Cara Menghilangkan Karang Gigi Dengan Bahan Alami

Cara Menghilangkan Karang Gigi – Karang gigi atau yang juga dikenal dengan kalkulus gigi membentuk plak-plak pada sela-sela gigi. Penyebabnya karena kandungan garam dalam air liur kita telah terkontaminasi oleh sisa-sisa makanan yang bersifat asam dan terselip di gigi. Jika dilihat, plak yang terbentuk awalnya akan berwarna kuning, tapi kalau didiamkan terus lama-lama akan berubah menjadi coklat kehitaman. Dan yang lebih mengerikan, menurut beberapa penelitian karang gigi dapat memicu kanker mulut karena karang tersebut akan menjadi bakteri yang dapat memicu tumbuhnya sel kanker.

cara-menghilangkan-karang-gigi

Tips menghilangkan karang gigi

Karang gigi ini jika tidak diatasi, maka akan menyebabkan bau mulut, infeksi pada gusi, serta gangguan pada pencernaan maupun pernapasan. Jika Anda penyuka kopi atau the dan suka merokok, maka kebiasaan tersebut bisa memperparah karang gigi. Untung ada cara menghilangkan karang gigi dengan bahan-bahan alami yang bisa Anda coba di rumah.

Cara Mencegah Karang Gigi Muncul Atau Kembali

Sebelum kita lanjut ke cara mengatasi karang gigi, akan lebih baik tahu terlebih dahulu bagaimana cara pencegahannya:

  1. Setelah makan atau ngemil, maka akan lebih baik minum air putih dan setelah itu berkumurlah untuk menghilangkan sisa-sisa makanan yang terselip di gigi.
  2. Jangan lupa untuk sikat gigi 2 kali sehari, yaitu pada pagi hari setelah bangun tidur dan malam hari sebelum tidur. Pasta gigi yang mengandung fluoride baik untuk membasmi bakteri penyebab plak-plak atau karang gigi.
  3. Setelah makan sebaiknya mengonsumsi buah dan sayuran karena kandungan di dalamnya berguna untuk memperbaiki email gigi sekaligus mencegah bau mulut.

Cara Menghilangkan Karang Gigi Dengan Bahan-Bahan Alami

Cara menghilangkan karang gigi di mulut dapat dilakukan dengan cara:

  1. Cengkeh:
  • Tumbuk 7 butir cengkeh sampai halus.
  • Setelah itu oles serta gosokkan pada karang gigi perlahan saja agar gusi tidak terluka.
  • Cara lain yaitu dengan menggunakan cengkeh untuk berkumur.
  1. Strawberry:

Buah ini mengandung banyak vitamin C yang sudah jelas sangat baik bagi kesehatan mulut dan gigi. Anda hanya perlu sering mengonsumsinya saja untuk menghilangkan dan mencegah karang gigi.

  1. Biji asam kawak:
  • Ambil biji asam kawak secukupnya dan sangrai.
  • Setelah itu, tumbuk atau blender biji asam kawak hingga halus dan menjadi bubuk.
  • Ambil sikat gigi atau kapas dan gunakan untuk menggosokkan bubuk asam kawak ke area gigi yang terdapat karang atau plak.
  1. Baking soda:

Cara menghilangkan karang gigi dengan baking soda terkenal ampuh dan rupanya bahan ini tidak hanya berguna untuk mengatasi karang gigi, tetapi juga dapat digunakan untuk memutihkan gigi. Cara penggunaannya:

  • Tuangkan 1 sendok baking soda, kemudian gunakan baking soda tersebut sebagai pasta gigi. Basahi saja sikat gigi Anda dan pakai baking soda lalu gosokkan ke area gigi yang terkena plak.
  • Ingat jangan sampai baking soda tertelan karena tidak baik untuk kesehatan. Setelah Anda menggunakan baking soda, sebaiknya sikat gigilah menggunakan pasta biasa untuk membersihkan baking soda yang tersisa.
  1. Kulit jeruk:
  • Jangan buang kulit jeruk yang masih segar.
  • Gosok-gosokkan kulit jeruk bagian dalam ke area gigi yang terdapat plak atau karang.
  • Lakukan cara ini secara teratur agar hasil maksimal.

Itulah beberapa cara menghilangkan karang gigi yang bisa Anda coba di rumah, jika cara di atas belum berhasil maka disarankan agar segera pergi ke dokter gigi.