Cara Mengatasi Rambut Rontok Secara Alami dan Cepat

Cara Mengatasi Rambut Rontok – Rambut rontok apalagi yang parah bisa menyebabkan kebotakan, jangan tunggu sampai hal itu terjadi karena ada cara untuk mengatasi rambut rontok yang efektif dan bisa dicoba. Mungkin Anda suka memakai berbagai macam produk rambut dengan bahan atau zat kimia, namun tidak ada hasil. Berikut beberapa tips yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah rambut yang rontok.

Penyebab Rambut Rontok Pada Seseorang

Sebelum kita membahas lebih lanjut tentang cara mengatasi rambut rontok berlebihan, berikut beberapa faktor atau penyebab rambut rontok pada seseorang:

  1. Penggunaan alat-alat rambut: Mungkin Anda sering mempercantik penampilan dengan mewarnai rambut, memakai pengering rambut, pelurus atau pengeriting rambut, dan sebagainya. Hal tersebut jika dilakukan terlalu sering, maka bisa menimbulkan rambut tidak hanya rontok tetapi juga patah-patah.
  2. Obat kimia: Banyak orang yang memakai obat kimia atau bahan kimia yang bisa menyebabkan masalah rambut rontok. Jadi, saat obat-obatan tersebut selesai digunakan, maka rontokpun bisa berhenti.
  3. Makanan: Buat mereka yang sering mengonsumsi makanan pedas dan berminyak, hati-hati karena bisa memicu penyakit. Salah satunya adalah kerontokan rambut, selain itu jika senang memakan makanan berminyak dapat membuat rambut berminyak berlebihan sehingga menimbulkan ketombe.
  4. Hamil: Wanita yang sedang hamil bisa saja mengalami rambut mereka rontok disebabkan oleh telogen effluvium dan biasanya hal ini terjadi di 3 bulan setelah mereka melahirkan.

Itulah beberapa faktor atau penyebab seseorang mudah mengalami rambut rontok berlebihan, yukz sekarang mari kita bahas cara mengatasinya!

cara-mengatasi-rambut-rontok

Rambut Rontok

10 Cara Mengatasi Rambut Rontok Secara Alami dan Cepat

Berikut ini beberapa tips mengatasi rambut yang rontok langsung bisa dicoba di rumah tanpa efek samping berbahanya:

  1. Lidah buaya: Cara mengatasi rambut rontok dengan lidah buaya sudah lama dikenal sejak dahulu. Selain rambut rontok, tanaman satu ini juga dapat menghaluskan rambut sekaligus menjaga kesehatannya sehingga rambut tidak mudah patah.
  • Ambil 1 batang lidah buaya dan belah jadi dua, kemudian ambil dagingnya yang berbentuk seperti gel.
  • Basahi rambut Anda terlebih dahulu, lalu biarkan sampai mengering.
  • Olesi dan gosok-gosokkan gel lidah buaya ke kulit kepala dan rambut secara merata. Diamkan selama kurang lebih 15 sampai 20 menit agar aloe vera meresap. Jangan lupa saat mengoleskan beri sedikit pijatan.
  • Setelah itu, baru bilas sampai bersih. Lakukan cara ini minimal 2 sampai 3 kali dalam seminggu agar hasil lebih maksimal.
  1. Jeruk nipis: Ada banyak sekali manfaat jeruk nipis yang bisa didapat, selain dari masalah yang sedang kita bahas ini. Jeruk nipis berguna sebagai obat batuk, mengatasi jerawat, mengatasi bau badan tak sedap, dan sebagainya.
  • Ambil buah jeruk nipis dan potong menjadi beberapa bagian.
  • Oleskan sambil digosok-gosokkan jeruk nipis ke kulit kepala, diamkan sebentar selama kurang lebih 15 menit. Baru nanti dibilas dengan air bersih.
  • Cara ini juga baik buat mereka yang memiliki masalah ketombe berlebih, loh!
  1. Minyak kemiri: Minyak kemiri tidak hanya bisa digunakan untuk membantu menumbuhkan jenggot atau kumis, tetapi juga efektif sebagai cara mengatasi rambut rontok pada pria. Minyak ini bisa didapatkan dengan mudah, bahkan ada yang sudah dikemas di dalam botol sehingga bisa langsung dipakai dengan cara dioles-oleskan di kulit kepala. Tapi ingat untuk membeli yang asli, jangan yang abal-abal, ya!
  2. Alpukat: Buah satu ini memang paling nikmat kalau dibuah jus, apalagi jika ditambah dengan susu kental manis. Buah ini juga mengandung protein yang sangat baik bagi rambut dan karenanya banyak yang memakai buah ini untuk creambat dan perawatan wajah.
  • Ambil buah alpukat, cuci bersih, dan hancurkan.
  • Aduk-aduk sampai kental, kemudian oleskan ke kulit kepala dari akar rambut sampai ujungnya.
  • Biarkan dahulu selama kurang lebih 20 menit, baru nanti dibilas dan keramas memakai shampo.
  1. Bawang putih: Bumbu dapur ini rupanya berguna untuk mengatasi masalah kerontokan rambut berlebihan.
  • Cukup hancurkan bawang putih sampai halus, bisa juga diblender.
  • Setelah itu oleskan bawang putih ke akar rambut sampai ujung rambut.
  • Lakukan cara ini sebelum tidur, dan biarkan semalaman. Paginya nanti baru dibilas dengan air bersih atau bisa juga langsung keramas dengan shampo penumbuh rambut (merek sesuai selera Anda).
  1. Teh hijau: Untuk cara mengatasi rambut rontok akibat rebonding juga bisa dengan teh hijau ini. Teh hijau merupakan sumber antioksidan yang tinggi sehingga dapat meningkatkan pertumbuhan rambut.
  • Cukup seduh 2 kantong teh hijau dengan air hangat.
  • Setelah itu, oleskan air seduhan tersebut dibalurkan ke kulit kepala dan rambut.
  • Diamkan selama 1 jam, kemudian baru dibilas.
  1. Yoghurt: Untuk menggunakan yoghurt caranya sangatlah mudah. Cukup beli dibalurkan langsung ke rambut dan kulit kepala, lalu diamkan sebentar sebelum Anda bilas.
  2. Jahe: Cara menggunakan jahe kurang lebih sama seperti menggunakan bawang putih.
  • Hancurkan jahe sampai halus, kemudian oleskan ke kulit kepala dan rambut. Bisa juga diblender jadi satu dengan bawang putih.
  • Diamkan jahe selama beberapa saat, kemudian baru Anda bilas setelahnya.
  1. Telur: Telur mengandung protein yang tinggi sehingga dapat digunakan sebagai cara mengatasi rambut rontok parah.
  • Ambil 1 butir telur, pecahkan dan kocok di dalam sebuah wadah.
  • Campurkan beberapa tetes perasan air jeruk lemon ke dalamnya.
  • Oleskan campuran tersebut langsung ke kulit kepala dan rambut. Diamkan selama beberapa saat, baru nanti dibilas.
  1. Madu: Bahan ini sudah menjadi rahasia umum bagus untuk rambut sekaligus mengatasi berbagai macam kesehatan lainnya. Oleskan saja langsung madu secara merata ke kulit kepala dan rambut sambil diberi pijatan lembut. Setelah itu, diamkan selama beberapa saat baru nanti dibilas dengan air bersih.

Cara Mengatasi Rambut Rontok dan Kering

Berikut beberapa cara mengatasi rambut rontok sekaligus kering sehingga membuat rambut mudah patah:

  1. Hair tonic: Pilihlah hair tonic berkualitas yang bermanfaat untuk mengatasi rambut rontok dan kering.
  2. Pijatlah kepala: Seringlah memijat kepala sebab dapat memperlancar sirkulasi dan Anda juga bisa melakukan pijatan dengan minyak untuk mengatasi rambut rontok dan kering.
  3. Hindari keseringan mengikat rambut: Hindari terlalu sering mengikat rambut karena bisa membuat rambut mudah patah lalu rontok. Tetapi, jika Anda suka mengikat rambut sebaiknya jangan terlalu kencang, ya!
  4. Memakai kondisioner: Jangan sembarangan dalam memilih kondisioner, nanti bisa jadi malah memperparah kesehatan rambut. Coba pakai yang ada bahan herbalnya seperti ginseng yang sanggup menguatkan akar rambut dari dalam.
  5. Mengatur waktu keramas: Keseringan mencuci rambut juga tidak baik dan bisa membuat rambut kering, mudah patah, sekaligus rontok. Jadi sebaiknya diatur 3 sampai 4 kali dalam seminggu saja, jangan tiap hari.

Itulah cara mengatasi rambut rontok beserta tips penting lainnya yang bisa Anda lakukan dengan segera!