Cara Menurunkan Kolesterol Jahat Secara Alami

Cara Menurunkan Kolesterol – Kolesterol tinggi bisa menyebabkan berbagai macam penyakit yang tidak diinginkan dan karenanya Anda harus tahu cara cepat menurunkan kolesterol secara alami agar terhindar dari penyakit. Mereka yang mempunyai kadar kolesterol yang tinggi biasanya timbul dengan gejala-gejala seperti pusing, sering migrain, persendian yang nyeri dan sakit, serta kesemutan. Jika hal ini terus dibiarkan tentu akan semakin parah.

cara-menurunkan-kolesterol

Tips menurunkan kolesterol

Cara Menurunkan Kolesterol Secara Alami

Berikut beberapa cara menurunkan kolesterol dengan cepat dan tidak pakai mahal:

  1. Olahraga!

Olahraga sudah jadi rahasia umum untuk menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh! Cukup lakukan olahraga minimal 30 menit selama 5 kali dalam satu minggu, 3 kali seminggu bisa dipakai untuk olahraga berat seperti jogging. Selain itu, olahraga juga membantu Anda menjaga berat badan yang ideal serta mengurangi resiko arteri yang tersumbat. Agar lebih mudah, apalagi bagi pemula, maka Anda tidak perlu langsung olahraga 30 menit. Bisa juga dipecah-pecah bagiannya bertahap menjadi 10 menit.

  1. Mengontrol porsi makan

Jangan makan berlebihan dan konsumsilah makanan dengan porsi yang menyehatkan karena jika berlebihan dapat menaikkan berat badan dan berakibat pada tingginya kolesterol. Ada cara mudah mengontrol porsi makan, yaitu dengan memakai tangan. Maksudnya satu porsi nasi seukuran tangan, satu porsi sayur, buah segar, ikan, dan makanan lain yang pas dengan seukuran telapak tangan Anda untuk mengontrol porsi makan.

  1. Konsumsi makanan laut

Makanan laut seperti ikan sangat baik bagi jantung karena rendah lemak jenuhnya serta kaya akan omega 3. Oleh karena itu, Anda bisa mengonsumsi ikan sebanyak 2 kali dalam seminggu. Asam lemak omega 3 dapat mengurangi trigliserida serta kolesterol dan memperlambat pertumbuhan plak di arteri. Ikan-ikan yang dapat dikonsumsi seperti salmon, sarden, tuna, dan trout. Tetapi jika digoreng akan sedikit mengurangi manfaat kesehatannya.

  1. Kurangi kentang, dan banyak makan kacang

Coba konsumsi makanan yang mengandung banyak serat seperti kacang-kacangan atau yang lainnya misal gandum. Makanan ini berguna mengurangi kolesterol sekaligus membuat Anda kenyang dalam waktu lama. Makanan ini juga lebih sedikit meningkatkan kadar gula dalam darah. Sebaliknya, makanan semacam kentang, kue kering, dan beras putih dapat meningkatkan kadar gula sangat cepat sehingga membuat Anda lebih cepat lapar, dan akhirnya meningkatkan risiko berat badan berlebih.

  1. Hati-hati saat makan di luar!

Percuma kalau sudah mengontrol makanan di rumah, tapi saat makan di luar tidak hati-hati. Untuk itu jaga juga makanan Anda jika ingin makan di restoran dan buang jauh-jauh keinginan mengonsumsi makanan cepat saji yang jelas dapat meningkatkan kolesterol. Perhatikan ini!

  • Pilihlah makanan yang jangan digoreng, tetapi lebih baik pilih yang dibakar, dikukus, dan dipanggang atau dioven.
  • Kontrol makanan Anda, bisa dengan meminta setengah makanan dibungkus.
  1. Minyak zaitun

Minyak ini berguna untuk cara menurunkan kolesterol LDL atau kolesterol jahat dan meningkatkan kolesterol baik. Selain itu, kaya akan lemak tak jenuh serta antioksidan. Coba diminum 2 sendok makan atau sekitar 23 gram minyak zaitun setiap hari yang bisa dicampur makanan Anda. Tapi ingat! Jangan mengonsumsi berlebih dari yang disarankan karena minyak ini juga mengandung kalori tinggi.

  1. Banyak makan sayur dan buah

Sudah jelas banyak mengonsumsi sayur dan buah akan menurunkan kolesterol. Pilihlah buah-buah yang menyehatkan seperti Alpukat yang kaya akan sumber potassium, serat, folat, vitamin B6, vitamin C, dan vitamin K.

Itulah beberapa tips atau cara menurunkan kolesterol yang bisa Anda coba sebagai pola hidup mulai sekarang!