Manfaat Daun Kelor yang Tidak Terduga oleh Anda

Mungkin banyak dari kita yang tidak begitu familiar dengan daun kelor, apalagi manfaat daun kelor itu sendiri. Tumbuhan yang juga dikenal dengan nama merunggai ini berasal dari suku Moringaceae dan daunnya memiliki bentuk bulat seperti bentuk telur yang dalam satu tangkainya terdapat banyak daun karena ukurannya yang kecil-kecil, biasanya daun lebih sering diolah sebagai obat atau sayur. Tidak ada yang menduga bahwa daun kelor juga ternyata memiliki banyak khasiat, tidak hanya untuk kesehatan tapi juga untuk kecantikan; inilah yang membuat orang mulai penasaran.

manfaat-daun-kelor-untuk-tubuh

daun kelor

Manfaat Daun Kelor untuk Kesehatan yang Mengejutkan

  • Daun kelor ternyata bisa diandalkan untuk yang memiliki rabun ayam. Tidak perlu bingung-bingung apa yang harus dilakukan dengan daun ini karena hanya dengan menyiapkan tiga batang daun kelor, madu seperlunya, serta segelas air putih, obat tradisional ini bisa langsung dibuat. Pastikan daun sudah dicuci bersih sebelum ditumbuh halus; tumbukan tersebut bisa kemudian diseduh dengan segelas air matang dan kemudian disaring. Jangan lupa tambahkan madu dan aduk sampai rata; minumlah setiap sebelum berangkat tidur.
  • Daun kelor untuk sakit kuning juga oke dan cara membuat ramuannya pun tidak sulit. Cukup siapkan tiga hingga tujuh batang daun kelor, berikut segelas air kelapa hijau dan madu satu sendok makan saja. Jangan lupa untuk mencuci bersih daun kelor sebelum ditumbuk halus dan air kelapa yang sudah disiapkan juga bisa dituangkan. Saring lebih dulu sebelum madu ditambahkan ke ramuan tersebut, aduk-aduk sampai merata baru setelah itu, minum sehari sekali sampai penyakit kuning yang diderita sembuh.
  • Manfaat daun kelor untuk kolesterol juga sudah dibuktikan di mana memang kadar kolesterol tinggi yang dapat menyebabkan berbagai penyakit bisa diturunkan dengan esktrak kelor yang ternyata setara dengan obat atenolol. Kadar lemak pada tikus dapat diturunkan dengan atenolol jadi itu berarti bahwa ekstrak kelor sangat ampuh untuk menurunkan kadar kolesterol pada manusia yang disebabkan oleh pola makan dan gaya hidup yang tidak sehat.
  • Khasiat daun kelor juga bisa diandalkan ketika memiliki penyakit rematik dan manfaat daun kelor satu ini tidak sulit untuk didapatkan. Mudah saja untuk membuat ramuannya; hanya dengan menyiapkan dua hingga tiga batang daun kelor serta kapur sirih setengah sendok makan saja. Keduanya bisa ditumbuk bersama sampai benar-benar halus baru setelah itu ramuan bisa digunakan dan dioleskan ke bagian tubuh yang dirasa sakit dan tidak nyaman.
  • Bagi yang sering memiliki keluhan linu, letih dan nyeri, daun kelor juga bisa jadi solusi terbaik. Rasa nyeri di bagian tubuh mana pun akan diatasi dengan lumatan daun kelor yang dioleskan ke bagian nyeri tersebut karena memang itulah salah satu manfaat daun kelor; pterigospermin terkandung di dalam daun ini sehingga pasti sangat efektif menciptakan rasa hangat dan mengurangi kenyerian tersebut.
  • Manfaat daun kelor bagi kesehatan tidak berhenti sampai di poin sebelumnya, bahkan daun ini pun juga bisa dijadikan obat anti inflamasi yang tentunya sanggup mengobati. Ada fosfor dan kalsium yang terkandung di dalam daun luar biasa ini, bahkan daun kelor pun dipercaya memiliki kandungan vitamin dan mineral yang lebih tinggi dari sayuran lainnya. Sungguh ajaib khasiat dari daun kelor ini karena dengan kedua kandungan tersebut, aktivasi NFkB pun bisa dihambat dan ekspresi protein tumor juga bisa diturunkan menurut sebuah penelitian.

Daun Kelor untuk Cantiknya Kulit

Banyak wanita yang mungkin tidak menyangka bahwa daun kelor pun bisa meningkatkan kecantikan kulit; sebenarnya apa manfaat daun kelor untuk kecantikan? Bagi para wanita yang memiliki flek-flek hitam di wajah, ini memang sangat mengganggu dan membuat percaya diri menurun, tapi daun kelor bisa jadi solusinya.

  • Daun kelor bisa bekerja dari luar maupun dalam, untuk cara kerja dari luar, Anda bisa menyiapkan beberapa batang daun kelor, kemudian sebelum membuat ramuannya, cucilah bersih daun tersebut. Tumbuk sampai halus dan sangat bisa digunakan sebagai bedak; jika ingin dan tidak masalah, campurkan saja dengan bedak yang setiap harinya dipakai. Setelah beberapa menit berlalu, gunakan air dingin untuk mencuci wajah. Hal ini bisa dilakukan tepat sebelum memulai aktivitas dan penggunaan setiap hari tentu akan memaksimalkan hasil yang akan didapatkan.
  • Jika tidak ingin menjadikannya bedak, daun kelor bisa dikonsumsi begitu saja setiap harinya dan Anda akan menemukan bahwa flek hitam serta kerutan pada wajah akan memudar seiring penggunaan yang teratur. Untuk hasil yang benar-benar memuaskan, baik dari dalam maupun luar bisa dicoba keduanya.

Menjadi semakin sehat dan cantik tentu adalah keinginan semua wanita. Oleh karena itu, daun kelor bisa dipertimbangkan sebagai perawatan kulit yang tidak mahal, mudah dan berkhasiat. Manfaat daun kelor ini bukan main, maka tidak ada salahnya untuk menanamnya di rumah.