Cara Melancarkan Haid Secara Alami dan Tradisonal

Sebagian besar wanita tentunya pernah mengalami gangguan rasa sakit dan nyeri di perut disaat sedang menstruasi. Kondisi tersebut tentunya sangat mengganggu aktivitas sehari-hari anda. Rasa sakit tersebut pada wanita kebanyakan terjadi pada awal terjadi haid, pada hari pertama dan kedua, namun rasa sakit juga bisa timbul selama masa haid. Selain nyeri pada haid, wanita juga sering mengalami siklus haid yang tidak teratur. Dengan tidak teraturnya siklus haid anda dapat menimbulkan nyeri pada saat haid tersebut. Siklus haid yang tidak lancar sebenarnya disebabkan oleh beberapa hal. Diantaranya adalah kondisi tubuh anda yang sedang mengalami kelelahan hebat. Disisi lain juga bisa ditimbulkan akibat produksi hormon yang terganggu dan juga stress. Tentunya anda para wanita menginginkan haid anda lancar, anda bisa menyimak cara melancarkan haid di bawah ini.

cara-melancarkan-haid-alami

ilustrasi sakit akibat haid tidak lancar

Cara Melancarkan Haid Secara Alami

  1. Olahraga Teratur

Cara melancarkan haid yang pertama adalah olahraga secara rutin. Olah raga merupakan kegiatan yang dapat menimbulkan beberapa manfaat bagi tubuh anda. Olahraga tidak hanya baik untuk menjaga stamina dan kesehatan tubuh. Olahraga juga merupakan cara melancarkan haid secara alami. Olahraga yang bisa anda jalani secara rutin adalah seperti berjalan kaki pada pagi hari, jogging, ataupun bermain bulutangkis. Dengan olahraga rutin dapat membantu melancarkan datang bulan yang tidak teratur.

  1. Istirahat Yang Cukup

Cara melancarkan haid yang kedua ini tentunya akan sulit dilakukan bagi wanita karir. Tuntutan pekerjaan dan deadline tentunya akan mengurangi porsi istirahat anda. Selain itu faktor pikiran yang banyak memikirkan pekerjaan juga dapat menimbulkan stress yang dapat menyebabkan masa haid anda menjadi tidak teratur. Dengan demikian, atur sedemikian rupa jadwal istirahat anda. Memforsir tubuh anda tentunya juga akan berakibat buruk bagi kesehatan, terutama masa haid yang tidak lancar. Setidaknya atur waktu tidur anda sebanyak 6 hingga 8 jam perhari. Hal itu tentunya dapat membuat kondisi tubuh anda selalu terjaga dan bebas dari kelelahan.

  1. Pola Makan Yang Sehat

Cara melancarkan haid selanjutnya adalah dengan membiasakan mengkonsumsi makanan yang memiliki kandungan yang diperlukan oleh tubuh. Usahakan mengikuti pola makan yang sehat. Baik waktu makan yang teratur dan juga kandungan makanan yang bergizi. Makanan yang baik dikonsumsi untuk melancarkan haid adalah sayuran hijau. Berdasarkan para pakar ahli gizi sayuran yang diperkaya zat besi, serat dan vitamin b dapat memperlancar siklus menstruasi anda. Tidak hanya sayuran hijau, anda juga dianjurkan mengkonsumsi kacang-kacangan yang mengandung lemak dan omega 3, dan juga daging merah yang meningkatkan asupan zat besi yang diperlukan pada masa haid.

  1. Jamu Tradisional

Cara melancarkan haid secara tradisional adalah dengan mengkonsumsi jamu. Namun yang perlu diperhatikan adalah jamu yang anda konsumsi merupakan jamu alami, bukan jamu yang tersedia dalam kemasan praktis siap minum. Jamu tradisional alami buatan sendiri tentunya lebih aman dan bebas dari bahaya bahan pengawet. Cara melancarkan haid ini dapat anda lakukan dengan membuat jamu sederhana. Anda hanya perlu merebus 2 rimpang kunyit, ½ sdt ketumbar, ½ sdt biji pala, ½ genggam daun srikading di dalam air sebanyak 1 liter. Air rebusan yang telah mendidih bisa anda minum dingin atau selagi hangat. Mengkonsumsi satu gelas jamu tradisional dalam sehari dapat memperlancar haid anda tanpa rasa sakit yang berlebih.

Manfaat lainnya untuk melancarkan haid:

Dengan haid yang lancar, tentunya anda tidak perlu merasakan nyeri haid dan kram perut yang mengganggu aktivitas sehari-hari. Mengingat haid merupakan siklus yang terjadi pada wanita, tentunya wanita perlu dengan pintar dan bijak menyikapi dan mencari solusi agar tidak merasakan sakit dan kram pada setiap bulannya. Demikianlah beberapa cara melancarkan haid. Semoga bermanfaat.