Manfaat Buah Semangka Lebih Banyak dari yang Terpikirkan

Semangka adalah buah yang identik dengan kesegaran luar biasa karena sering dinikmati dalam bentuk jus atau juga dimakan biasa ketika cuaca sedang panas-panasnya; namun, manfaat buah semangka tidak hanya untuk menyegarkan ketika hawa panas. Buah satu ini punya manfaat yang sangat baik bagi pria dan wanita, terutama yang punya kolesterol tinggi dan bingung bagaimana untuk mengatasinya. Masalah kegemukan mungkin dianggap biasa oleh banyak orang, tapi kalau ternyata kolesterol berbahayalah yang jadi risiko, hal ini harus ditindak segera.

manfaat-buah-semangka-untuk-tubuh

khasiat semangka

Manfaat Buah Semangka untuk Kolesterol Berbahaya dan Risiko Jantung

Memang buah semangka memiliki tampilan menarik dan menggoda karena warnanya yang merah dan mengandung banyak air yang tentu bisa membantu setiap orang untuk menambah asupan air dalam tubuh, tapi lebih dari itu, mengonsumsi sepotong semangka tiap harinya bisa sebagai solusi sederhana untuk pencegahan penyakit jantung. Ingat bahwa sakit jantung itu bisa dari kolesterol tinggi yang berbahaya yang menumpuk di dalam tubuh; banyak orang tidak mempedulikan gaya makan mereka sehari-hari dan ketika kelebihan berat badan, kolesterol tinggi dan penyakit jantung pun menjadi risikonya.

Inilah saatnya untuk melirik manfaat buah semangka yang sangat luar biasa apalagi dalam membantu mengurangi dan bahkan menghentikan kolesterol berbahaya yang menumpuk di dalam tubuh; beberapa fakta menurut penelitian ini mungkin bisa dipertimbangkan:

  • Buah semangka pun sudah diteliti tentang manfaatnya bagi jantung manusia; satu hal yang berbahaya di sini adalah ketika arteri tersumbat karena kolesterol jahat atau yang juga sering disebut LDL, penyakit jantung pun disebabkan oleh LDL, sehingga sangatlah penting untuk mulai memikirkan cara tepat dan alami untuk menurunkan kolesterol tersebut.
  • Manfaat buah semangka untuk pria dan wanita sudah jelas bahwa buah satu ini cukup sakti untuk menjauhkan kita dari penyakit jahat, seperti jantung. Sudah dibuktikan juga oleh peneliti dari Purdue University, Amerika Serikat, bahwa mengonsumsi semangka setiap hari dapat membantu mengendalikan berat badan yang tentunya memberikan efek timbunan lemak yang berkurang pada tubuh sehingga pembuluh darah tentu jadi bebas dari lemak jahat. Otomatis, risiko penyakit jantung pun dapat berkurang dan bisa dicegah.
  • Telah diklaim bahwa buah semangka bisa dikonsumsi tanpa harus dibuat jus yang biasanya akan ditambah dengan gula; makan saja daging buahnya yang segar tersebut tanpa harus dijus atau jika mau, semangka juga bisa dipilih untuk menu salad buah karena ada senyawa citrulline yang sangat baik untuk membantu memperkecil risiko penyakit jantung.

Kebaikan Buah Semangka untuk Mengurangi Lemak Perut

Banyak yang tidak mengira bahwa buah semangka yang mengandung banyak air tersebut punya manfaat yang begitu besar; tidak hanya untuk kolesterol, manfaat buah semangka untuk diet pun juga terkenal baik dan berguna karena sudah ada banyak orang yang membuktikannya. Telah disebutkan sebelumnya bahwa buah semangka dapat mengurangi penimbunan lemak dalam tubuh dan otomatis pengendalian berat badan pun tidak akan sulit, bahkan pengurangan lemak perut yang mengkhawatirkan. Semangka adalah buah yang mengandung banyak air dan serat jadi sangat cocok untuk diandalkan ketika ingin melangsingkan tubuh, apalagi perut yang membuncit.

Tidak sulit untuk mendapatkan manfaat buah semangka satu ini karena beberapa tips berikut bisa membantu:

  • Dengan mengonsumsi buah semangka, tentu jumlah kalori yang dikonsumsi bisa diturunkan dan jangan lupa untuk mengimbanginya dengan olahraga teratur supaya kalori bisa terbakar.
  • Jika suka camilan yang mengandung banyak kalori dan lemak, gantilah camilan-camilan tersebut dengan camilan sehat, seperti potongan buah semangka yang segar dan cukup mengenyangkan karena mengandung banyak air sehingga tidak akan membuat cepat lapar.
  • Daripada memuaskan rasa lapar dengan sesuatu yang manis namun berlemak dan berkalori tinggi yang akan membuat perut membuncit dan berat badan naik lagi, tidak ada salahnya sekarang beralih ke camilan yang sehat dengan mengkreasikan buah semangka sehingga tidak terlalu membosankan ketika dikonsumsi. Jika suka, buatlah salad segar dengan bahan-bahan alami dan sehat termasuk buah semangka, tomat, keju feta (jumlah yang dibutuhkan hanya sedikit saja), kemangi, paprika hijau, bawang Bombay serta ketumbar. Manfaat buah semangka untuk kesehatan terbukti besar dan hal ini akan terlihat ketika gaya makan dan gaya hidup juga diubah ke arah yang benar.

Tidak hanya kolesterol berbahaya, penyakit jantung serta lemak perut yang bisa diatasi dengan buah semangka, tapi masalah kulit yang mungkin dipenuhi dengan bekas luka bahkan bisa disembuhkan dengan lebih cepat. Mengonsumsi semangka ternyata bisa mempercepat penyembuhan luka pada kulit tiga kali lebih cepat karena adanya kandungan arginin di mana pengiriman sel darah putih akan dikirim dengan cepat ke situs cedera dan memacu pertumbuhan jaringan kulit baru. Dengan adanya informasi serta fakta-fakta yang ada di sini, semoga manfaat buah semangka tersebut bisa dirasakan oleh Anda.