Aneka Manfaat Labu Kuning, Si ‘Buah Halloween’

manfaat-labu-kuning

Labu Kuning

Labu kuning atau buah yang disebut waluh ini memiliki banyak kandungan yang bermanfaat bagi tubuh. Beberapa di antaranya adalah vitamin A, vitamin C dan vitamin E yang kemudian memunculkan banyak manfaat labu kuning untuk kesehatan dan kecantikan.

Manfaat labu kuning bagi kesehatan dan kecantikan

  1. Mengeluarkan Racun dari dalam Tubuh

Labu kuning memiliki peran yang penting bagi tubuh untuk detoksifikasi. Detoksifikasi adalah proses pengeluarkan racun berbahaya atau radikal bebas dari dalam tubuh yang menumpuk dan bersarang di dalam tubuh. Jika sudah menumpuk terlalu lama, radikal bebas bisa menjadi bom waktu bagi tubuh yang bisa muncul sebagai penyakit serius seperti kanker atau tumor. Selain itu, radikal bebas bisa memberi efek buruk untuk penuaan sel tubuh sehingga resiko penyakit degeneratif dapat terjadi. Untuk menghindarinya, Anda bisa menggunakan labu kuning yang memiliki kandungan zat pectin. Pectin adalah suatu zat yang bisa menyerap dengan baik, sehingga pectin akan menyerap racun di dalam tubuh seperti merkuri, logam berat serta zat radioaktif.

  1. Melindungi Lambung

Labu kuning juga dapat berguna untuk sistem pencernaan Anda yang lebih sehat. Manfaat Labu kuning dapat menyehatkan sekaligus melindungi lambung Anda. Lambung yang sehat akan menyebabkan sistem pencernaan Anda juga menjadi sehat, karena lambung merupakan salah satu komponen penting dalam sistem pencernaan tubuh. Untuk melindungi kesehatannya, Anda bisa mengonsumsi labu kuning sebagai salah satu alternatifnya. Labu kuning dipercaya mampu melindungi mukosa lambung, sehingga lambung akan terhindar dari gangguan seperti luka atau infeksi tertentu.

  1. Mencegah Penuaan Dini

Labu kuning dapat Anda gunakan sebagai salah satu obat alami untuk tetap muda alias menangkal proses penuaan. Manfaat labu kuning yang ketiga ini ada berkat berbagai kandungan anti oksidannya seperti vitamin A, vitamin C, beta karoten dan zinc. Semua kandungan anti oksidan ini dapat secara alami menangkal proses penuaan atau degenerasi pada sel tubuh Anda. Selain menangkal penyakit degeneratif dan kemunduran fungsi berbagai organ tubuh, anti oksidan pada labu kuning ini juga bisa menangkal penuaan dini pada sel kulit. Labu kuning juga dapat Anda manfaatkan untuk mencegah kulit keriput, menghilangkan garis-garis halus, serta menghaluskan kulit sehingga wajah Anda tampak lebih muda.

  1. Menjaga Kesehatan Mata

Labu kuning juga memiliki berbagai kandungan penting yang dapat menjaga kesehatan mata Anda. Mata adalah salah satu organ penting di dalam tubuh yang berperan penting dalam kegiatan Anda sehari-hari. Mata pun memerlukan asupan nutrisi yang baik tiap harinya, seperti organ lainnya di dalam tubuh. Mata pun juga harus dijaga kesehatannya dengan mengonsumsi buah maupun sayuran yang memiliki kandungan baik untuk tetap mendapatkan kualitas penglihatan yang bagus. Salah satu alternatifnya adalah labu kuning dengan berbagai kandungannya. Labu kuning memiliki kandungan anti oksidan, beta karoten, zeaxanthin serta lutein yang dapat menangkal radikal bebas, mencegah proses penuaan, serta menjaga kesehatan mata. Manfaat Labu kuning juga dapat menurunkan resiko katarak serta degenerasi makula yang jika terjadi dapat menyebabkan kebutaan.

  1. Menjaga Kesehatan Kulit

Selain bermanfaat untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan, labu kuning juga bermanfaat sekali untuk kesehatan dan kecantikan kulit, lho. Hal ini berkaitan dengan labu kuning yang memiliki kandungan asam lemak yang tinggi, protein, vitamin E, magnesium serta zinc yang masing-masing dapat menjaga kesehatan kulit, serta mengunci kelembaban kulit Anda. Maka dari itu, dengan mengonsumsi labu kuning, Anda bisa mendapatkan kulit wajah yang tampak segar dan sehat. Selain itu, labu kuning juga mampu mendorong proses regenerasi sel kulit dan melawan bakteri penyebab jerawat. Vitamin E merupakan anti oksidan yang kuat serta bermanfaat untuk mendorong proses regenerasi sel kulit wajah.

Nah, jika Anda ingin mendapatkan berbagai manfaat labu kuning di atas, tunggu apa lagi? Yuk santap labu kuning untuk menu makan hari ini!