Aneka Manfaat Buah Tin Bagi Kesehatan Tubuh

Sikeke.com – Salah satu buah yang dijadikan sebuah surat dalam kitab suci agama islam, Al-Qur’an ini ternyata memiliki banyak sekali manfaat, bahkan menjadi buah kegemaran Nabi Muhammad SAW. Ingin tahu apa saja manfaat buah tin atau buah ara ini?

manfaat-buah-tin-untuk-tubuh

Buah Tin

Khasiat dan manfaat buah tin untuk tubuh

  1. Mengatur Tekanan Darah

Buah tin memiliki kandungan omega 3, omega 6, kalium, fenol dan magnesium yang dapat membantu menurunkan tekanan darah sekaligus mengaturnya agar tetap stabil. Hal ini menjadikan buah tin dapat melindungi tubuh Anda dari penyakit jantung koroner.

  1. Menurunkan Kadar Kolesterol Darah

Selain menurunkan tekanan darah, manfaat buah tin juga dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Hal ini berkat serat larut buah tin berupa pektin yang dapat menurunkan kadar kolesterol. Cara kerjanya adalah dengan menyapu bola-bola kolesterol saat pektin melewati sistem pencernaan di usus kemudian membawanya keluar dari tubuh.

  1. Mengatasi Kencing Manis

Kandungan serat dalam buah tin juga dapat mengatasi kencing manis. Caranya adalah dengan memperlambat proses penyerapan glukosa yang ada pada usus kecil. Selain itu, gabungan kandungan serat tinggi serta karbohidrat dalam bentuk glukosa dan fruktosa dapat mengontrol kadar gula dalam darah. Buah tin sangat aman bahkan memiliki manfaat bagi penderita diabetes, walaupun memiliki rasa yang manis.

  1. Menangkal Kanker

Manfaat buah tin berikutnya adalah untuk mencegah kanker. Jika Anda ingin menangkal kanker, di antaranya kanker payudara, kanker kolon dan kanker saluran pencernaan, Anda bisa mulai mengonsumsi buah tin secara rutin. Buah tin memiliki kandungan polifenol yang cukup tinggi, dan polifenol ini sendiri adalah bentuk anti oksidan yang penting peranannya dalam tubuh. Polifenol dapat mengurangi efek buruk dari radikal bebas dan dapat menyebabkan kanker. Selain itu, buah tin yang mengandung serat tinggi juga dapat mengikat zat karsinogen yang dapat memicu terjadinya kanker saluran pencernaan.

  1. Mencegah Osteoporosis

Osteoporosis adalah penyakit pada tulang di mana terjadi pengkeroposan pada tulang. Hal ini tentunya sangat berbahaya karena dapat merusak struktur tulang. Untuk mengatasinya, Anda bisa mengonsumsi buah tin. Manfaat buah tin yang berikutnya adalah menyehatkan tulang sekaligus menghindarkan tulang dari osteoporosis. Kandungan kalsium dan kalium pada buah tin dapat menutrisi tulang agar lebih kuat dan sehat. Kandungan kalsium pada buah tin bahkan jumlahnya lebih tinggi dari kandungan kalsium pada susu, lho! Selain itu, kalium dapat mengurangi hilangnya kalsium lewat urin sehingga penyerapan kalsium menjadi lebih optimal.

  1. Mengatasi Insomnia

Untuk Anda para late-sleepers atau tukang tidur terlambat, Anda bisa mengatasi insomnia dengan buah tin. Bagi Anda yang merasa sulit mengantuk atau sulit tidur, konsumsilah buah tin agar bisa tertidur. Buah tin memiliki kandungan tryptophan yang dapat menginduksi tidur agar lebih baik dan berkualitas, serta menghilangkan pengganggu tidur Anda seperti insomnia.

  1. Memperlancar Pencernaan

Sistem cerna Anda sedang kurang bersahabat? Anda bisa menggunakan buah tin untuk mengatasinya! Sifat laksatif dalam buah tin dapat membantu Anda dalam melancarkan sistem cerna atau buang air besar. Maka dari itu, buah tin juga dapat melindungi Anda dari sembelit kronis. Bahkan sejak dulu, buah tin sudah digunakan sebagai pencahar alami untuk memperlancar BAB.

  1. Menyembuhkan Wasir atau Ambeien

Anda sedang terkena penyakit yang satu ini? Penyakit ini dapat terjadi karena kekurangan serat, kekurangan cairan, atau intensitas BAB yang tinggi. Untuk mengobatinya, buah tin dengan kandungan flavonoid dan ficin dapat memperbaiki sistem pencernaan, termasuk bagian yang menderita ambeien.

  1. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Untuk melengkapi berbagai manfaat dari buah tin, ada manfaat lainnya dari buah ini yaitu meningkatkan kekebalan tubuh. Buah tin mengandung phenol dan benzaldehid yang bertugas sebagai anti tumor sekaligus dapat membunuh mikroorganisme patogen, jamur dan virus. Hal ini menjadikan tubuh lebih kuat dari serangan virus atau bakteri jahat penyebab penyakit.

Selain sejumlah manfaat buah tin di atas, masih banyak lagi yang lainnya, lho. Pantas saja jika buah ini menjadi salah satu surat di dalam Al-Qur’an, ya! Yuk, hunting buah tin!