Inilah Manfaat Daun Katuk Untuk Kesehatan

Daun katuk menjadi terkenal karena temuan bahwa daun katuk sangat bermanfaat untuk ibu hamil dan menyusui. Hingga kini, daun katuk masih digemari sebagai salah satu asupan wajib bagi ibu yang sedang hamil dan menyusui. Eits, selain itu, masih banyak lho manfaat daun katuk. Tentunya tidak hanya untuk ibu hamil dan menyusui saja.

manfaat daun katuk

Daun Katuk

Manfaat daun katuk bagi kesehatan

  1. Membersihkan Tubuh

Daun katuk dapat berperan menjadi pembersih tubuh bagian dalam Anda. Hal ini berkaitan dengan kandungan klorofil tinggi yang dimiliki daun katuk. Daun katuk bahkan memiliki kandungan klorofil yang paling tinggi dibandingkan jenis tumbuhan lainnya, lho. Kandungan klorofil ini dapat bertugas untuk membersihkan berbagai jaringan di dalam tubuh serta tempat pembuangan untuk sisa limbah metabolisme tubuh. Selain itu, manfaat daun katuk juga bisa melawan bakteri, parasit maupun virus yang masuk ke dalam tubuh. Oh iya, turunan dari klorofil, feoditin, dapat berperan sebagai anti oksidan, yang tentunya dapat menyingkirkan efek kerusakan akibat radikal bebas. Selain itu, turunan lain dari klorofil adalah chlorophyllide, dan kandungan ini dapat menggali jauh ke dalam sel atau jaringan tubuh sekaligus mengangkat senyawa hidrokarbon yang tertimbun seperti timbunan obat, pestisida, parasit, bakteri atau virus dari dinding sel dan mengeluarkannya dari tubuh.

  1. Mengatasi Anemia dan Menyehatkan Tulang

Manfaat daun katuk yang satu ini adalah manfaat yang baru-baru ini ditemukan oleh seorang doktor dari IPB. Penemuannya adalah bahwa daun katuk ternyata dapat mengatasi anemia atau penyakit kekurangan sel darah merah. Hal ini memang sesuai dengan salah satu kandungan yang dimiliki daun katuk, yaitu zat besi dan memang dalam kadar yang tinggi. Setiap 100 gram dari daun katuk mengandung sebanyak 2,7 mg zat besi. Selain itu, daun katuk juga memiliki 204 mg kalsium atau empat kali lipat lebih tinggi dari yang dimiliki oleh daun kol. Kandungan mineral zat besi dapat memperbaiki hemoglobin pada sel darah merah dan kalsium dapat menutrisi tulang serta gigi agar tetap sehat dan kuat. Itu artinya, daun katuk juga dapat menghindarkan Anda dari osteoporosis.

  1. Baik untuk Ibu Hamil dan Menyusui

Mungkin Anda sudah mengetahui manfaat daun katuk yang satu ini. Daun katuk menjadi terkenal karena dinilai sangat baik untuk ibu hamil maupun ibu menyusui. Hal ini ternyata dikarenakan daun katuk memiliki banyak kandungan minyak esensial seperti flavonoid, saponin, tanin dan triterpenoid. Selain itu, daun katuk juga memiliki kandungan sejumlah asam amino yang baik untuk tubuh dan perkembangan bayi, serta sederet vitamin seperti vitamin A, vitamin B dan vitamin C. Daun katuk juga mengandung berbagai mineral seperti fosfor, kalsium, dan zat besi. Bahkan masih ada tujuh senyawa aktif lain yang dimiliki daun katuk, lho! Nah, semua kandungan yang sudah dijelaskan sebelumnya tadi sangat penting dan baik untuk perkembangan janin maupun bayi melalui air susu ibu atau ASI. Maka dari itu, sangat dianjurkan untuk ibu hamil dan menyusui untuk mengonsumsi daun katuk secara rutin. Oh iya, daun katuk juga dapat membantu melancarkan ASI bagi ibu yang sedang menyusui.

  1. Baik untuk Pria

Ternyata selain baik untuk wanita, khususnya bagi ibu hamil atau pun ibu menyusui, manfaat daun katuk juga sangat berguna untuk pria. Hal ini berkat kandungan yang dimiliki daun katuk yaitu zat aktif yang dapat merangsang sintesis hormon pada tubuh. Salah satu hormon yang dapat terdorong sintesisnya oleh daun katuk adalah progestron serta testoteron yang keduanya dapat membangkitkan vitalitas seksual. Selain itu, kedua kandungan tersebut juga dapat meningkatkan kualitas dan kuantitas sperma. Jadi, bagi Anda yang sedang berusaha untuk mendapatkan momongan, daun katuk bisa menjadi salah satu obat alami untuk dikonsumsi agar memperoleh sperma yang lebih berkualitas.

  1. Menjaga Kesehatan Mata

Jika Anda cermat, mungkin Anda akan menjumpai vitamin A sebagai salah satu kandungan penting yang dimiliki daun katuk. Nah, kandungan vitamin A ini sangat penting dan baik untuk kesehatan mata. Dengan mendapatkan asupan vitamin A, mata Anda akan terjaga kesehatannya, dapat mencegah berbagai gangguan penglihatan dan penyakit pada mata seperti katarak, atau degenerasi makula, dan memperbaiki kualitas penglihatan agar Anda dapat melihat dengan lebih jelas lagi. Jika mata terjaga kesehatannya, aktivitas pun akan berjalan dengan lebih lancar, bukan?

Itulah dia informasi tentang manfaat daun katuk yang bisa Anda peroleh untuk kesehatan. Anda bisa mengonsumsi daun katuk dengan cara direbus atau diolah menjadi masakan sayuran. Selamat mencoba!