Manfaat Belimbing Si Buah Bintang untuk Kesehatan Anda

Buah yang berbentuk bintang dan memiliki warna kuning ini sepertinya sudah agak jarang terlihat. Namun walaupun begitu, manfaat belimbing masih sangat bisa Anda lihat, lho. Selain lezat, ternyata belimbing memiliki beragam manfaat yang dapat sangat berguna untuk kesehatan tubuh Anda.

manfaat-belimbing-untuk-kesehatan

buah belimbing

Manfaat belimbing untuk kesehatan tubuh

  1. Menyehatkan Pencernaan

Belimbing adalah salah satu jenis buah yang kaya akan serat, sehingga dapat mengasup serat bagi tubuh. Kandungan serat baik pada buah maupun kulit belimbing dapat membantu tubuh mencegah penyerapan kolesterol LDL atau kolesterol jahat yang terdapat pada makanan di dalam usus. Selain itu, serat juga berfungsi untuk membantu tubuh melindungi selaput lendir pada usus dari bahaya paparan zat beracun. Cara kerjanya adalah dengan mengikat bahan kimia yang dapat menyebabkan kanker pada usus besar. Serat juga dapat membuat sistem pencernaan menjadi lebih sehat.

  1. Mencegah Kanker

Manfaat belimbing lainnya adalah dapat mencegah kanker. Kandungan vitamin C yang ada pada belimbing dapat membantu tubuh Anda untuk menangkal serangan gejala kanker. Belimbing adalah salah satu jenis buah yang memiliki kandungan vitamin C tinggi, sehingga otomatis memiliki kandungan anti oksidan yang tinggi pula. Dalam setiap 100 gr buah belimbing, terdapat kandungan 34,7 mg vitamin C atau setara dengan 57 persen asupan vitamin C yang tubuh Anda butuhkan tiap harinya. Secara umum, vitamin C dapat membantu tubuh Anda dalam mengembangkan sel resistensi terhadap agen infeksi dan radikal bebas serta sel anti inflamasi atau anti peradangan dalam tubuh.

  1. Anti Oksidan Alami

Aktivitas harian yang mengharuskan Anda untuk keluar rumah sehingga terpapar polusi serta sinar UV, dan gaya hidup yang buruk seperti merokok atau minum adalah beberapa penyebab dari penyakit kanker yang belakangan ini banyak diderita. Untuk mencegahnya, Anda bisa memanfaatkan buah belimbing. Manfaat belimbing yang berikutnya adalah memberi asupan anti oksidan bagi tubuh Anda. Hal ini dikarenakan belimbing memiliki kandungan anti oksidan yang tinggi seperti flavonoid polifenol. Flavonoid ini sendiri juga terdiri dari quercetin, asam galat dan epicatechin. Kandungan polifenol yang dimiliki belimbing dalam takaran 100 gr adalah mencapai 43 mg. Kandungan polifenol yang tinggi pada belimbing ini dapat membantu Anda mencegah kerusakan yang mungkin terjadi karena efek buruk radikal bebas seperti penuaan dini atau kanker.

  1. Mengatur Tekanan Darah

Anda mengidap tekanan darah tinggi alias hipertensi? Gunakan saja manfaat belimbing untuk pengobatannya! Selain vitamin C, buah belimbing juga kaya akan kandungan mineral serta elektrolit, seperti fosfor, kalium, besi dan seng. Nah, kalium pada belimbing ini misalnya, adalah salah satu komponen penting yang ada pada sel serta cairan tubuh. Hal ini otomatis menjadikan kalium dapat membantu tubuh Anda mengendalikan tekanan darah serta denyut jantung pada tubuh. Maka dari itu, kalium dapat memerangi pengaruh buruk yang disebabkan oleh sodium. Jadi, bagi Anda yang ingin mengobati tekanan darah tinggi Anda, cobalah melakukan terapi belimbing yakni mengonsumsi buah bintang ini secara rutin.

  1. Merangsang Kinerja Enzim

Enzim adalah suatu protein yang sangat penting keberadaannya untuk kelancaran sistem tubuh, bahkan sebagian besar reaksi kimia pada tubuh tidak dapat berjalan lancar tanpa adanya enzim. Nah, jika Anda mengalami permasalahan pada beberapa kinerja tubuh seperti pencernaan misalnya, Anda bisa mengonsumsi belimbing untuk memperbaikinya. Hal ini sejalan dengan kandungan vitamin B kompleks seperti riboflavin, folat serta piridoksin pada belimbing yang secara bersama-sama dapat merangsang kinerja enzim pada tubuh.

Semoga setelah menyimak manfaat belimbing di atas, Anda menjadi tahu dan dapat memanfaatkan pohon belimbing di depan rumah Anda dari sekarang!