Manfaat Cengkeh Selain sebagai Bahan Baku Rokok

Cengkeh adalah suatu jenis tanaman yang banyak dikenal sebagai bahan dasar rokok serta digunakan pada beberapa jenis masakan. Selain sebagai bahan baku rokok, ternyata ada juga manfaat cengkeh yang luar biasa, lho. Tentunya bukan dalam bentuk rokok, ya.

manfaat-cengkeh-bagi-kesehatan

khasiat cengkeh

Khasiat dan manfaat cengkeh

  1. Mengobati Sakit Gigi

Mungkin cengkeh bukanlah salah satu hal yang terpikirkan oleh Anda saat sakit gigi, namun ternyata tanaman ini dapat membantu Anda saat sedang sakit gigi, lho. Ternyata minyak cengkeh sudah sejak berabad-abad lalu digunakan untuk mengatasi sakit gigi. Hal ini dikarenakan kandungan zat yang bersifat antibiotik pada cengkeh yang dapat membunuh bakteri pada bagian gigi Anda yang sakit. Caranya mudah, balurkan atau oleskan saja minyak cengkeh pada bagian gigi Anda yang sakit.

  1. Mencegah Peradangan

Cengkeh memiliki banyak kandungan zat aktif, salah satunya adalah flavanoid. Kandungan flavanoid ini memiliki sifat anti inflamasi atau anti peradangan. Jadi, Anda bisa mendapatkan manfaat cengkeh untuk mengatasi atau mencegah peradangan pada tubuh Anda, misalnya demam, rematik, nyeri sendi atau tulang, dan lainnya. Selain sebagai anti peradangan, cengkeh juga dapat Anda gunakan untuk menjadi ekspektoran yang dapat mengatasi beberapa kondisi gangguan saluran pernapasan karena rasanya yang hangat.

  1. Merangsang Sistem Pencernaan

Tahukah Anda bahwa cengkeh dapat membantu tubuh Anda mengendurkan atau melonggarkan lapisan kelancaran saluran pencernaan? Cengkeh yang dapat melonggarkan lapisan kelancaran saluran pencernaan Anda ini otomatis dapat meringankan berbagai penyakit pada sistem pencernaan seperti diare, muntah, sakit perut atau sembelit, atau gas usus. Walaupun begitu, cengkeh ternyata juga memiliki resiko dalam penggunaannya terhadap lambung karena dapat meninggalkan iritasi. Jadi, hati-hati dalam dosis penggunaannya, ya!

  1. Mengatasi Pilek dan Sinusitis

Salah satu manfaat cengkeh untuk kesehatan Anda adalah dapat mengatasi kedua penyakit pada bagian hidung ini. Cengkeh yang memiliki rasa hangat dapat berperan untuk memberikan rasa hangat pada bagian yang diinginkan, misalnya hidung, sehingga cengkeh dapat mengatasi pilek serta sinusitis pada hidung Anda. Caranya mudah, untuk pilek, minumlah campuran minyak cengkeh dengan madu atau mengoleskan minyak cengkeh langsung pada hidung. Sedangkan untuk sinusitis, letakkan bubuk cengkeh pada bagian dalam hidung Anda.

  1. Mengusir Jerawat

Masih ingat bahwa cengkeh memiliki sifat antibiotik atau antimikroba? Ya, cengkeh yang memiliki sifat tersebut dapat membunuh bakteri, salah satunya pada bagian wajah Anda. Hal ini menjadikan cengkeh dapat menjadi salah satu obat alami dalam mengusir jerawat dengan melawan bakteri yang tumbuh pada bagian yang berjerawat. Cara mendapatkan manfaat cengkeh ini mudah sekali, cukup oleskan minyak cengkeh pada bagian wajah yang berjerawat dengan rutin minimal sehari sekali.

  1. Sumber Antioksidan

Jangan salah, ternyata cengkeh juga menjadi salah satu sumber antioksidan yang baik bagi tubuh maupun kulit. Cengkeh memiliki banyak kandungan mineral serta vitamin bermanfaat, seperti kalium, fosfor, natrium, besi, serta vitamin A dan vitamin C. Jadi, Anda bisa menutrisi kulit Anda agar terhindar dari penuaan atau proses oksidasi hanya dengan mengoleskan minyak cengkeh secara rutin pada kulit Anda.

  1. Mengusir Noda dan Bekas Luka

Selain sebagai sumber antioksidan alami, cengkeh juga dapat Anda gunakan untuk mempercantik kulit wajah Anda. Noda hitam dan bekas luka adalah dua permasalahan kulit wajah yang sulit diatasi. Namun kini Anda bisa mencoba cara baru yang alami dengan minyak cengkeh. Cengkeh dapat membantu Anda dalam proses regenerasi sel kulit sehingga memperbaiki jaringan sel kulit yang rusak atau mati. Secara perlahan, noda hitam serta bekas luka Anda akan memudar dan kembali seperti semula.

Bagaimana? Banyak sekali kan manfaat cengkeh baik untuk kesehatan dan kecantikan? Yuk, beli minyak cengkeh sekarang!