Ini Dia Manfaat ASI untuk Kesehatan Bayi dan Ibu

ASI atau Air Susu Ibu merupakan sumber nutrisi dan gizi paling penting bagi bayi yang baru dilahirkan. Dengan memberikan ASI pada bayi Anda, Anda sudah memberikan hak eksklusif bayi Anda dan memberikan nutrisi terbaik untuk perkembangannya. Masih ragu memberi ASI eksklusif? Simak dulu berbagai manfaat ASI berikut ini.

manfaat-asi-untuk-bayi

ilustrasi manfaat asi

Berbagai manfaat asi

  1. Menurunkan Resiko Kematian

Kematian pada bayi merupakan hal tragis yang sangat menyedihkan. Anda tentunya tidak ingin hal ini terjadi pada bayi lucu Anda, bukan? Nah, Anda bisa mulai benar-benar memikirkan untuk memberikan ASI pada bayi karena ternyata manfaat ASI dapat menyelamatkan bayi Anda dari resiko kematian. ASI merupakan sumber yang paling efektif dalam mencegah kematian bayi, namun sayangnya hanya kurang dari 40 persen bayi berusia di bawah 6 bulan yang mendapatkan asupan ASI. Data menunjukkan bahwa bayi berusia di bawah 2 bulan yang tidak diberi ASI memiliki resiko kematian sebanyak 6 kali lipat dari yang diberi ASI. Kemungkinan kematian ini diakibatkan oleh diaer atau infeksi pada saluran pernapasan. Sebanyak 1,3 juta kematian bayi per tahunnya dapat dicegah jika pemberian ASI meningkat mencapai 90 persen.

  1. Menjaga Kesehatan Bayi

Memberikan ASI untuk bayi merupakan sebuah langkah cerdas yang harusnya terpikirkan oleh setiap ibu. Dengan memberikan ASI sesuai jangka waktu yang diperlukan, Anda dapat menjaga kesehatan bayi Anda sendiri. ASI merupakan susu yang memiliki suhu standar, tingkat kesegaran yang baik, bebas dari bakteri, serta mudah dicerna untuk bayi. Selain itu, ASI memiliki kandungan zat antibodi yang berasal dari ibu menyusui, sehingga zat antibodi tersebut dapat memberikan perlindungan bagi bayi Anda dari berbagai penyakit. Kualitas ASI pun lebih baik dan prima daripada susu bubuk yang bahkan tidak Anda ketahui proses pembuatan serta pengolahannya. Bayi yang diberi ASI cenderung lebih jarang terserang penyakit.

  1. Memberikan Tingkat IQ dan EQ yang Baik

Selain kesehatan untuk bayi, manfaat ASI lainnya adalah Anda dapat memberikan tingkat IQ serta EQ yang baik untuk bayi Anda. ASI yang berasal dari tubuh ibu menyusui ini dapat beradaptasi dengan kebutuhan bayi pada setiap masa pertumbuhannya, sehingga akan cocok dan melengkapi nutrisi yang dibutuhkan bayi untuk berkembang dengan baik. Lain halnya dengan susu bubuk yang memiliki kandungan nutrisi tertentu saja. Selain itu, ASI memiliki kandungan gizi yang sangat baik dan berperan penting dalam pertumbuhan otak bayi. Bahkan suatu penelitian menunjukkan bahwa bayi yang tumbuh dengan asupan ASI memiliki tingkat IQ (Intellegencia Quotinent) yang lebih tinggi. Selain itu, akan lebih mudah meningkatkan EQ anak sejak bayi jika ibu dan bayi memiliki kedekatan yang intim, yang dapat diperoleh saat proses menyusui.

  1. Menjaga Kesehatan Ibu Menyusui

Selain manfaat ASI untuk bayi, ternyata ASI juga bermanfaat untuk ibu menyusui, lho. Dengan memberikan ASI pada bayi, Anda sudah bisa menyehatkan tubuh Anda sendiri. Kok bisa? Ibu yang aktif menyusui setelah melahirkan akan mengalami peningkatan zat oxytoxin. Zat ini sendiri mampu mengurangi jumlah darah yang keluar setelah ibu melahirkan. Selain itu, kandungan serta perut bagian bawah ibu juga akan lebih cepat menyusut dan kembali seperti semula. Ibu menyusui juga akan mengeluarkan kalori banyak saat menyusui, sehingga berat badan akan lebih cepat kembali ke berat badan semula. Dengan memberikan ASI, ibu menyusui juga akan mengalami peningkatan pada pengeluaran hormon muda, sehingga menghindari masalah pada menstruasi, yang otomatis menghindari kehamilan di luar rencana saat menyusui. Penelitian juga menunjukkan bahwa dengan menyusui, Anda dapat mengalami pemulihan kepadatan tulang yang lebih cepat, mengurangi resiko terkena osteoporosis setelah mengalami menopause, serta mengurangi resiko kanker indung telur dan kanker payudara pada masa menopause.

Sesudah menyimak berbagai manfaat ASI di atas, masihkah Anda ragu untuk memberikan ASI eksklusif untuk si bayi? Jangan ragu untuk memberikan nutrisi alami paling baik yang Tuhan berikan pada Anda untuk si bayi!