Manfaat Buah Delima Merah untuk Kesehatan Anda

Delima merah atau red pomegranate adalah sebuah buah berbentuk bulat dan bewarna merah dengan banyak kandungan berkhasiat di dalamnya. Buah ini adalah sumber utama dari asam ellagic, asam punicic, anti oksidan serta omega 5 asam lemak tak jenuh ganda. Ada juga berbagai vitamin serta mineral yang dimiliki buah ini. Penasaran apa saja manfaat buah delima merah?

manfaat-buah-delima-merah

khasiat buah delima merah

Khasiat dan manfaat buah delima

  1. Menjaga Kesehatan Jantung

Buah delima atau red pomegranate memiliki kandungan punicalagin yang dapat menjaga fleksibilitas arteri sekaligus mencegah terjadinya peradangan pada lapisan pembuluh darah. Selain itu, delima juga dapat mengurangi aterosklerosis, yaitu salah satu penyebab utama dari penyakit jantung. Buah ini juga dapat menurunkan resiko penyumbatan arteri yang bisa menyebabkan terhambatnya aliran darah menuju jantung dan otak. Jadi, delima mempunyai efek anti-aterogenik pada jantung. Selain itu, buah delima dapat menurunkan jumlah LDL atau kolesterol jahat pada tubuh, sekaligus meningkatkan kadar HDL atau kolesterol baik.

  1. Mencegah Kanker

Manfaat Buah delima merah berikutnya adalah dapat berperan untuk mengeluarkan radikal bebas dari dalam tubuh sekaligus menghalangi pertumbuhan serta perkembangan sel kanker yang ada di dalam tubuh. Hal ini dikarenakan kandungan antioksidan tinggi yang dimiliki buah delima, sehingga dapat merangsang sel-sel darah putih yang ada untuk menetralkan racun pada tubuh. Hal ini kemudian merangsang sistem imunitas atau kekebalan tubuh menjadi lebih kuat dan sehat. Selain itu, asupan delima merah secara rutin dapat menghambat pertumbuhan sel kanker pada kanker prostat dan memblokir aromatase, yaitu suatu enzim yang mengubah androgen menjadi estrogen. Estrogen ini sendiri adalah hormon yang berperan penting pada perkembangan kanker payudara.

  1. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Manfaat buah delima merah lainnya untuk kesehatan adalah meningkatkan kekebalan tubuh Anda. Buah red pomegranate ini memiliki sifat anti mikroba serta anti bakteri yang kuat, sehingga dapat membantu tubuh dalam melawan virus dan bakteri serta meningkatkan kekebalan tubuh Anda. Buah ini juga dapat mengurangi mikroba pada mulut secara signifikan yang dapat menyebabkan gigi berlubang serta infeksi Steph. Sifat anti mikroba yang dimiliki buah ini juga dapat menghambat penularan HIV, bahkan buah delima merah menjadi buah yang memiliki potensi paling tinggi dalam menghambat penularan HIV.

  1. Membantu Regenerasi Tulang Rawan

Nah, manfaat buah delima merah cocok untuk Anda yang sedang mengalami permasalahan tulang, khususnya tulang rawan. Buah delima dapat berperan sebagai penghambat enzim perusak tulang rawan. Jadi, buah delima merah sangat dianjurkan untuk Anda yang menderita osteoarthritis, yaitu sebuah kondisi di mana penderitanya mengalami kerusakan pada tulang rawan sendi. Sebuah studi juga menunjukkan bahwa penggunaan buah delima merah dapat mengurangi kerusakan pada tulang rawan, mengurangi gejala radang sendi, juga peradangan pada tulang.

  1. Membantu Perawatan Prenatal

Anda sedang hamil? Yuk, konsumsi buah delima! Buah berkhasiat ini sangat baik untuk Anda yang sedang hamil karena menjadi sumber utama dari beberapa vitamin serta mineral, termasuk di dalamnya asam folat. Selain itu, kandungan yang bersifat anti inflamasi pada buah delima juga dapat memastikan aliran darah Anda sehat karena penting dalam pengembangan keseluruhan janin. Selain itu, buah delima yang memiliki kandungan kalium dapat membantu mencegah kram kaki yang umum terjadi pada ibu hamil. Oh iya, konsumsi rutin oleh ibu hamil juga dapat menurunkan resiko kelahiran anak prematur dan resiko berat badan lahir rendah.

Kabar baiknya, selain manfaat buah delima yang tak terhingga, buah ini memiliki rasa yang lezat dan menyegarkan, lho! Nyum!