Selain Buahnya, Ada Juga Manfaat Daun Jambu Biji

Selain buahnya, ternyata daun jambu biji bisa dimanfaatkan dan bahkan memiliki kandungan yang baik untuk tubuh jika dikonsumsi. Saat ini, Anda bisa memanfaatkan langsung daun jambu biji dengan direbus atau ditumbuk, atau dengan bentuk teh daun jambu biji. Ingin tahu apa saja manfaat daun jambu biji untuk kesehatan tubuh Anda?

manfaat-daun-jambu-biji

khasiat daun jambu biji

Manfaat daun jambu biji untuk kesehatan

  1. Mengontrol Kadar Kolesterol dalam Darah

Daun jambu biji memiliki banyak sekali kandungan bermanfaat, dan salah satunya dipercaya dapat mengontrol kadar kolesterol serta trigliserida. Hal ini sesuai dengan sebuah penelitian di mana orang yang mengonsumsi teh daun jambu biji lebih rutin akan memiliki kadar kolesterol dalam darah yang lebih rendah setelah delapan minggu menjalani perawatan. Selain itu, sebuah penelitian juga menunjukkan bahwa orang yang mengonsumsi minimal 0,4 hingga 1 kg daun jambu biji per hari akan mengalami penurunan kadar kolesterol dalam darah serta trigliserida dalam kurun waktu mulai dari 4 hingga 12 minggu perawatan.

  1. Mengatasi Penyakit Diabetes

Selain kanker dan kolesterol tinggi, manfaat daun jambu biji juga ternyata dapat mengatasi penyakit gula darah berlebih alias diabetes. Kandungan flavonoid dan beberapa kandungan lainnya yang terdapat pada daun jambu biji akan mampu menjaga kadar gula darah tetap rendah, walaupun setelah mengonsumsi makanan yang memiliki karbohidrat tinggi. Selain itu, pada sebuah majalah gizi, Nutrition and Metabolism, ditemukan bahwa terdapat beberapa penelitian yang menyatakan bahwa daun jambu biji memiliki kandungan yang dapat menghambat sejumlah enzim tertentu. Cara kerjanya adalah dengan mengubah karbohidrat menjadi glukosa di dalam saluran pencernaan, sehingga berpotensi untuk memperlambat penyerapannya ke dalam darah.

  1. Mengatasi Diare

Ini dia salah satu manfaat daun jambu biji yang paling terkenal. Daun jambu biji sudah terbukti dapat mengatasi penyakit diare dengan menghambat kerja bakteri penyebab diare. Dengan menggunakan daun jambu biji, Anda yang mengalami diare akan mengalami BAB yang lebih sedikit dengan tinja yang tidak encer, rasa nyeri pada perut yang berkurang serta pemulihan yang lebih cepat. Selain iti, sebuah studi di Sao Paulo menunjukkan bahwa eksrak daun jambu biji dapat menghambat pertumbuhan bakteri penyebab utama diare, yaitu Staphylococcus aureus. Daun jambu biji juga dapat membunuh berbagai jenis bakteri penyebab infeksi diare. Hal ini sesuai dengan sebuah penelitian di China yang menyatakan bahwa penderita diare yang mengonsumsi ekstrak daun jambu biji mengalami pemulihan yang lebih cepat.

  1. Menjaga Kesehatan Jantung

Kanker, diabetes, dan kolesterol tinggi tidak lengkap rasanya jika ada tanpa jantung. Rupanya, manfaat daun jambu biji juga dapat menjaga kesehatan jantung Anda, lho. Selain itu, daun jambu biji juga dapat menjaga kelancaran sistem sirkulasi darah di dalam tubuh menurut penelitian laboratorium dan sejumlah penelitian klinis lainnya. Kandungan senyawa tertentu pada daun jambu biji dapat membantu mengurangi detak jantung dan tekanan darah, menurut sebuah penelitian di laboratorium di tahun 2005. Penelitian ini menguji hewan yang diberikan ekstrak daun jambu biji, dan benar saja, hasilnya adalah detak jantung serta tekanan darah hewan menjadi berkurang.

  1. Menghambat Proses Penuaan

Daun jambu biji memiliki kandungan anti oksidan yang dapat menyingkirkan radikal bebas di dalam tubuh yang bisa berdampak buruk baik pada organ dalam tubuh maupun kulit. Dengan mengonsumsi daun jambu biji yang memiliki anti oksidan, Anda akan terhindar dari kulit yang mengalami penuaan, serta terhindar dari penyakit degeneratif yang disebabkan oleh proses penuaan. Kulit Anda pun akan terlihat lebih muda, lebih cerah, lebih halus dan kencang.

Nah, jika Anda memiliki pohon jambu biji di depan rumah, jangan hanya memanfaatkan buahnya untuk dimakan. Setelah menyimak artikel tentang manfaat daun jambu biji di atas, tentunya Anda tahu harus diapakan daun jambu bijinya, kan?