Khasiat dan Manfaat Daun Sirih Bagi Kesehatan

Manfaat daun sirih sudah diketahui sejak dulu. Orang-orang tua terutama di desa sampai sekarang masih ada yang menyirih, yaitu mengunyah daun sirih, pinang, gambir dan kapur. Daun sirih juga memiliki peranan penting dalam upacara adat beberapa suku di Indonesia. Hal ini berkaitan dengan kebiasaan menyirih tersebut. Memang daun sirih diyakini memiliki manfaat kesehatan yang begitu besar bahkan merupakan obat beberapa penyakit.

Tanaman sirih adalah tanaman merambat yang bersandar pada tanaman lain dan merupakan tumbuhan asli Indonesia. Dalam daun sirih tersimpan zat atau senyawa antioksidan dan antifungi, yaitu zat yang dapat membasmi kuman dan bakteri. Khusus untuk daun sirih hijau sangat bermanfaat untuk menjaga kecantikan tubuh, seperti menghilangkan jerawat, menghilangkan bau badan dan menyembuhkan keputihan.

Khasiat daun sirih masih diproses secara tradisional oleh sebagian besar masyarakat. Tanaman ini memang banyak dijumpai di sekitar rumah dan bermanfaat mengatasi masalah kesehatan sehari-hari. Umumnya daun sirih digunakan untuk menghentikan mimisan. Selain itu bagi remaja putri daun sirih sering direbus dan airnya digunakan untuk membersihkan ‘miss v’, khasiatnya untuk menghilangkan bau dan mengatasi keputihan. Manfaat lain dari air rebusannya dapat juga digunakan untuk mandi karena menghilangkan bau badan dan cuci muka untuk menghilangkan jerawat. Banyak sekali manfaat daun sirih yang bisa kita dapatkan. Berikut khasiat lain dari daun sirih yang berguna untuk kesehatan.

manfaat-daun-sirih

daun sirih

Manfaat daun sirih untuk mengobati berbagai penyakit

1.   Mengobati kanker

Untuk mengobati kanker, daun sirih cukup direbus hingga berkurang ¼ bagian kemudian campur air rebusan tersebut dengan madu secukupnya. Minum air tersebut 3 kali sehari dalam keadaan hangat.

2.   Mengobati luka bakar

Jika Anda mengalami luka bakar seperti terkena knalpot panas atau terciprat minyak goreng saat memasak dapat menggunakan manfaat daun sirih untuk mengobati luka. Caranya dengan memeras daun sirih, setelah itu campurkan madu pada perasan daun sirih. Bubuhkan cairan tersebut pada luka yang melepuh. Lakukan hal ini hingga luka berangsur pulih.

3.   Mengobati bronchitis

Anda mengalami batuk hebat yang tak kunjung sembuh? Kemungkinan itu Anda menderita bronchitis. Mengobati penyakit tersebut dengan daun sirih cukup mudah. Rebus 5 sampai 7 daun sirih yang sudah dicuci bersih dengan sepotong gula batu di dua gelas air bersih. Tunggu hingga air mendidih sampai tersisa satu gelas. Lalu minum air rebusan tersebut tiga kali sehari masing-masing sepertiga kelas.

4.   Mengatasi diare

Biasanya orang mengatasi diare menggunakan daun jambu batu. Ternyata daun sirih juga bisa digunakan untuk menyembuhkan diare. Caranya dengan mengambil 6 lembar daun sirih, 6 butir merica dan 1 sendok makan minyak. Tumbuk ketiga bahan tersebut hingga tercampur halus, lalu oleskan pada perut yang terasa mulas.

5.   Manfaat daun sirih untuk melancarkan buang air kecil

Daun sirih memiliki senyawa yang bersifat diuretik yang berkhasiat melancarkan buang air kecil. Apabila Anda mengalami masalah sulit buang air kecil, cukup atasi dengan daun sirih. Caranya dengan membuat jus daun sirih kemudian mencampurkannya dengan susu dan madu. Minum jus ini secara rutin setiap hari.

6.   Mengobati asma

Bagi Anda yang menderita penyakit asma dapat mencoba pengobatan dengan daun sirih. Caranya dengan merebus 4 lembar daun sirih hijau dengan 2 gelas air. Kemudian tunggu hingga air rebusan tersisa 1 gelas. Selanjutnya minum air rebusan tersebut secara teratur sebanyak 2 kali sehari.

Demikian manfaat daun sirih bagi kesehatan kita. Ada baiknya kita menanam daun sirih di rumah karena banyak khasiat yang bisa dimanfaatkan untuk menjaga kesehatan keluarga. Merawatnya tidak terlalu sulit dan mudah tumbuh dimana saja. Tidak memakan banyak tempat karena bisa merambat di dinding depan rumah Anda.