5 Cara Merawat Rambut Kering dan Rontok Milikmu

Cara merawat rambut kering dan rontok tentu dicari banyak wanita karena salah satu risiko dari memanjangkan rambut adalah rambut menjadi rontok, belum lagi bila rambut bertipe kering yang kalau salah perawatan bisa menjadi serius. Ini dia beberapa bahan alami untuk dicoba.

cara-merawat-rambut

Ini Dia Cara Merawat Rambut secara Alami

  1. Memanfaatkan alpukat

Alpukat tidak hanya enak dibuat jus untuk memberikan kesegaran bagi yang haus, tapi manfaatnya lebih dari itu, yaitu merawat rambut rontok. Cukup sederhana penggunaannya karena alpukat bisa dengan mudah dihancurkan di dalam sebuah mangkok hingga membentuk pasta. Bila pasta sudah terbentuk, oleskan saja pasta tersebut pada kulit kepala dengan tangan sambil memijat-mijatnya; oleskan secara merata sampai pada ujung rambut. Setelah itu, jangan lupa untuk mendiamkannya supaya meresap hingga 20 menit saja, baru boleh mencuci rambut dengan air hingga tidak ada pasta yg tersisa.

  1. Memanfaatkan teh hijau

Teh hijau dipercaya bagus untuk kesehatan dan banyak diminum oleh yang sedang menjalankan program diet, tapi teh hijau sangat bermanfaat untuk merawat rambut. Ada zat antioksidan yang terkandung di dalamnya sehingga rambut bakal terlindungi dari polusi. Ada teh lain yang mampu membuat rambut jadi lebih berkilau, yaitu teh melati. Teh hijau sangat berguna untuk membuat kulit kepala lebih tenang dan rasa gatal waktu mencoba menghilangkan ketombe pun bisa diusir. Cara merawat rambut kering satu ini bisa dilakukan secara sederhana; seduh saja teh dengan air panas di malam hari, diamkan selama semalam penuh, besok paginya baru bisa menggunakannya dengan mengoleskan pada kulit kepala sebelum keramas.

  1. Memanfaatkan Lidah Buaya

Lidah buaya sejak zaman dulu sudah dipercaya memberi efek yang baik untuk pertumbuhan rambut, namun bukan hanya untuk menumbuhkan rambut, bahan alami ini juga bisa diandalkan untuk mengatasi masalah rambut. Rambut bisa dijaga tetap sehat, dibuat jadi lebih subur, dan dicegah dari kerontokan dengan kandungan mineral dan vitamin di dalamnya. Penggunaan cukup mudah karena hanya tinggal mengambil beberapa batang lidah buaya saja yang kemudian dikupas. Ambil dagingnya untuk dioleskan gelnya pada kulit kepala serta seluruh bagian rambut.

  1. Memanfaatkan bawang merah

Bawang merah tidak hanya afdol sebagai bumbu masak, tapi perawatan rambut yang sempurna bisa juga didapatkan dari bahan natural satu ini. Rambut rontok dan kering tidak perlu khawatir lagi. Bau boleh menyengat, tapi khasiatnya tidak boleh diragukan. Cara merawat rambut rontok satu ini bisa coba dilakukan dengan membuatnya menjadi jus lalu diminum, atau langsung saja memakannya. Cara lain bisa juga dibuat jus, lalu jus tersebut dioleskan ke kulit kepala sama seperti cara pemakaian bahan yang lain. Biarkan selama semalaman, baru esok paginya, rambut bisa dibilas sekalian keramas.

  1. Memanfaatkan Daun Seledri

Daun seledri biasanya kita makan, tapi kandungan natrium, vitamin B, vitamin A, dan zat besi di dalamnya mampu membuat rambut tumbuh dengan cepat dan lebih sehat. Cukup dengan menghaluskan daun seledri (untuk lebih mudahnya boleh diblender), lalu masukan telur ayam kampung juga, campur dengan mengaduknya sampai merata. Campuran tersebut kalau sudah jadi bisa langsung dioleskan ke kulit kepala sebelum mandi, setelah beberapa menit, rambut boleh dibilas dengan keramas. Tidak ada lagi masalah rambut kering atau rontok dengan penggunaan seledri dicampur telur ayam ini karena rambut akan dibuat tampak berkilau dan bahkan makin kuat. Jadi, tidak perlu bingung cara alami apa yang bisa dipercaya, praktikkan cara merawat rambut ini segera.