didalam Daun Kemangi

Daun kemangi memiliki kandungan nutrisi serta non nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Nah, sebelum menjelaskan akan manfaat daun kemangi, alangkah baiknya jika kita mengetahui dahulu apa kandungan nutrisi serta non nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh kita. Daun kemangi memiliki kandungan provitamin A (betakaroten) dan vitamn C yang memiliki fungsi sebagai penglihatan, meningkatkan akan respon antibody, sintesis protein dan antioksidan. Sedangkan vitamin C memiliki fungsi sebagai pembentuk atau penyembuhan akan terjadinya luka, memelihara elastisitas kulit, penyerapan kalsium, zat besi, mencegah akan pembentukan nitrosamine bersifat karnogenik serta menghambat terjadinya kanker.

Selain itu, daun kemangi juga memiliki kolagen yang sangat bermanfaat untuk tubuh kita. Fungsi adanya kolagen didalam kemangi mampu memberikan senyawa protein yang dapat berpengaruh bagi integritas struktur sel didalam jaringan ikat, seperti matriks tulang, tulang rawan, dentin gigi, kulit, membran kapiler, dan urat otot atau tendon. Didalam daun kemangi juga memiliki kandungan mineral makro, seperti fosfor, magnesium dan kalsium. Kandungan kalsium ini sangat penting untuk pertumbuhan dan pembentukan tulang pada tubuh, membantu kontraksi pada otot, transmisi impuls pada saraf, serta membantu mengaktifkan reaksi enzim pada tubuh. Terakhir, daun kemangi juga memiliki kandungan nutrisi seperti fosfor yang berfungsi dalam pertumbuhan tulang, penyerapan serta transportasi akan zat nutrisi, mengatur dari keseimbangan basa dan asam. Sedangkan magnesium yang ada didalam daun kemangi juga mampu membantu merilekskan pembuluh darah dan jantung, serta mampu melancarkan akan aliran darah didalam tubuh. Banyak sekali bukan kandungan nutrisi dan manfaat daun kemangi untuk kesehatan tubuh anda.

Nah, sekarang sebelum membahas akan manfaat daun kemangi untuk kesehatan secara gamblang akan lebih baik jika mengetahui akan kandungan non nutrisi didalam daun kemangi terlebih dahulu. Kandungan non nutrisi didalam daun kemangi diantaranya yaitu senyawa eugenol dan flavonoid, arginin, boron, anetol, dan minyak atsiri. Eugenol dan flavonois memiliki peran sebagai antoksidan yang mampu menetralkan adanya radikal bebas, kolesterol, serta memiliki sifat yang antikanker. Dua senyawa ini juga memiliki sifat antimikroba yang dapat mencegah terjadinya bakteri, jamur, atau virus yang masuk dan berbahaya bagi tubuh. Daun kemangi juga sangat bagus jika dikonsumsi oleh wanita, karena kandungan eugenol didalam daun kemangi mampu membunuh jamur akan penyebab keputihan. Kandungan ariginin didalam daun kemangi berkhasiat untuk memperkuat akan daya tahan sperma serta mencegah terjadinya kemandulan pada pria. Senyawa boron dan anetol berperan sebagai menjaga kesehatan akan reproduksi pada wanita dan pria. Dua senyawa ini juga mampu merangsang kerja dari hormon androgen dan estrogen, serta mampu mencegah akan terjadinya pengeroposan pada tulang. Sedangkan minyak atsiri memiliki peran sebagai antimikroba, mencegah pertumbuhan penyakit, dan menangkal infeksi akibat virus yang berbahaya.

Manfaat Daun Kemangi Untuk Kesehatan

Nah, setelah mengetahui akan kandungan nutrisi serta non nutrisi dari daun kemangi, berikut akan diperjelas akan manfaat apa saja yang terkandung didalam daun kemangi. Manfaat daun kemangi diantaranya:

  1. Menjaga kesehatan mata
  2. Melawan menopause dini
  3. Mengatasi bau mulut
  4. Mengobati keputihan
  5. Mengobati pilek, demam, masuk angin, sakit tenggorokan, gangguan pernafasan, stress, batu ginjal, infeksi mulut, gangguan kulit dan batuk
  6. Sebagai antiradang
  7. Menjaga akan kesehatan jantung
  8. Melancarkan asi
  9. Merangsang sel telur
  10. Mengatasi stroke
  11. Sebagai pemulih kesehatan
  12. Meringankan sakit kepala

Itulah wacana dan informasi mengenai kandungan nutrisi dan non nutrisi, serta manfaat daun kemangi untuk kesehatan tubuh anda. Semoga wacana dan informasi di atas dapat bermanfaat bagi anda yang membacanya.