Manfaat Bawang Putih untuk Kesehatan

Manfaat bawang putih ternyata tidak hanya sebagai bumbu dapur, namun juga berguna untuk menjaga kesehatan. Tanaman ini memiliki nama latin Allium sativum yang berasal dari Asia Tengah dan termasuk familia Liliacea. Bawang putih lebih berkhasiat jika dikonsumsi dalam keadaan mentah dan warnanya masih putih bersih. Umbi bawang yang bagus adalah yang penuh, tidak lunak, dan tidak rusak serta memiliki tunas yang berwarna kehijauan.

Bawang putih kaya akan kandungan nutrisi yang berguna bagi tubuh. Kandungan gizi itu seperti vitamin C, vitamin B, mineral kalsium, dan potasium. Kandungan allicin yang tinggi dalam bawang putih berfungsi sebagai obat. Zat allicin ini adalah komponen utama yang terdapat dalam bawang putih, fungsinya sebagai zat anti bakteri.

Sejak zaman Mesir umbi ini sudah dijadikan obat herbal untuk mengatasi berbagai macam penyakit. Saat inipun bawang putih banyak dimanfaatkan untuk pengobatan penyakit-penyakit berat seperti kanker. Kandungan sulfide allil dalam bawang putih dikenal dengan herbal anti kanker. Itu hanyalah salah satu manfaat bawang putih, masih banyak lagi manfaat lainnya, seperti berikut.

manfaat-bawang-putih

Bawang Putih

Manfaat Bawang Putih bagi Kesehatan

1.   Bermanfaat menurunkan tekanan darah tinggi

Sudah banyak penelitian yang membuktikan bahwa bawang putih mampu menurunkan tekanan darah tinggi hingga 7-8 %. Oleh sebab itu, banyak orang yang sengaja mengonsumsi bawang putih dalam jumlah banyak yang dicampur pada masakan untuk mengurangi tekanan darah. Karena tidak hanya orang yang berpenyakit darah tinggi, orang normal pun perlu menurunkan tekanan darah untuk menjaga kesehatan tubuh.

2.   Bawang putih rendah kalori namun kaya nutrisi

Seperti yang sudah disebutkan di atas bahwa bawang putih mengandung banyak nutrisi. Meskipun kandungan nutrisinya mencukupi kebutuhan gizi harian bagi tubuh, tapi bawang putih tidak mengandung lemak jenuh atau kalori sama sekali.

3.   Sumber antioksidan yang sangat ampuh

Khasiat yang paling utama dari bumbu dapur ini adalah sebagai antioksidan yang sangat ampuh mencegah tubuh dari serangan penyakit. Selain itu bawang putih juga berfungsi sebagai anti virus dan anti bakteri. Zat yang terkandung didalamnya juga mampu mencegah perkembangan bakteri, jamur, ragi dan cacing dalam tubuh.

4.   Mampu menurunkan kolesterol jahat

Kehebatan lain dari manfaat bawang putih adalah sanggup menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh. Bumbu dapur ini terbukti menurunkan kolesterol jahat (LDL) hingga 10-15%. Meskipun, terbukti ampuh menghilangkan LDL namun tidak ikut memangkas kolesterol baik (HDL). Selain itu, dengan mengonsumsi bawang putih maka produksi insulin juga meningkat. Dengan demikian, kadar gula darah bisa terkontrol baik.

Baca juga Cara Menurunkan Kolesterol Jahat Secara Alami

5.   Bermanfaat untuk kecantikan kulit

Tidak hanya untuk mencegah dan mengobati penyakit. Bawang putih juga berkhasiat untuk memelihara kecantikan wajah dan kulit. Pertama adalah membersihkan komedo yang sering muncul di daerah hidung. Caranya dengan menghaluskan bawang putih kemudian dioleskan pada wajah yang berkomedo.

Kedua menghilangkan noda bekas luka. Bawang putih berkhasiat untuk memberikan anti radang dan membersihkan bekas luka pada kulit. Caranya sama seperti membersihkan komedo dengan mengoleskan bawang putih yang sudah dihaluskan pada bekas luka.

Satu lagi manfaat bawang putih adalah menghilangkan jerawat. Ambil satu siung bawang putih lalu dihaluskan. Setelah itu oleskan pada jerawat, lalu diamkan selama 10 menit sebelum tidur. Esok harinya jerawat akan mengecil dan kempes. Jika ingin hasil maksimal lakukan hal ini dengan rutin.

Begitu banyak manfaat bawang putih, maka tidak ada salahnya jika sering mengonsumsi bawang putih. Semoga kesehatan Anda sekeluarga selalu terjaga.