Manfaat Alpukat Bagi Kesehatan Kulit dan Rambut

Alpukat memang biasanya paling sedap dan menyegarkan kalau dibuat es atau jus, tapi pernahkah terbayang bahwa manfaat alpukat itu sangat besar, baik untuk kesehatan maupun untuk kulit? Kali ini kita akan membahas lebih dalam tentang kandungan yang terdapat pada alpukat serta kebaikan-kebaikan alpukat yang seharusnya tidak terlupakan. Semoga dengan mengetahuinya, banyak orang semakin punya alasan yang jelas untuk mulai mengonsumsi buah luar biasa ini.

khasiat-dan-manfaat-alpukat

buah alpukat

Manfaat Alpukat untuk Menyehatkan Kulit dari Dalam dan Luar

Banyak yang tidak mengira bahwa alpukat ternyata adalah buah yang sangat berguna ketika menyangkut kesehatan kulit dan tubuh. Ini dia beberapa kandungan penting yang bisa ditemukan di dalam alpukat dan tentunya sangat baik, terutama bagi kulit wajah.

  • Asam lemak tak jenuh tunggal adalah salah satu kandungan yang terdapat di dalam alpukat yang bisa berguna untuk melembabkan kulit. Jadi, untuk orang-orang yang sering mengeluh karena jenis kulit mereka yang terlalu kering, alpukat bisa jadi solusi tepat untuk membuat kulit terhidrasi dengan baik sehingga tetap terasa lembut. Bukan hanya itu saja, asam oleat lemak omega-9 juga sangat bisa diandalkan karena sel-sel kulit mati akan diregenerasi, begitu juga dengan iritasi pada kulit dan kulit yang suka merah-merah pun bisa dikurangi.
  • Vitamin E juga ada di dalam alpukat menjadikan manfaat alpukat bagi kulit semakin besar. Ini dikarenakan kulit yang sering mengalami masalah kerusakan karena radikal bebas dapat dicegah dengan vitamin E. Hal ini sudah dibuktikan dan didemonstrasikan oleh beberapa penelitian di mana efek dari radiasi UVA dan UVB yang berasal dari paparan sinar matahari ke kulit dapat dikurangi. Jika ingin kulit semakin cerah serta sehat, tentu alpukat adalah sumber alami yang tepat yang bisa digunakan baik dari dalam maupun luar. Ada banyak resep masker dan pelembab dengan alpukat sebagai bahan utama yang bisa diikuti dan dibuat sendiri ketika di rumah.
  • Vitamin C tidak hanya ada dalam buah jeruk yang selama ini sudah kita tahu, tapi vitamin satu ini juga terkandung di dalam alpukat yang membuat manfaat alpukat untuk wajah dan kulit semakin lengkap. Kolagen dan elastin dapat terbentuk dengan baik dan sempurna ketika vitamin C dari buah alpukat ini masuk ke dalam tubuh sehingga tidak perlu takut dan khawatir lagi akan masalah sel kulit; sel kulit akan diikat bersama dan struktur serta kekukuhannya.
  • Karotenoid antioksidan juga merupakan manfaat alpukat lainnya yang sangat baik untuk meningkatkan kesehatan kulit karena eksistensi lutein, zeaxanthin, beta cryptoxanthin, beta karoten, dan alpha karoten. Tidak perlu lagi khawatir akan masalah kerutan yang tiba-tiba menghiasi wajah, karena segala tanda-tanda penuaan dini akan dicegah dan dikurangi dengan baik.

Kebaikan Alpukat untuk Rambut Subur dan Indah

Beberapa orang punya masalah soal rambut, dan yang paling sering ditemui adalah kerontokan yang tentu saja bisa saja menyebabkan kebotakan dini. Manfaat alpukat untuk rambut tidak boleh disepelekan; ingat bahwa alpukat adalah buah yang baik untuk mencegah rambut rusak dan rontok seperti halnya alpukat membantu meningkatkan kesehatan kulit.

Kekurangan vitamin bisa jadi penyebab utama rambut mudah rontok atau bahkan mengalami pertumbuhan yang sangat lambat. Vitamin E dan vitamin B dalam alpukat sangat ampuh untuk menguatkan dan melindungi rambut. Manfaat alpukat untuk diet dan kesehatan kulit memang sudah cukup populer ketimbang manfaat alpukat untuk membantu pertumbuhan rambut, padahal masker rambut serta pelembab rambut dari alpukat juga luar biasa alami dan menyehatkan.

Perlu diketahui bahwa setiap bulannya, rambut yang dalam keadaan sehat itu tumbuh satu hingga satu setengah inci; jadi, pasti ada yang kurang beres jika ada orang yang mengatakan bahwa rambutnya tumbuh dalam jangka waktu yang sangat lama, atau seperti tidak mengalami pertumbuhan. Semakin parah jika rambut tumbuh sangat lama disertai dengan masalah kerontokan; cegah kebotakan dini dengan mengandalkan masker rambut dan kondisioner dari alpukat karena vitamin E-nya dapat membantu memperbaiki kerusakan pada kulit kepala.

  • Masker rambut berbahan alpukat sangat direkomendasikan bagi yang memiliki rambut rusak dan kering. Cukup campurkan satu buah alpukat yang sudah dihancurkan dengan satu butir telur serta tambahkan air sedikit hingga adonan berbentuk pasta. Oleskan ke rambut sambil memijatnya dan tinggalkan selama kurang lebih 20 menit sebelum mencucinya dengan air hangat.
  • Kondisioner berbahan alpukat akan membantu menciptakan rambut yang lebih elastis. Pastikan setelah keramas, kondisioner dioleskan ke rambut dan tinggalkan selama kurang lebih 10 menit sebelum akhirnya rambut dicuci dengan air hangat. Mudah saja untuk mendapatkan manfaat alpukat dengan membuat kondisioner sendiri, buatlah pasta lembut dari alpukat (bahan yang diperlukan hanya alpukat yang dihancurkan dan ditambah air sedikit) dan kondisioner sudah siap untuk digunakan dengan sederhana.